Contact Us

Name

Email *

Message *

Download RPP PAI kelas XII

Download RPP PAI kelas XII

untuk bapak ibu guru yang membutuhkan RPP PAI kelas XII semoga Postingan ini bisa membantu.
saya akan membagikan link download mengenai

 RPP PAI kelas XII untuk SMA

silahkan klik link di bawah ini :

Download RPP PAI kelas XII untuk SMA

untuk previewnya :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN               : Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER              : XII / Ganjil
ALIKASI WAKTU                  : 2 x 45            MENIT’
PERTEMUAN KE                    : I
 


STANDAR KOMPETENSI:
1.      1. memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi



KOMPETENSI DASAR:
1. Membaca  QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29



INDIKATOR:

  • Mampu membaca Al Quran surat Al kafirun, Yunus : 40-41 dan Al Kahfi : 29 dengan baik dan benar

  • Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al kafirun, Yunus, 40-41, dan Al Kahfi : 29 dengan benar



 

I.  TUJUAN PEMBELAJARAN:

Agar dapat membaca Al-quran dengan baik dan benar dan  dapat menerapkan ayat tersebut sebagai Akhlakul Karimah dalam kehidupan sehari-hari

II. MATERI AJAR
     1. Surat Al-Kafirun ayat 1-6 dan Al-quran surat Yunus 40-41 & Al-Kahfi 29
     2. Mengidentifikasi   Tajwid surat Al-Kafirun-surat Yunus 40-41  dan surat Al-Kahfi 29
     3. Menunjukan perilaku yang mencerminkan qs Al-kafirun dan yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29

III. METODE PENGAJARAN

     1. Ceramah Bervariasi dan diskusi
     2. Tanya jawab & Pemberian Tugas Individu 


IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan
Guru memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas
     
             Apersepsi
             Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, kemudian dengan metode  -
             Ceramah dan diskusi ,guru berusaha menggali tentang pengetahuan dasar siswa  dalam
             Membaca Al qur’an yang baik
           
             Memotivasi
             Siswa mendengar standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dicapai siswa-
             Setelah mempelajari bahasan ini

    
    2. Kegiatan Inti
    Eksplorasi : ( Menggali kemampuan siswa )

    1  . Guru membaca qs Al kafirun, yunus 40-41 dengan baik dan benar
    2   .Siswa  membaca qs al kafirun dan yunus dengan baik dan benar   
    3.   Siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami
    4.   Guru bertanya kepada siswa

    Elaborasi :  ( Mengimformasikan )
1.      Guru Menyimpulkan hasil pembelajaran
2.      Siswa menulis isi kandungan pelajaran  dalam hal bertoleransi


3.  Tes terstruktur
     1.  Siswa dapat membaca dengan baik dan benar
     2.  Siswa dapat mengidentifikasi  tajwid dari ayat yang dibaca
     3.  Siswa  menyimpulkan isi kandungan ayat

4.  Tugas mandiri
     Siswa menentukan tajwid dari qs Al kafirun,yunus, dan Al kahfi 29
     Siswa menyimpulkan isi kandungan surat tentang anjuran bertoleransi

   2. Remedial

V. SUMBER BELAJAR
     1.   Buku Pendidikan Agama Islam  KLS XII untuk SMA Pen. Yudistira dan tiga serangkai
     2.   In focus
     3.   Al-Qur’an dan terjemahan
     4.   Internet
     5.   Power Poin

VI. PENILAIAN

1.      Aspek kognitif
Hal yang dinilai
a.  Kemampuan dalam membaca Al-Qur’an , skor 0 – 9
b.  Kemampuan menentukan  tajwid  skor , 9
c.  Menyimpulkan kandungan surat  skor , 9
    
2.      Aspek Afektif
a.   Ketertarikan pada materi pelajaran
b.   Kesopanan dalam  menerima pelajaran
c.   Keseriusan dalam mengerjakan tugas








Mengetahui:                                                                                         Jakarta, Juli 2010
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Bidang studi


Drs  H. Arphan  Lubis                                                                         Dra Hj.Gusneli
NIP 131 122 792                                                                                  NIP  1961 0824 1987






INSTRUMEN PENILAIAN
 
 






1. Soal Praktek membaca
    Bacalah dengan baik dan benar qur-an surat Al-Kafirun 1-6 ,q s yunus 40-41 .q s Al- Kahfi ayat 29
2. Soal test lisan
Tentukan kaidah tajwid yang benar dari ayat –ayat tersebut diatas.
3. lembar pengamatan Sikap
no
Nama siswa
Ayat yg dibaca       
Adab membaca













 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN               : Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER              : XII / Ganjil
ALIKASI WAKTU                  : 2 x 45            MENIT’
PERTEMUAN KE                    : 2
 


STANDAR KOMPETENSI:
1.      1. memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi



KOMPETENSI DASAR:
        1. Membaca  QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29



INDIKATOR:
  1. Mampu mengartikan perkata Al-qur’an surat Al-Kafirun,qs Yunus ayat 40-41 dan Al-kahfi ayat 29
  2. Mampu mengartikan perayat Al-qur’an surat Al-Kafirun,qs Yunus 40-41& Al- Kahfi 29
  3. Mampu menggali Terjemahan dan kandungan ayat qs Al Kafirun dan Yunus 40-41 dan
Al-Kahfi 29



 

I.  TUJUAN PEMBELAJARAN:

Siswa dapat menterjemahkan Q S Al-Kafirun,Yunus 40-41 dan Al Kahfi 29 serta mampu menggali kandungan ayat dalam kehidupan sehari-hari .

II. MATERI AJAR
1.      Q S Al- Kafirun 1-6
2.      Q S Yunus ayat 40-41
3.      Q S Al-Kahfi ayat 29
    
    

III. METODE PENGAJARAN

     1. Ceramah Bervariasi dan diskusi
     2. Tanya jawab & Pemberian Tugas Individu

IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan
Guru memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas
Guru mempersiapkan perangkat pembelajaran


             Apersepsi
             Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran,kemudian dengan metode ceramah dan –
             Diskusi guru berusaha menggali tentang pengetahuan dasar siswa dalam hal membaca –
             Al-Qur’an ayang baik dan benar yang sesuai dengan ilmu tajwidnya.

             Memotivasi
             Siswa mendengar standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dicapai siswa    -
             Setelah mempelajarai bahasan ini
     
          
   
   1.     Kegiatan Inti
         Eksplorasi  ( Menggali kemampuan siswa  )

    1  .Guru mengartikan perkata qs al-kafirun ,yunus dan al kahfi
    2  .Siswa mencatat arti kata –kata yang dianggap penting
    3.  Siswa mengartikan perayat
    4  .Siswa menganalis qs Al-kafirun,yunus dan Al kahfi  29
    5.  Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum mengerti

         Elaborasi   (  Mengimformasikan  )

1.      Guru menyimpulkan hasil pembelajaran
2.      Siswa menulis kandungan pelajaran dalam hal beretoleransi

2.  Tugas Terstruktur
     1.   Siswa dapat mengartikan perkata dengan baik dan benar
     2.   Siswa dapat menterjemahkan dengan baik dan benar
     3.   Siswa dapat menggali kandungan ayat dan menghubungkannya dalam kehidupan
           Sehari-hari.

3.  Tugas Mandiri
     Siswa mengartikan perayat QS Al-Kafirun,Yunus 40-41 dan Al Kahfi 29
     Siswa Menyimpulkan hasil pembelajaran

4.  Remedial

     Melaksanakan Pos Tes
    

V.   SUMBER

   1. Buku Pendidikan Agama Islam Kls XII untuk SMA Pen. Yudistira dan Tiga Serangkai
   2. Al-Qur’an dan Terjemahan
   3. Infokus
   4. Internet
   5. Power Poin  
   

VI. PENILAIAN         
      1. Aspek kognitif
     
a. Dapat membaca dengan baik dan benar, skor 0 – 9
      b. Mengidentifikasi tajwid yang benar  skor 9
      c. Menyimpulkan kandungan ayat skor 9

      2. Aspek Afektif
 
a.       Ketertarikan pada materi pelajaran yang telah diajarkan
b.      Kesopanan dan kedisiplinan dalam menerima pelajaran
c.       Keseriusan dalam mengerjakan tugas .       




