Contact Us

Name

Email *

Message *

Stater mati ? Coba Cek Bendik Motormu

Stater mati ? Coba Cek Bendik Motormu

cara memperbaiki bendik yang rusak - masalah ini terjadi pada motor vega R saya gan, pada waktu itu motor mau di bawa ke kampus kok tiba-tiba stater tidak mau nyala dan terdapat bunyi treeekkk pada bendik. tanpa pikir panjang saya pakai kick stater aja karena waktu udah mepet.. pada saat perjalanan saya pencet klakson kok bunyinya kyk kekurangan arus, saya juga coba menekan saklar stater lampu jadi redup seketika, ketika saklar di lepas normal kembali, kemudian waktu saya hidupin lampu sein tidak berkedip dengan normal dan interfal yang berubah-ubah.. wah ini pasti bermasalah...
bendik
image by kaskus.co.id

kemudian pas waktu luang saya urut tuh kelistrikannya, Bagian pertama yang saya cek adalah aki. waktu itu aki masih dalam keadaan bagus karena belu lama beli dan tegangan baterai pun masih normal saya cek pakai multitester. 

Kemudian menurut saya untuk dinamo starter memang jarang sekali mengalami kerusakan. Rusaknya dinamo starter biasanya ditandai dengan munculnya suara kasar pada saat sepeda motor distarter menggunakan elektrik starter.

Jika bagian aki dan bagian dinamo starter tidak mengalami masalah maka sudah bisa dipastikan bahwa yang mengalami masalah adalah bendik sepeda motor. Ciri dari bendik sepeda motor mengalami kerusakan adalah pada saat di tekan tombol elektrik starter biasanya tidak akan ada respon sedikitpun,ketika motor hidup kita tekan tombol stater lampu lampu indikator jadi redup..

Dan apabila bendik pada motor rusak dapat di perbaiki dengan cara dibawah ini:


Berikut Langkah Memperbaiki Bendik Sepeda Motor :

 

  • Langkah pertama, murmur atau baut yang ada di kedua bagian terminal bendik kita lepaskan terlebih dahulu.
  • Kedua, Kemudian gunakan solder untuk lepas kabel-kabel yang terpasang di sekitar bagian tersebut.
  • Langkah selanjutnya membuka bagian bodi dari bendik ,kemudian lepaskan.
  • Langkah selanjutnya kita lakukan pengamplasan pada bagian kutub-kutub pertemuan yang ada di dalam bendik.
  • Kemudian pegas yang ada di dalam bendik tersebut kita renggangkan.
  • Yang terakhir, Pasang kembali seluruh komponen yang ada di dalam bendik ke posisi semula.
jika di atas sudah di lakukan tapi masih saja bermasalah, mending ganti aja ke bengkel paling harganya 30 ribuan.
sekian cara memperbaiki bendik yang rusak.. semoga bermanfaat..


No comments:

Post a Comment

PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan

Back To Top