Contact Us

Name

Email *

Message *

Tips Cara Memperbaiki Motor yang Mbrebet

Tips Cara Memperbaiki Motor yang Mbrebet

cara mengatasi motor mbrebet - mungkin di antara kalian pernah mengalami motor yang mbrebet, seolah olah mesin mau mati karena kehabisan bensin.. jika iya berarti anda senasib dengan saya.. hehee

mesin motor mberebet biasanya di karenakan motor kurang perawatan, mulai dari komponen yang kotor sampai dengan yang sudah tidak layak pakai. sehingga performa mesin menjadi menurun.

jika sudah semakin parah biasanya motor jadi sering mati di jalan, bikin emosi kadang.. apalagi pas di lampu merah bagian depan sendiri.. di klaksonin orang yang di belakang, tambah emosi jadinya..
mungkin tips di bawah ini bisa mengatasi permasalahan tersebut.
motor mbrebet
image by modifikasibaru.blogspot.com

Berikut tips mengatasi masalah motor mbrebet:

1. Bahan bakar

Motor ngebrebet bisa dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar yang tidak bagus. Biasanya terjadi pada motor yang harusnya diisi Pertamax tapi malah diisi Premium. Bahan bakar yang tidak bagus akan meninggalkan kerak yang bisa menghambat kerja mesin.
Ganti bahan bakar motor Anda ke bahan bakar yang beroktan tinggi, seperti Pertamax. Gunakan selalu bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Tujuannya adalah agar mesin motor tidak cepat rusak.

2. Busi

Motor yang brebet juga bisa disebabkan oleh busi yang tidak bagus atau kotor. Coba bersihkan atau ganti busi motor Anda. Ganti busi dengan tipe yang lebih dingin, misal NGK 7 diganti angkanya 8 atau 9. Hal ini karena busi dingin ini lebih tahan.

3. Karburator

Motor yang berebet bisa disebabkan oleh karburator yang rusak. Biasanya masalah ada pada pelampung dan needle valve. Jika kedua komponen ini rusak, maka akan terjadi bahan bakar banjir dan bisa membuat busi basah. Akibatnya motor akan brebet. jika koponen itu tidak bermasalah coba bongkar karburator lalu cuci dengan bensin sampai bersih, semrot lubang-lubang pada karburator dengan menggunakan angin bertekanan atau kompresor agar aliran bahan bakar pada karburator mnjadi lancar kembali

Bisa juga bahan bakar motor Anda sudah kemasukan air. Jika hal ini yang terjadi, cobalah untuk membuang beberapa bahan bakar hingga kandungan airnya habis. Masalah ini bisa terjadi akibat kesalahan saat mencuci ataupun banjir.

4. Bawa ke bengkel

Jini jurus yang terakhir bro.. serahkan pada ahlinya jika anda tidak punya peralatan untuk servis sendiri dan minim pengetahuan tentang motor..
Nah, itu tadi tips yang dapat diterapkan, jika motor Anda mengalami mbrebet. Semoga bermanfaat.


Back To Top