Mengetahui:                                                                       Jakarta , Juli 2010
Kepala Sekolah                                                                               Guru bidang study



Drs .H Arphan Lubis                                                          Dra Hj.Gusneli
NIP  131 122 792                                                                 NIP 1961 0824 1987 03 2006






INSTRUMEN PENILAIAN
 
 






1. Soal Praktek menulis
    Tulis arti mufradat dari QS Yunus 340-41
2. Soal test lisan
Tentukan kaidah tajwid yang benar dari ayat –ayat tersebut diatas.
3. lembar pengamatan Sikap
no
Nama siswa
Ayat yg dibaca       
Adab membaca











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN               : Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER              : XII / Ganjil
ALIKASI WAKTU                  : 2 x 45            MENIT’
PERTEMUAN KE                    : 3
 


STANDAR KOMPETENSI:
1.      1. memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi



KOMPETENSI DASAR:
1. 3.  Membiasakan prilaku Bertoleransi seperti terkandung dalam Q S Al-Kafirun,Q S Yunus 40-41 &  Al-Kahfi 29



INDIKATOR:

1.        Mampu mengidentifikasi prilaku bertoleransi sesuai dengan q s Al-Kafirun,q s Yunus 40-41 & Al-Kahfi 29

2.        Mampu mempraktekan prilaku bertoleransi sesuai dengan q s Al-Kafirun,q s Yunus 40-41 & Al- Kahfi 29

3.      Mampu menunjukan prilaku bertoleransi sesuai dengan Q S Al- Kafirun, q s Yunus 40-41dan q s Al- Kahfi 29


 

I.  TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Siswa mengidentifikasi prilaku  yang sesuai dengan ayat diatas
2. Siswa dapat mempraktekan prilaku bertoleransi dalam kehidupan sehari-hari

II. MATERI AJAR
     1. Surat Al-Kafirun ayat 1-6 dan Al-quran surat Yunus 40-41 & Al-Kahfi 29
     2. Mengidentifikasi  Tajwid surat Al-Kafirun-surat Yunus dan surat Al-Kahfi
     3. Menganalisis perilaku  yang mencerminkan qs Al-kafirun,yunus,dan Al-kahfi 29

III. METODE PENGAJARAN

     1. Ceramah Bervariasi dan diskusi
     2. Tanya jawab & Pemberian Tugas Individu

IV. LANGKAH PEMBELAJARAN

            Langkah awal

1.      Guru mengadakan pri test
2.      Mengemukakan materi dari pelajaran mengenai Prilaku Bertoleransi
3.      Siswa dibagi menjadi 6 kelompok belajar masing –masing ada ketua kelompok

         
           Kegiatan inti
          
1.      Guru dapat memberi contoh prilaku yang sesuai dengan Toleransi
2.      Siswa mampu menjelaskan prilaku yang sesuai dengan ayat Al-qur’an tentang Toleransi
3.      Siswa mempraktekan prilaku Toleransi

3. Kegiatan penutup

   1. Melaksanakan Pos Tes

   2. Remedial


V. SUMBER BELAJAR


     Buku Pendidikan Agama Islam Kls XII  Penerbit Yudistira, Tiga serangkai

     Al-quran Departemen Agama R I  &  Buku 2 yang Relevan dgn Pendidikan Agama Islam

VI. PENILAIAN

     Bentuk Tes : praktek membaca Al-quran , .tes Lisan , Pengamatan sikap




Mengetahui:                                                                                         Jakarta, Juli 2009
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Bidang studi



Drs Abd.Djalali                                                                                                Dra Hj.Gusneli
NIP 470042877                                                                                               NIP.131697492






INSTRUMEN PENILAIAN
 
 






1. Soal Praktek membaca
    Bacalah dengan baik dan benar qur-an surat Al-Kafirun 1-6 ,q s yunus 40-41 .q s Al- Kahfi ayat 29



2. Soal tulisan

1.      Apakah yang dimaksud dengan Toleransi  dalam Islam ?
2.      Kenapa dalam Islam diperlukan hidup toleransi ?
3.      Jelaskan isi kandungan dari q s Yunus ayat 40-41 !
4.      Tulislah contoh-contoh dari Toleransi
5.      Jelaskan prilaku yang mencerminkan hidup toleransi !


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN               : Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER              : XII / Ganjil
ALIKASI WAKTU                  : 2 x 45            MENIT’
PERTEMUAN KE                    : 4
 


STANDAR KOMPETENSI:
1. Memahami Ayat – ayat Al – qur’an tentang Etos Kerja


KOMPETENSI DASAR:
2.1  Membaca Q S Al – Mujadalah ayat 11 dan Q S Al – Jumu’ah ayat  9-10



INDIKATOR:
  1. Mampu membaca Al-qur’an surat Al-Mujadalah ayat 11 dan surat Al-Jumu’ah ayat 9-10
  2. Mampu mengidentifikasi Tajwid q s Al-Mujadalah ayat 11 dan Al-Jumu’ah  ayat 9-10


 

I.  TUJUAN PEMBELAJARAN:

Siswa dapat membaca Al-qur’an surat Al-Mujadalah ayat 11 dan surat Al-Jumu’ah dengan baik sesuai dengan Kaidah tajwid

II. MATERI AJAR
1.      Q S Al-Mujadalah ayat 11
2.      Q S Al-Jumu’ah ayat 9-10  
    
    
III. METODE PENGAJARAN

     1. Ceramah Bervariasi dan diskusi
     2. Tanya jawab & Pemberian Tugas Individu
     3. Praktek


IV. LANGKAH PEMBELAJARAN

1.      Langkah awal
1  Guru memberi motivasi terhadap pelajaran yang akan diajarkan
2  Guru mengadakan pri tes
3. Mengemukakan materi pelajaran mengenai Etos Kerja 
4. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok
5. Masing-masing kelompok ditunjuk satu orang yang fasih memmbaca Qur’an
     6. Siswa membaca Al-qur’an bersama –sama 
         
  
2.      Kegiatan Inti

1.      Membaca Al-qur’an surat Al-Mujadalah ayat 11 dan q s Al-Jumu’ah ayat 9-10
2.      Mengidentifikasi Tajwid

   
3.   Kegiatan penutup

      1. Mengulang Bacaan secara bersama – sama

      2. Mengadakan pos test

V. SUMBER BELAJAR


     Buku Pendidikan Agama Islam Kls XII  Penerbit Yudistira, Tiga Serangkai

     Al-quran Departemen Agama R I  &  Buku 2 yang Relevan dgn Pendidikan Agama Islam

VI. PENILAIAN

     Bentuk Tes : praktek membaca Al-quran , .tes Lisan , Pengamatan sikap




Mengetahui:                                                                                         Jakarta, Juli 2009
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Bidang studi



Drs Abd.Djalali                                                                                                Dra Hj.Gusneli
NIP 470042877                                                                                               NIP.131697492






INSTRUMEN PENILAIAN
 
 






1. Soal Praktek membaca
   



2. Soal tulisan

1.      Apakah yang dimaksud dengan Etos Kerja
2.      Tulis kaidah Tajwid dari surah Al-Mujadalah ayat 11
3.       Apakah maksud dari surat Al-Jumu’ah ayat 9-10 ?

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN               : Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER              : XII / Ganjil
ALIKASI WAKTU                  : 2 x 45            MENIT’
PERTEMUAN KE                    : 5
 


STANDAR KOMPETEN
2. Memahami ayat-ayat Al-qur’an tentang Etos Kerja




KOMPETENSI DASAR:
2.2 Menjelaskan arti q s Al-Mujadalh ayat 11 dan q s Al-Jumu’ah ayat 9-10 



INDIKATOR:
  1. Mampu mengartikan perkata q s Al-Mujadalah ayat 11 dan Al-Jumu’ah ayat 9-10
  2. Mampu mengartikan perayat q s Al-Mujadalah ayat 11 dan Al-Jumu’ah ayat 9-10
  3. Mampu menterjemahkan q s Al-Mujadalah ayat 11 dan q s Al-Jumu’ah ayat 9-10

 

I.  TUJUAN PEMBELAJARAN:
   Siswa dapat membaca dengan baik sesuai kaidah tajwid baik secara perkata maupun perayat dan dapat menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari
.

II. MATERI AJAR
1.      Q S  Al-Mujadalah ayat 11
2.      Q S  Al-Jumu’ah ayat 9-10
    
    
III. METODE PENGAJARAN

     1. Ceramah Bervariasi dan diskusi
     2. Tanya jawab & Pemberian Tugas Individu

IV. LANGKAH PEMBELAJARAN

1.Langkah Awal
1.      Guru menginsruksikan untuk mencari ayat diatas
2.      Guru mengadakan Pri test
3.      Guru menjelaskan Ruang lingkup materi baru
       
1.      Kegiatan Inti
   
1.Siswa membaca ayat secara bersama
2.Siswa mengartikan perakata qs Al-Mujadalah 11 dan Al-Jmu’ah 9-10
3.Siswa menterjemahkan qs Al- Mujadalah 11 dan Al Jumu;ah ayat 9-10
4.Siswa dapat menganalis arti ayat ayat diatas  
   
3. Kegiatan penutup

   1. Melaksanakan Pos Tes

   2. Remedial

V. SUMBER BELAJAR

     Buku Pendidikan Agama Islam Kls XII  Penerbit Yudistira, Tiga Serangkai

     Al-quran Departemen Agama R I  &  Buku 2 yang Relevan dgn Pendidikan Agama Islam



VI. PENILAIAN

     Bentuk Tes : praktek membaca Al-quran , .tes Lisan , Pengamatan sikap




Mengetahui:                                                                                         Jakarta, Juli 2009
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Bidang studi



Drs Abd.Djalali                                                                                                Dra Hj.Gusneli
NIP 470042877                                                                                               NIP.131697492






INSTRUMEN PENILAIAN
 
 






1. Soal Praktek membaca
    Bacalah dengan baik dan benar qur-an surat Al-Kafirun 1-6 ,q s yunus 40-41 .q s Al- Kahfi ayat 29

2. Soal test lisan
Tentukan kaidah tajwid yang benar dari ayat –ayat tersebut diatas.

3. lembar pengamatan Sikap

no
Nama siswa
Ayat yg dibaca       
Adab membaca











                                            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 


MATA PELAJARAN                   :  Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER                   :   XII / Ganjil
ALOKASI WAKTU                       :   2 X 45 Menit
PERTEMUAN KE                          :   6



STANDAR KOMPETENSI  :

2. Memahami ayat – ayat Al-qur’an tentang Etos Kerja


KOMPETENSI DASAR :

2.3  Membiasakan Beretos Kerja seperti terkandung dalam q s Al-Mujadalah  ayat 11 dan Al-Jumu’ah 9-10


INDIKATOR :
  1. Mampu mengidentifikasi perilaku Etos Kerja sesuai dengan Al-qur’an surat Al-Mujadalah 11 dan qur’an surah Al-Jumu’ah ayat 9-10
  2. Mampu mempraktekan perilaku Etos Kerja seperti terkandung dalam Al-qur’an surah Al-Mujadalah ayat 9-10
  3. Mampu menunjukan perilaku Etos Kerja sesuai dengan Al-qur’an surah Al-Mujadalah 11 dan –
Al-Jumu’ah ayat 9-10



1. TUJUAN PEMBELAJARAN :
    
     Siswa dapat mengidentifikasi perilaku Etos Kerja serta dapat menunjukan perilaku Etos Kerja yang
     Sesuai Al-qur’an surah Al-Mujadalah ayat 11 dan Al-Jumu’ah ayat 9-10 dalam kehidupan sehari-hari

II. MATERI AJAR  :

1.       Al-Qur’an surah Al-Mujadalah 11
2.       Al-Qur’an surah Al-Jumu’ah ayat 9-10


III. METODE PENGAJARAN :
    
1.       Ceramah
2.       Tanya jawab dan diskusi
3.       Pemberian tugas Individu dan kelompok

IV. LANGKAH PEMBELAJARAN :
1. Langkah awal
1.       Guru mengadakan pri test
2.       Guru menjelaskan ruang lingkup pembelajaran
3.       Guru menginstruksikan siswa untuk mencari ayat Al-qur’an yang berhubungan dengan Etos Kerja

2. Kegiatan Inti
1.       Menjelaskan Bacaan tajwid dari q s Al-Mujadalah ayat 11 dan surah Al-Jumu’ah 9-10
2.       Siswa mencatat perilaku Etos Kerja
3.       Menjelaskan praktek Etos Kerja dalam kehidupan sehari-hari
4.       Menunjukan perilaku Etos Kerja yang sesuai dengan Anjuran Al-qur’an surah Al-Jumu’ah 9-10

3. Kegiatan Akhir
   
1.       Mengulang bacaan Al-qur’an secara bersama-sama
2.       Pos Test


V. SUMBER BELAJAR

     Buku Pendidikan Agama Islam kls XII Pen. Yudistira, Tiga Serangkai
     Al-qur’an dan terjemahannya oleh Depag
     Buku –buku yang relevan dengan Pelajaran


VI. PENILAIAN
      Tugas Individu
      Test lisan



Mengetahui                                                                                          Jakarta , Juli 2009
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Bidang Studi



Drs.Abdul Djalali                                                                                 Dra Hj Gusneli
NIP 470042877                                                                                   NIP 131697492                                                                                                                                                                                  

                                

                                  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                          :  Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER                     :  XII / Ganjil
ALOKASI WAKTU                            :  4 X 45 Menit
PERTEMUAN KE                             :   7 / 8



STANDAR KOMPETENSI  :

3. Meningkatkan Keimanan kepada Hari Akhir


KOMPETENSI DASAR :
3.1 Menampilkan Prilaku yang mencerminkan Keimanan kepada Hari Akhir
3.2 Menerapkan Hikmah Beriman kepada Hari Akhir

INDIKATOR :

1. Menganalisis  perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
2. Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
3. Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari – hari
4. Mendiskripsikan  hikmah beriman kepada Hari Akhir
5. Mendeskripsikan hikmah beriman kepada Hari Akhir
6. Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir



I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
   
   Diharapkan siswa dapat berprilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan keimanan
   Terhadap Hari Akhir dengan jalan memperbanyak Ibadah dan Bertaubat kepada Allah .

II.MATERI AJAR :

1.       Iman kepada Hari Akhir
2.       Hikmah beriman kepada Hari Akhir

III. METODE PENGAJARAN :

1.       Ceramah bervariasi dan diskusi
2.       Tanya jawab
3.       Tugas Individu dan kelompok

IV. LANGKAH PEMBELAJARAN :
Langkah awal    
  
1.       Sebelum memulai pelajaran diharapkan siswa berdoa terlebih dahulu
2.       Guru mengadakan Pri Test  terhadap pelajaran yang lalu dan memberi motivasi siswa

Kegiatan Inti

1.       Menjelaskan Materi pembelajaran tentang Iman kepada Hari Akhir
2.       Menjelaskan Prilaku yang mencerminkan Iman kepada Hari Akhir
3.       Menerangkan tentang Hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir
4.       Mendiskusikan tentang hikmah beriman kepada hari Akhir
5.       Siswa mencatat dalam buku catatan hal-hal yang berhubungan dengan Iman kepada Hari Akhir
6.       Guru bertanya kepada siswa
7.       Menyimpulkan hasil pembelajaran

Kegiatan akhir

Melaksanakan Pos test
Remedial

V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR 
     Buku Pendidikan Agama Islam Pen. Yudistira, Tiga Serangkai
     Buku yang Relevan dengan Pendidikan Agama Islam
     Al-qur’an dan terjemahannya oleh Depag

VI. PENILAIAN
 
      Bentuk tes Lisan
      Test Tulisan


      Mengetahui :                                                                                  Jakarta, Juli 2009
      Kepala Sekolah                                                                             Guru Bidang studi



      Drs Abdul Djalali                                                                           Dra Hj.Gusneli
      NIP 470042877                                                                             NIP 131697492


    
Tes Tulisan

Jawablah dengan jelas dan tepat !

  1. Apakah yang dimaksud iman kepada Hari Akhir ?
  2. Termasuk Rukun Iman keberapa Iman kepada Hari Akhir ?
  3. Jelaskan prilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir !
  4. Jelaskan hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir !
  5. Apakah yang harus dilakukan untuk bisa Beriman kepada Hari Akhir ?


Back To Top