PETUNJUK UMUM
1. Berdoalah
sebelum mengerjakan soal di bawah ini!
2. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini yang kamu anggap paling benar dengan cara
memberi tanda silang pada lembar jawab.
3. Tanyakan
kepada pengawas apabila ada soal yang tidak jelas.
PETUNJUK KHUSUS:
I. Berilah tanda sialng pada jawaban yang paling
benar!
a.
Tahanan kumparan field coil terlalu besar.
b.
Sikat terlalu panjang.
c.
Tahanan kumparan field coil terlalu kecil.
d.
Arus baterai terlalu kecil.
e.
Arus baterai terlalu besar.
2.
Relay bekerja dengan baik apabila............
a.
Terminal 85 diberi arus listrik, 86
dihubungkan dengan beban, terjadi kemagnetan sehingga arus listrik dari
terminal 87mengalir ke terminal 30 lalu ke beban.
b.
Terminal 86 diberi arus listrik, 85
dihubungkan dengan beban, terjadi kemagnetan sehingga arus listrik dari
terminal 87mengalir ke terminal 30 lalu ke beban.
c.
Terminal 85 diberi arus listrik, 86
dihubungkan dengan massa, terjadi kemagnetan sehingga arus listrik dari
terminal 30 mengalir ke terminal 87 lalu ke beban.
d.
Terminal 30 diberi arus listrik, 87
dihubungkan dengan massa, terjadi kemagnetan sehingga arus listrik dari
terminal 86 mengalir ke terminal 85 lalu ke beban.
e.
Terminal 86 diberi arus listrik, 85
dihubungkan dengan beban, terjadi kemagnetan sehingga arus listrik dari
terminal 30 mengalir ke terminal 87 lalu ke beban.
3.
Pemeriksaan terminal kontak pada saat posisi
ON dapat dilakukan dengan.....
a.
Probe posistif multitester ditempelkan pada
termnal B kontak dan probe negatif multitester ditempelkan pada terminal IG
terjadi kontinuitas dalam kondisi tidak dialiri arus lisrik.
b.
Probe posistif multitester ditempelkan pada
termnal B kontak dan probe negatif multitester ditempelkan pada terminal IG terjadi
kontinuitas dalam kondisi dialiri arus lisrik.
c.
Probe posistif multitester ditempelkan pada
termnal B kontak dan probe negatif multitester ditempelkan pada terminal ST
terjadi kontinuitas dalam kondisi dialiri arus lisrik.
d.
Probe posistif multitester ditempelkan pada
termnal B kontak dan probe negatif multitester ditempelkan pada terminal ST
terjadi kontinuitas dalam kondisi tidak dialiri arus lisrik.
e.
Probe posistif multitester ditempelkan pada
termnal B kontak dan probe negatif multitester ditempelkan pada terminal ACC
terjadi kontinuitas dalam kondisi dialiri arus lisrik.
4.
Pada alternator akan timbul kemagnetan
apabila.................
a.
Terminal N dan terminal IG dialiri arus
listrik.
b.
Terminal F dan termnal E dialiri arus
listrik.
c.
Terminal N dan terminal F dialiri arus
listrik.
d.
Terminal B dan terminal E dialiri arus
listrik.
e.
Terminal B dan terminal IG dialiri arus
listrik
a. Timbulnya Medan magnet pada coil
b. Timbulnya Tegangan induksi pada coil
c. Timbulnya Percikan api busi
d. Penurunan tegangan pada distributor
e. Hilangnya medan magnet pada coil
6.
Arus mengalir dari Kumparan Sekunder à Kabel Tegangan tinggi
à Tutup Distributor à Rotor à Kabel busi à Busià massa. Aliran arus pada sistim pengapian diatas
adalah aliran arus yang terjadi apabila ............
a.
Celah platina keadaan menutup
b.
Celah platina keadaan terbuka
c.
Distributor terbuka
d.
Distributor tertutup
e.
Busi menyala
7.
Pada Ignation Coil dengan Internal
resistor, dengan menggunakan Ohm meter kita ukur tahanan antara terminal B koil dengan terminal Positif
(+) koil, langkah tersebut merupakan langkah pemeriksaan …….
a.
Tahanan kumparan sekunder koil
b.
Tahanan Resistor
c.
Sumber tenaga
d.
Tahanan kumparan primer Koil
e.
Tahanan penyekat
8.
Jika kita melakukan pemeriksaan dengan cara memutar komponen Rotor pada distributor
berlawanan arah jarum jam lalu melepaskan kembali rotor, dan kita lihat bahwa rotor dapat dengan cepat kembali ke posisi semula.
Cara tersebut diatas adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui……….
a.
Kondisi vacuum advancer bekerja dengan baik
b.
Kondisi Platina bekerja dengan baik
c.
Kondisi Governor advancer bekerja dengan baik
d.
Kondisi Kondesator bekerja dengan baik
e. Kondisi oktan selektor bekerja dengan baik
9.
