ASALAMUALAIKUM ..
Selamat datang di blog edukasi ini
RPP merupakan salah satu bagian penting dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,nah untuk itu saya akan membagikan RPP terutama untuk RPP EKONOMI KELAS XI SMA.
silahkan download ldengan link di bawah ini
Download RPP Ekonomi XI
untuk Previewnya :
Selamat datang di blog edukasi ini
RPP merupakan salah satu bagian penting dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,nah untuk itu saya akan membagikan RPP terutama untuk RPP EKONOMI KELAS XI SMA.
silahkan download ldengan link di bawah ini
Download RPP Ekonomi XI
untuk Previewnya :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 1, 2, 3, dan 4
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya
terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mengklasifikasi
ketenagakerjaan.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Mendeskripsikan angkatan kerja,
tenaga kerja, dan kesempatan kerja.
·
Membedakan angkatan kerja, tenaga
kerja, dan kesempatan kerja.
·
Mendeskripsikan pengangguran.
·
Mendeskripsikan upaya peningkatan
kualitas kerja.
·
Mengidentifikasi jenis-jenis
pengangguran dan sebab-sebabnya.
·
Mendeskripsikan cara-cara mengatasi
masalah pengangguran.
·
Mendeskripsikan pasar tenaga kerja.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Ketenagakerjaan
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Mendeskripsikan angkatan kerja,
tenaga kerja, dan kesempatan kerja.
·
Membedakan angkatan kerja, tenaga
kerja, dan kesempatan kerja.
·
Mendeskripsikan pengangguran.
·
Mendeskripsikan upaya peningkatan
kualitas kerja.
·
Mengidentifikasi jenis-jenis
pengangguran dan sebab-sebabnya.
·
Mendeskripsikan cara-cara mengatasi
masalah pengangguran.
·
Mendeskripsikan pasar tenaga kerja.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
30 meni
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang ketenagakerjaan.
|
1. Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang ketenagakerjaan.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wahyu, Erlangga
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
290
menit
|
1.
Guru menjelaskan tentang pengangguran.
2.
Guru mengamati kinerja siswa.
3. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1. Siswa berdiskusi sesuai
kelompoknya untuk membahas upaya peningkatan kualitas tenaga kerja,
jenis-jenis pengangguran dan cara mengatasinya.
2. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
|
|
40 menit
|
1. Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 5 dan 6
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1.
Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tujuan
pembangunan ekonomi.
3.
Indikator : siswa
dapat :
·
Mendeskripsikan pengertian dan tujuan
pembangunan ekonomi.
·
Mengidentifikasi unsur –unsur
faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi.
·
Mengidentifikasi keberhasilan dan
kegagalan pembangunan ekonomi.
·
Mengidentifikasi pembangunan ekonomi negara maju dan
negara berkembang.
4.
Materi Pokok/Pembelajaran: Pembangunan
Ekonomi
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Mendeskripsikan pengertian dan tujuan
pembangunan ekonomi.
·
Mengidentifikasi unsur –unsur
faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi.
·
Mengidentifikasi keberhasilan dan
kegagalan pembangunan ekonomi.
·
Mengidentifikasi pembangunan ekonomi negara maju dan
negara berkembang.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua
peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pembangunan ekonomi.
|
1. Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang pembangunan ekonomi.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1.
Guru menjelaskan pengertian pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi.
2. Guru mengamati kinerja siswa.
3. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1. Siswa bekerja dalam kelompok.
2. Siswa berdiskusi mengenai
faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan pembangunan
ekonomi di negara maju dan negara berkembang.
3. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
|
|
30 menit
|
1.
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
1. Siswa bersama guru membuat
kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Uraian
ØJenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang
Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 7 dan 8
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami
kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses
pertumbuhan ekonomi.
3.
Indikator : siswa
dapat :
·
Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
·
Mendeskripsikan teori pertumbuhan
ekonomi.
·
Menghitung laju pertumbuhan ekonomi.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pertumbuhan Ekonomi
5. Kelas : XI
6.Sasaran
Hasil Belajar, siswa
dapat :
·
Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
·
Mendeskripsikan teori pertumbuhan ekonomi.
·
Menghitung laju pertumbuhan ekonomi.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pertumbuhan ekonomi.
|
1. Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang pertumbuhan ekonomi.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1.
Guru menjelaskan tentang pertumbuhan ekonomi dan perbedaannya dengan
pembangunan ekonomi, serta cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi.
|
1.
Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang pertumbuhan
ekonomi dan perbedaannya dengan pembangunan ekonomi, serta cara menghitung
laju pertumbuhan ekonomi.
2.
Siswa menyelesaikan soal yang diberikan.
|
|
30 menit
|
1.
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 9 dan 10
Nama : Kasmadi
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi :
Memahami kondisi
ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Mengidentifikasi dampak
pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran:
Dampak pengangguran terhadap Pembangunan
Ekonomi.
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Mengidentifikasi dampak
pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat
berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang dampak pengangguran terhadap
pembangunan ekonomi.
|
1.
Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang dampak pengangguran terhadap
pembangunan ekonomi.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1.
Guru mengamati kinerja siswa.
2. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1.
Siswa berkerja dalam kelompok.
2. Siswa berdiskusi mengenai
dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia.
3. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
|
|
30 menit
|
1.
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
ØJenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 11 dan 12
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan
pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Menguraikan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: APBN dan APBD
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Menguraikan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua
peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang APBN dan APBD.
|
1.
Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang APBN dan APBD.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket Ekonomi,
Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1. Guru mengamati kinerja siswa.
2. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1.
Siswa berkerja dalam kelompok.
2. Siswa mendiskusikan tentang
fungsi dan tujuan APBN dan APBD.
3. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
|
|
30 menit
|
1.
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan
Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 1 dan 14
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami
APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
3.
Indikator : siswa dapat :
· Mengidentifikasi
sumber-sumber pendapatan negara dan daerah.
· Menguraikan
pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian.
· Membedakan
APBN model baru dan model lama.
· Mendeskripsikan
cara penyusunan APBN.
· Mendeskripsikan
cara pengelolaan APBN.
·
Mendeskripsikan pertanggungjawaban pengelolaan APBN.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Sumber APBN dan APBD.
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
· Mengidentifikasi
sumber-sumber pendapatan negara dan daerah.
· Menguraikan
pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian.
· Membedakan
APBN model baru dan model lama.
· Mendeskripsikan
cara penyusunan APBN.
· Mendeskripsikan
cara pengelolaan APBN.
·
Mendeskripsikan pertanggungjawaban pengelolaan APBN.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pengaruh APBN dan APBD terhadap
perekonomian.
|
1. Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1. Guru menjelaskan perbedaan
APBN model baru dan model lama.
2. Guru mengamati kinerja siswa.
3. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1.
Siswa berkerja dalam kelompok.
2.
Siswa mendiskusikan tentang cara penyusunan, pengelolaan dan
pertanggungjawaban pengelolaan APBN.
3. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
|
|
30 menit
|
1.
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan
Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 25, 26, 27, dan 28
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami
APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan
kebijakan pemerintah di bidang fiskal.
3.
Indikator : siswa
dapat :
·
Mendeskripsikan pengertian pajak dan fungsinya.
·
Mengidentifikasi pajak dan pungutan
resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah.
·
Menghitung pajak
penghasilan, pajak bumi dan bangunan.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Kebijakan
Fiskal
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Mendeskripsikan pengertian pajak dan fungsinya.
·
Mengidentifikasi pajak dan pungutan
resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah.
·
Menghitung
pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
30 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pajak.
|
1. Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang pajak.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
290 menit
|
1. Guru menjelaskan tentang
kebijakan fiskal.
2. Guru menjelaskan cara
menghitung pajak penghasilan serta pajak bumi dan bangunan
|
1. Siswa memperhatikan dengan
seksama penjelasan guru tentang kebijakan fiskal. Cara menghitung PPH dan
PBB.
2. Menyelesaikan soal-soal
perhitungan PPH dan PBB.
|
|
40 menit
|
1. Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
1. Siswa bersama guru membuat
kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan
Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74
Guru Bidang
Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 29 dan 30
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami
APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Menunjukan jenis pembelanjaan
pemerintah pusat dan daerah.
·
Mendeskripsikan kebijakan anggaran.
·
Mengidentifikasikan sasaran dan
macam-macam kebijakan anggaran.
·
Mengkorelasikan hubungan kebijakan anggaran dengan
neraca pembayaran.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Pengeluaran
Pemerintah
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Menunjukan jenis pembelanjaan
pemerintah pusat dan daerah.
·
Mendeskripsikan kebijakan anggaran.
·
Mengidentifikasikan sasaran dan
macam-macam kebijakan anggaran.
·
Mengkorelasikan hubungan kebijakan anggaran dengan neraca
pembayaran.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pembelanjaan pemerintah pusat dan
daerah.
|
1. Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang pembelanjaan pemerintah pusat dan daerah.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1. Guru menjelaskan tentang
Neraca pembayaran.
2. Guru mengamati kinerja siswa.
3. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1. Siswa memperhatikan dengan
seksama penjelasan guru tentang Neraca pembayaran.
2. Siswa berkerja dalam
kelompok.
3. Siswa mendiskusikan tentang kebijakan
anggaran, yaitu sasaran dan macam-macam kebijakan anggaran.
4. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
|
|
30 menit
|
1.
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
1. Siswa bersama guru membuat
kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan
Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 31 dan 32
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi :
Mengenal Pasar Modal
2. Kompetensi Dasar : Mengenal jenis produk dalam bursa
efek.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Mendeskripsikan konsep pasar modal.
·
Mendeskripsikan jenis produk dalam pasar modal.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Pasar
Modal
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Mendeskripsikan konsep pasar modal.
·
Mendeskripsikan jenis produk dalam pasar modal.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pasarmodal.
|
1.
Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang pasar modal.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1. Guru menjelaskan tentang
Pasar modal.
2. Guru mengamati kinerja siswa.
3. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1.
Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang pasar modal.
2.
Siswa berkerja dalam kelompok.
3. Siswa berdiskusi mengenai
pasar modal dan produk yang diperjual belikan.
4. Siswa menyampaikan hasil diskusi.
|
|
30 menit
|
1.
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
ØJenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan
Akhir Semester
Mengetahui:
Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 33 dan 34
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 85
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi :
Mengenal Pasar Modal
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa
efek.
·
Membedakan pasar modal dengan pasar uang.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pasar Modal
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa
efek.
·
Membedakan pasar modal dengan pasar uang.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang beda pasar modal dengan pasar uang.
|
1.
Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang beda pasar modal dengan pasar
uang.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1.
Guru menjelaskan pengertian pasar uang dan mekanisme kerja pasar modal.
2. Guru mengamati kinerja siswa.
3. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1.
Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang pasar uang
dan mekanisme kerja pasar modal.
2.
Siswa berkerja dalam kelompok.
3. Siswa berdiskusi mengenai
mekanisme pasar modal.
4. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
.
|
|
30 menit
|
1.
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan
Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 35, 36, 37, dan 38
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 85
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi :
Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Mendeskripsikan pengertian
perdagangan internasional.
·
Mendeskripsikan faktor-faktor yang
mendorong terjadinya perdagangan
internasional.
·
Menguraikan konsep keunggulan absolut
(mutlak) dan keunggulan komparatif.
·
Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang perdagangan
internasional.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Perdagangan
Internasional
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Mendeskripsikan pengertian
perdagangan internasional.
·
Mendeskripsikan faktor-faktor yang
mendorong terjadinya perdagangan
internasional.
·
Menguraikan konsep keunggulan absolut
(mutlak) dan keunggulan komparatif.
·
Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang
perdagangan internasional.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
30 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang perdagangan internasional.
|
1. Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang perdagangan internasional.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
290 menit
|
1.
Guru menjelaskan pengertian dan perhitungan keunggulan absolut dan
keunggulan komparatif.
2. Guru mengamati kinerja siswa.
3. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1. Siswa memperhatikan dengan
seksama penjelasan guru tentang keuggulan mutlak dan keunggulan komparatif
serta perhitungannya.
2. Siswa berkerja dalam
kelompok.
3. Siswa berdiskusi mengenai
manfaat dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.
4. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
|
|
40 menit
|
1.
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
1. Siswa bersama guru membuat
kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
ØJenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan
Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 39,40, 41, dan 42
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74
Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi :
Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran.
3.
Indikator : siswa dapat :
·
Mengidentifikasi sumber-sumber devisa
dan tujuan penggunaannya.
·
Mengidentifikasi alat-alat pembayaran
internasional.
·
Menguraikan sebab-sebab terjadinya
perubahan nilai tukar rupiah terhadap
valuta asing.
·
Menghitung nilai tukar suatu valuta
berdasarkan kurs yang berlaku.
·
Mendeskripsikan konsep neraca
pembayaran.
·
Mengelompokkan komponen-komponen neraca pembayaran dan neraca perdagangan.
·
Mendeskripsikan dampak neraca
pembayaran terhadap perekonomian suatu negara.
·
Menghitung neraca pembayaran surplus
dan defisit.
·
Mendeskripsikan kebutuhan hutang luar
negeri.
·
Mendeskripsikan pengelolaan hutang
luar negeri.
·
Menguraikan kebaikan dan keburukan utang luar negeri
bagi Indonesia.
4.Materi Pokok/Pembelajaran: Kurs Valuta Asing
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
· Mengidentifikasi
sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya.
· Mengidentifikasi
alat-alat pembayaran internasional.
· Menguraikan
sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.
· Menghitung
nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs yang berlaku.
· Mendeskripsikan
konsep neraca pembayaran.
· Mengelompokkan
komponen-komponen neraca pembayaran
dan neraca perdagangan.
· Mendeskripsikan
dampak neraca pembayaran terhadap perekonomian suatu negara.
· Menghitung
neraca pembayaran surplus dan defisit.
· Mendeskripsikan
kebutuhan hutang luar negeri.
· Mendeskripsikan
pengelolaan hutang luar negeri.
· Menguraikan
kebaikan dan keburukan utang luar negeri bagi Indonesia.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
30 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang kurs valuta asing.
|
1. Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang kurs valuta asing.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
290 menit
|
1. Guru menjelaskan tentang
konsep dan komponen-komponen neraca pembayaran dan perbedaannya dengan neraca
perdagangan serta perhitungan kurs valuta asing terhadap mata uang sendiri.
2. Guru mengamati kinerja siswa.
3. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1. Siswa berkerja dalam
kelompok.
2. Siswa berdiskusi mengenai
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan nilai tukar rupiah dan
dampak neraca pembayaran terhadap perekonomian suatu negara.
3. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
|
|
40 menit
|
1. Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
1. Siswa bersama guru membuat
kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan
Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 43 dan 44
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi :
Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan
konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan
dumping.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Mendeskripsikan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi
harga dan dumping.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Konsep tarif, kuota, larangan ekspor,
larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Mendeskripsikan konsep tarif, kuota, larangan ekspor,
larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang kebijakan-kebijakan perdagangan
internasional.
|
1.
Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang kebijakan-kebijakan perdagangan
internasional.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1. Guru mengamati kinerja siswa.
2. Guru menanggapi hasil diskusi
siswa.
|
1.
Siswa berkerja dalam kelompok.
2. Siswa berdiskusi tentang
kebijakan- kebijakan perdagangan internasional.
3. Siswa menyampaikan hasil
diskusi.
|
|
30 menit
|
1. Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.
Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Pilihan
Ganda
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu,
Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir
Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru
Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 45 dan 46
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata
Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi :
Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan
pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya.
3.
Indikator : siswa dapat
:
·
Mendeskripsikan pengertian dan fungsi
devisa.
·
Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
4. Materi
Pokok/Pembelajaran: Devisa
5. Kelas : XI
6.
Sasaran Hasil Belajar,
siswa dapat :
·
Mendeskripsikan pengertian dan fungsi
devisa.
·
Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
-
Laptop
- CD
Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu
mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
-
Menyiapkan RPP
-
Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU
|
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
Bahan /Peralatan/
Sumber
|
20 menit
|
1. Apersepsi
2. Guru
merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pengertian dan fungsi devisa.
|
1. Siswa menjawab pertanyaan
guru, tentang pengertian dan fungsi devisa.
|
- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket
Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket
Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket
Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.
|
130 menit
|
1. Guru menjelaskan pengertian
dan fungsi devisa, serta alat-alat pembayaran internasional.
2. Guru mengamati kinerja siswa.
3. Guru menanggapi hasil kerja
siswa.
|
1. Siswa memperhatikan dengan
seksama penjelasan guru tentang pengertian dan fungsi devisa, serta alat-alat
pembayaran internasional.
2. Siswa berkerja dalam
kelompok.
3. Mencari data di internet
tentang alat-alat pembayaran internasional lainnya.
|
|
30 menit
|
1. Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
1. Siswa bersama guru membuat
kesimpulan dari materi tersebut.
2. Post tes
|
13. PENILAIAN
Ø
Kriteria Ketuntasan Minimal :
75 %
Ø
Tipe Tagihan / Penilaian :
Kognitif
dan Afektif
Ø
Bentuk Tagihan / Penilaian :
Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas
Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan
Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta,
30
Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74
Guru Bidang
Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan