Contact Us

Name

Email *

Message *

Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Motor

Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Motor

tehnikmotor.blogspot.com


Kampas rem merupakan salah satu bagian paling penting bagi sepeda motor. Sebagian besar sistem pengereman pada sepeda motor saat ini sudah menggunakan rem cakram (disk brake). Sistem rem cakram memanfaatkan gaya hidrolis untuk menggerakan kampas rem (brake pad). Nah, apabila brake pad sudah aus maka secara otomatis gaya pengereman akan berkurang. Salah satu indikasi brake pad sudah aus, adalah berkurangnya volume minyak rem pada master silinder. 

Apabila keausan kampas rem sudah tinggi akan terdengar suara gesekan antara piringan dan logam pada kampas rem/ brake pad, yang membuat piringan akan mejadi lebih tipis.Apabila kampas rem sudah aus, maka alangkah baiknya segera dilakukan penggantian. Sebenarnya untuk penggantian kampas rem pada sepeda motor sangatlah mudah, anda pun bisa melakukanya dirumah. 

Setiap motor mempunyai karakteristik sendiri-sendiri sehingga caranya pun tidak bisa disamakan. Kali ini saya akan mencontohkan bagaimana mengganti kampas rem pada sepeda motor :
 

Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor

  • Buka baut pegangan master rem bawah atau yang sering disebut pala babi oleh para mekanik di bengkel umum, gunakan kunci bintang
kampas rem
  • Setelah itu buka dua buah baut pegangan kampas rem menggunakan kunci L 
kampas rem
  • Setelah itu kampas rem akan terlepas dari rumahnya, sekarang pencet dulu handel rem dua kali supaya piston yang menekan kampas rem akan sedikit keluar, lalu bersihkan body piston menggunakan amplas halus. Hal ini bertujuan supaya rem tidak macet dan sil didalam pala babi tidak rusak.
  • Setelah piston bersih silahkan tekan kedalam hingga piston kembali masuk kedalam pala babi
  • Tinggal pasang kampas rem lalu baut dengan baut L tadi.
  • Pasang pala babi di pegangannya, gunakan kembali kunci bintangnya
  • Setelah semua terpasang dengan sempurna tinggal pencet tuas remnya hingga kedua kampas tadi menjepit cakram dan rem sudah berfungsi dengan baik

dari berbagai sumber.


Back To Top