Apabila sistem pendingin mesin tidak
berfungsi dengan baik akan terjadi overheating yang mengakibatkan ………………
a.
Jarak ruang
bebas komponen bergerak menjadi lebih kecil.
b.
Pembakaran
sulit tetapi suara mesin idle.
c.
Campuran
bahan bakar bensin menjadi gemuk.
d.
Pada mesin
diesel keluar asap keputih-putihan.
e.
Terjadi
tegangan termal misalnya ring piston patah.
10.
Ukuran ban dengan kode 195 / 70HR14,
apa arti dari kode 14..
a.
Diameter pelek d. Ban radial
b.
Lebar ban e
ban bias
c.
Kapasitas maksimum membawa beban
11.
Ukuran Rim (Pelek) 5.00 F
X 15 SDC, PernyataanUkuran Rim
dibawahiniBenaradalah
a.
5.00 (lebar Ban), S (SimbolKecepatan), 20
(lebarPelek), F.B (TipePelek)
b.
5.00 (lebarPelek), F (BentukFlensPelek), 15
(Diameter Pelek), SDC (TipePelek)
c.
5.00 (lebarPelek), S (SimbolKecepatan), 20
(Diameter Pelek), F.B (TipePelek)
d.
5.00
(lebar Ban), S (SimbolKecepatan), 20 (lebarPelek), F.B (BentukFlensPelek)
e.
5.00
(Diameter Pelek), S (SimbolKecepatan), 20 (lebarPelek), F.B (TipePelek)
12.
Bila tidak ada system pendinginan yang
baik akan menimbulkan dampak, kecuali …
a.
bahan logam akan kehilangan
kekuatan bahkan dapat mencair
b.
ruang bebas antara komponen yang bergerak akan
terhalang
c.
timbul tegangan termal dan kemampuan pelumas
akan turun
d.
piston akan mengecil karena panas yang
berlebihan
e.
piston akan membesar dan dingin.
13.
Rem Piringan cakram mempunyai keuntugan
dibanding dengan rem tromol,
diantarannya..
1. Konstruksi sederhana
2. Pendinginan lebih sempurna
3.
Daya pengereman tetap walau dilakukan berulang kali
4. Memerlukan penyetelan rem
5. Diperlukan tenaga yang besar untuk melakukan
pengereman
Jawaban yang benar adalah…
a.
2, 3, dan 5
b.
1, 4 dan 5
c.
1, 2, dan 3
d.
2, 3 dan 4
e.
1, 2 dan 4
14.
Pernyataan yang benar
tentang system rem dibawah ini menunjukkan :
Ø
Penyetelan
rem tidak tepat
Ø
Tromol rem
aus
Ø
Kanvas rem
aus
Ø
Kanvas-kanvas
rem terkontaminasi
Ø
Bubungan rem
aus
a.
Daya
pengereman lemah
b.
Menarik ke
satu sisi
c.
Handle
terlalu keras
d.
Handle
terlalu lemah
e.
Rem macet
a. Lower level c. Side level e. Fair level
b. Upper level d. Medium level
16.
Baterai adalah alat elektrokimia yang
digunakan untuk mensuplai berbagai kebutuhan kelistrikan pada kendaraan untuk
mengisi baterai yang masih kosong diperlukan ….
a. air suling c. air aqua e. accu zur
b. air accu d. Elektrolit
a. air suling c. air aqua e. accu zur
b. air accu d. Elektrolit
- Menyediakan peralatan perlindungan diri
- Mengganti bahan dan peralatan yang berpotensi menimbulkan bahaya
- Menggunakan peralatan produksi yang harganya mahal
- Melakukan pelatihan penanggulangan kecelakaan kerja
- Menggunakan peralatan produksi yang ramah lingkungan
18. Rangkaian saluran bahan bakar kecepatan stasioner (idle) pada gambar
berikut ini ditunjukkan oleh nomer ….
A.
1-2-11-7-8
B.
1-2-8-7-9-5
C.
1-2-8-7-9-10
D.
1-3-6-11-9-5
E.
1-3-6-11-9-10
19.
Air Flow Meter pada sislem EFI tipe “L-Type”
berfungsi ….
A.
mengukur temperalur udaru yung masuk melalui
intake manifold
B.
mengukurjumlah udara yang mengalir melalui
intake manifold
C.
mengukur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan
D.
mengatur arus yang mengalir ke IECU
E.
mengukur temperatur kerja mesin
20.
Manifold absolute pressure sensor berfungsi
untuk ….
A.
mendeteksi kerja engine temperature sensor
B.
mendeteksi kerja air temperature sensor
C.
mendeteksi tekanan intake manifold
D.
mendeteksi tskanan air pendingin
E.
mendeteksi tekanan bahan bakar
21.
Volume injeksi bahan bakar diesel ditentukan
oleh ….
A.
Governor
B.
Control rack
C.
Control lever
D.
Diameter plunger
E.
Langkah efektif plunger
***
SelamatMengerjakan ***
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan