Rencana pelaksanaan pembelajaran dalam
pelaksanaaan pembelajaran sangat perlu di lakukan guna untuk meningkatkan
kualitas pendidikan. Ketika pendidikan yang didapat oleh para siswa itu sangat
baik, maka diharapkan siswa mendapatkan hasil yang baik juga, seperti halnya
tujuan pendidikan nasional, yakni “untuk berkembangnya potensi peserta didik
agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
Negara yang demokratis serta bertanggung jawab
untuk itu saya akan membagikan RPP EKONOMI KELAS X SMA
silahkan bisa download di bawah ini :
DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA untuk semester 1 dan 2
untuk Previewnya Seperti ini :
untuk itu saya akan membagikan RPP EKONOMI KELAS X SMA
silahkan bisa download di bawah ini :
DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA untuk semester 1 dan 2
untuk Previewnya Seperti ini :
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 1
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem
Ekonomi
2. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi
kebutuhan manusia.
3.
Indikator : siswa dapat
:
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan manusia.
Menjelaskan
pembagian jenis kebutuhan.
Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Kebutuhan Manusia.
5. Kelas/Semester : X/1
6. Sasaran Hasil
Belajar, Siswa dapat :
·
Mendeskripsikan
pengertian kebutuhan manusia.
Menjelaskan
pembagian jenis kebutuhan.
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
kebutuhan.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ :
- LCD
- Laptop
-
CD pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT :
Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum KBM : -
Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi
baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
10 menit
|
Apersepsi
Guru merangkum
jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang kebutuhan.
|
Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang kebutuhan.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
60 menit
|
Guru menjelaskan jawaban-jawaban siswa , tentang kebutuhan dan
sekaligus membuat bagan pembagiannya.
|
Siswa memperhatikan
penjelasan dari guru dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
Siswa mencari informasi
lainnya tentang kebutuhan, baik pembagiannya maupun faktor-faktor yang
mempengaruhi kebutuhan.
|
|
20 menit
|
Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post tes
|
1.Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi
tersebut.
2. Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afetif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian :
Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester,
Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 2
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan
kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem
ekonomi
2. Kompetensi Dasar
: Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan
kebutuhana manusia yang tidak terbatas.
3.
Indikator : siswa dapat
:
Mendeskripsikan
pengertian kelangkaan.
Menentukan
faktor-faktor penyebab kelangkaan sumber ekonomi.
Mengidentifikasi
pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Sumber ekonomi yang langka
5. Kelas/Semester : X/1
6. Sasaran Hasil
Belajar, Siswa dapat :
Mendeskripsikan
pengertian kelangkaan.
Menentukan faktor-faktor penyebab kelangkaan sumber ekonomi.
Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya
yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT: - Siswa mampu mengoperasikan internet, power
point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua
peralatan dapat berfungsi baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
10 menit
|
Apersepsi
Guru merangkum jawaban-jawaban
siswa yang mendekati kebenaran, tentang kelangkaan.
|
Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang kelangkaan.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
60 menit
|
Guru menjelaskan tentang Penyebab kelangkaan dan Sumber daya alam
yang dapat diperbaharui serta yang tidak dapat diperbaharui
|
Siswa
memperhatikan penjelasan dari guru dan menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti.
Siswa
mencari informasi lainnya tentang kelangkaan dan faktor-faktor penyebab
kelagkaan.
|
|
20 menit
|
Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post
tes
|
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi
tersebut.
Post
tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
70 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afetif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian :
Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester,
Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 3
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan
kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem
ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi Masalah pokok ekonomi , yaitu
tentang apa, bagaimana dan untuk siapa
barang diproduksi dibidang lain.
3.
Indikator : siswa dapat
:
Menjelaskan
masalah pokok ekonomi.
Membedakan masalah pokok ekonomi tradisional & modern.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Masalah pokok ekonomi
5. Kelas/Semester : X /1
6. Sasaran Hasil
Belajar, Siswa dapat :
Menjelaskan
masalah pokok ekonomi.
Membedakan masalah pokok ekonomi tradisional
& modern.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT: - Siswa mampu mengoperasikan internet, power
point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
10 menit
|
Apersepsi
Guru merangkum
jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang masalah pokok ekonomi.
|
Siswa
menjawab pertanyaan guru, tentang masalah pokok ekonomi.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
60 menit
|
Guru mengamati
kinerja siswa.
Guru
menanggapi hasil kerja kelompok
|
Siswa
berkerja dalam kelompok.
Siswa
berdiskusi mengenai masalah pokok ekonomi klasik dan modern, serta membuat
kesimpulan.
Siswa
menyampaikan hasil diskusi.
|
|
20 menit
|
Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post
tes
|
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi
tersebut.
Post
tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
60 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afetif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian :
Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester,
Ulangan Akhir Semester
Mengetahui:
Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 4
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan
kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
2. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja
bila melakukan produksi.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Menjelaskan
pengertian diagram peluang.
·
Menunjukan contoh
biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi dibidang lain.
·
Perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Hilangnya
kesempatan kerja.
5. Kelas/Semester : X /1
6. Sasaran Hasil
Belajar, Siswa dapat :
·
Menjelaskan
pengertian diagram peluang.
·
Menunjukan contoh
biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi dibidang lain.
·
Perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
-
CD pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT :
- Siswa
mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum
KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
10 menit
|
Apersepsi
Guru merangkum
jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang biaya peluang dan
perbedaannya dengan biaya sehari-hari.
|
Siswa
menjawab pertanyaan guru, tentang biaya peluang dan perbedaannya dengan biaya
sehari-hari.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
60 menit
|
Guru mengamati kinerja siswa
Guru menanggapi hasil kerja
kelompok
|
Siswa berkerja dalam kelompok
Siswa berdiskusi tentang biaya peluang
dan biaya sehari-hari.
Siswa menyampaikan hasil diskusi
|
|
20 menit
|
Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post
tes
|
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi
tersebut.
Post
tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afetif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian :
Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester,
Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 5
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan
kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem
ekonomi
2. Kompetensi Dasar
: Mengidentifikasi
sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Mendefinisikan
sistem ekonomi dan tujuannya.
·
Mengetahui berbagai
sistem ekonomi.
·
Membedakan ciri-ciri
berbagai sistem ekonomi.
·
Mengetahui kebaikan dan keburukan berbagai sistem
ekonomi.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Sistem Ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
5. Kelas/Semester : X/1
6. Sasaran Hasil
Belajar, Siswa dapat :
·
Mendefinisikan
sistem ekonomi dan tujuannya.
·
Mengetahui berbagai
sistem ekonomi.
·
Membedakan ciri-ciri
berbagai sistem ekonomi.
·
Mengetahui kebaikan
dan keburukan berbagai sistem ekonomi.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
pembelajaran
10. Syarat mutlak
keterampilan ICT : - Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum
KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
10 menit
|
Apersepsi
Guru merangkum jawaban-jawaban
siswa yang mendekati kebenaran, tentang sistem ekonomi.
|
Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang sistem ekonomi.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
60 menit
|
Guru
memandu dan mengamati kerja siswa.
Guru mengarahkan siswa supaya semua berperan aktif.
|
Siswa dibagi dalam kelompok diskusi
.
Siswa membuat laporan kelompok
tentang sistem ekonomi.
|
|
20 menit
|
Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post tes
|
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi
tersebut.
Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afetif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian :
Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester,
Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan