RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Bidang
Keahlian/ Kompetensi Keahlian : Teknologi dan Rekayasa/ Teknik Kendaraan Ringan
Kelas / Tahun :
X TKR / 2016-2017
Pertemuan / Alokasi Waktu : Pertemuan ke 3-4 / 6 Jam Pelajaran @ 45 Menit
A. Kompetensi Inti:
KI 3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan ingin tahuanya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4.Keterampilan
Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar:
1. KD pada KI pengetahuan
3.2.Mengidentifikasi
jenis-jenis power tools sesuai
dengan fungsinya.
2. KD pada KI Keterampilan
4.2 Menggunakan dan merawat macam-macam power tools sesuai dengan SOP.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator
pada KD pengetahuan
a.
Menjelaskan
pengertian power tools
b.
Menyebutkan jenis-jenis power
tools
c.
Menjelaskan fungsi macam-macam power tools
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian power
tools
2.
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis power
tools
3.
Siswa dapat
menjelaskan fungsi macam-macam power tools
E. Materi
Pembelajaran
1. Power
tools
dan penerapannya
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran : Scientific Approach
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Metode pembelajaran :
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Presentasi, Penugasan
Terstruktur
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 3-4 (6x45 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Uraian Kegiatan
Pembelajaran
|
|
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan Guru
|
|||
1
|
Kegiatan awal
Pendahuluan
Apersepsi
Motivasi
|
20
Menit
|
§ Berdoa dan presensi.
§ Mencermati penjelasan guru
|
§
Memandu berdoa dan memeriksa kehadiran siswa
§
Menjelaskan garis besar materi, tujuan
belajar, dan teknik penilaian.
§
Mengapersepsi materi yang akan dipelajari
dengan contoh di dalam kehidupan sehari-hari.
§
Memberikan motivasi kepada siswa untuk
menguasai materi Power tools
|
2
|
Kegiatan Inti
|
30 Menit
|
Mengamati
§
Mengamati video/gambar tentang Power tools
Menanya
§
Merumuskan
pertanyaan pribadi tentang pengamatan yang telah dicermati
|
§
Membagi kelompok siswa menjadi 8 kelompok.
§
Membagikan LKS.
§
Menyiapkan media video/ gambar amatan.
§
Memandu siswa dalam proses pengamatan
§
Mendampingi siswa dalam merumuskan
pertanyaan.
|
60 Menit
|
Mengumpulkan Informasi
§ Menginventarisasikan pertanyaan
individu dan mencari jawabannya dari menghimpun informasi dari berbagai
sumber yang dapat diakses dan mencatat poin penting yang ditemukan
dalam kelompok.
Mengasosiasi
§
Berdiskusi
untuk menghubungkan informasi-informasi yang telah didapatkan dari pegamatan
dengan sumber belajar dan menyusun hal-hal yang akan disampaikan dalam
presentasi kelompok
|
§
Memberikan contoh sumber belajar siswa
dalam menggali informasi tentang materi Power tools
§
Menunjukkan beberapa sumber belajar lain
yang dapat dirujuk.
§
Membantu menghubungkan temuan-temuan siswa
dalam diskusi kelompok.
|
||
130 Menit
|
Mengkomunikasikan
§
Mempresentasikan
hasil temuan-temuan dalam kerja kelompok setelah selesai mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber untuk dikomentari siswa yang lain sebagai
bahan diskusi
|
§
Memandu jalannya presentasi.
§
Menstimulasi keaktifan siswa dengan
menayangkan soal kuis evaluasi pertemuan.
|
||
3
|
Kegiatan Akhir
|
30
Menit
|
§
Menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan tentang materi Power tools
§
Mencatat hasil simpulan dan konfirmasi dari
guru
§
Mencatat tugas.
§
Menutup pembelajaran dengan berdoa.
|
§ Mengarahkan siswa dalam
menyimpulkan hasil pembelajaran.
§ Memberikan penekanan/ konfirmasi
pada simpulan dari pokok-pokok materi yang telah dihasilkan siswa.
§ Menyampaikan tugas terstruktur
§ Menginformasikan materi yang
akan dipelajari pertemuan mendatang.
|
H. Media dan Alat/ Bahan
1.
IN focus/LCD
2.
Media tayang berupa power
point, video dan gambar
3.
Media papan tulis
4.
Handout /
Modul Pekerjaan Dasar Teknik
Otomotif
5.
Buku training manual
6.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
7.
Buku catatan
I. Sumber Belajar
Anonim (tt). New Steep 1. Jakarta : Penerbit PT. Toyota Astra Motor.
Effendi,
Ribut. (2013). Pekerjaan Dasar Teknik
Otomotif. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
J. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian
Penilaian didasarkan pada penilaian kedua aspek komponen kompetensi yakni
Pengetahuan dan Keterampilan terlihat di bawah ini:
Kompetensi
Dasar
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
KD 3.2
Mengidentifikasi jenis-jenis power tools sesuai dengan fungsinya.
|
Tes tertulis
|
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
Soal tes tertulis
(Essay)
|
Terlampir
|
2. Instrumen Penilaian
Lembar Kerja
Siswa (LKS) terlampir
Soal tes tertulis (Essay)
terlampir
Mengetahui
|
|
Sedayu, 02 Juni 2016
|
||
Guru
Pembimbing
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Arifin Hafidz S.Pd
NIP. 19710419
200501 1 006
|
|
|
WIdodo
NIM. 15531299007
|
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan