Contact Us

Name

Email *

Message *

Wiring dan Cara Kerja Wiper

Wiring dan Cara Kerja Wiper


diagram /wiring sistem wiper

wiper merupakan bagain yang berfungsi untuk menyapu air hujan atau debu-debu yang berada pada kaca depan.
wiper di gunakan hampir pada senua kendaraan. mulai dari mobil,kereta api bahkan pesawat terbang dan juga merupakan syarat hukum kendaraan.

kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana rangkaian atau wiring pada sytem wiper, dengan demikian kita bisa mengetahui alur cara kerja dan bisa menganalisa jika terjadi kerusakan pada sistem wiper.
 
Pada Wiper, ada tiga pergerakan yang sering kita lihat yaitu pelan (Low Speed), cepat (High Speed) dan pelan berjangka waktu (Intermittent).
Wiring Diagram Cara Kerja Wiper

Kecepatan rendah dan tinggi wiper dikontrol dengan cara mengatur arus yang mengalir dari brush ke armatur coil. Jadi dapat di simpulkan bahwa kecepatan wiper diatur dengan cara membatasi kecepatan putaran motor wiper. Bila arus mengalir pada armatur coil dari brush kecepatan rendah, akan dihasilkan gaya perlawanan elektromotive yang besar dan akaibatnya motor berputar pada kecepatan rendah, bila arus mengalir pada armatur coil dari brush kecepatan tinggi, maka akan dihasilkan gaya balik  elektromotive yang kecil, dan akibatnya motor berputar pada kecepatan tinggi.

sekarang kita bahas satu persatu

1. Wiring Cara kerja wiper ketika saklar pada posisi Low Speed.
Wiring Diagram Cara Kerja Wiper Low Speed
Pada saat saklar wiper pada posisi Low Speed, arus mengalir dari Baterai ->terminal 18 ->Wiper switch Low/Mist point -> terminal 7-> Motor wiper (low) -> masa.

2. Wiring Cara kerja wiper ketika saklar pada posisi High Speed.
Wiring Diagram Cara Kerja Wiper High Speed
Pada saat saklar wiper pada posisi High Speed, arus mengalir dari Baterai -> Terminal 18 -> Wiper switch High point -> Terminal 13 -> motor wiper (Hi) -> Massa

3. Wiring Cara kerja wiper ketika saklar pada posisi Off.
Wiring Diagram Cara Kerja Wiper Off
 Pada saat saklar wiper pada posisi Off, arus listrik mengalir dari Baterai ->Cam switch point B ->Terminal 4 -> Relay point ->Wiper switch  Off point -> Terminal 7 -> motor wiper low (lo) -> massa

3. Wiring Cara kerja wiper ketika saklar pada posisi Intermittent.
Wiring Diagram Cara Kerja Wiper Intermittent
Pada saat saklar wiper pada posisi Intermittent, arus mengalir dari Baterai ->Terminal 18 ->relay coil >Tr 1->Terminal 16 -> Massa.
Ketika relay point bergeser ke sisi B, arus mengalir ke motor (Lo) dan motor berputar pada kecepatan rendah.: arus mengalir dari , + Baterai -> Term 18->Relay point B ->Wiper sw  point INT -> Terminal 7 Wiper motor (Lo) -> Massa

nah tadi merupakan wiring dari system wiperyang terdapat pada kendaraan anda, semoga bermanfaat dan silahkan baca artikel lainya di blog ini agar menambah pengetahuan kamu..


Back To Top