Mata
Pelajaran : Seni Budaya Hari,
Tanggal : Kamis, 14 Juni 2012
Kelas :X
(Sepuluh) AKT Waktu :
Pukul 09.30-11.00
I.
Jawablah Pertanyaan dibawah ini, dengan memberi tanda silang pada
huruf a, b, c, d, atau e, pada lembar jawab yang tersedia!
1. Teater sebagai kegiatan berkesenian yang mengacu kepada
kegiatan dan pertunjukkan mengandung unsur-unsur sebagai berikut, kecuali ….
a. lakon b.
pemeran c. sutradara
d. Pentas e. sponsor
2.
Unsur pertama yang terdapat dalam kegiatan teater adalah ….
a. naskah b.
penonton c. publik d. promotor e. produser
3.
Bagian pembuka dalam sebuah drama yang maksudnya
untuk memberikan pengarahan kepada
pembaca atau penonton disebut ….
a. dialog b. prolog c. epilog d. solilokui e. monolog
4.
Orang yang bertugas mewujudkan gagasan penulis drama
di atas pentas secara utuh dan benar adalah ….
a. produser b. dramawan c. sastrawan
d. pemeran e. promotor
5.
Bentuk teater
yang secara tegas memisahkan tempat antara pentas dan tempat penonton
disebut ….
a. nonprosenium b. apron c. prosenium d. interior d.pentas portabel
6.
Kehadiran seorang penonton sama pentingnya dengan
permainan terbaik dari seorang aktor jika hal itu dilihat dari segi
keberhasilan sebuah pementasan.
Pernyataan
tersebut dinyatakan oleh….
a. Richard Bouleslavsky c.
Umar Khayam e. Aris Toteles
b. Arifin C. Noor d. Samuel Becket
7.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kehadiran jumlah
penonton pada saat pagelaran berlangsung, kecuali ….
a. Publikasi yang
gencar c. kualitas
pemain baik e. kostum mewah
b. Popularitas
kelompok d. kerja sama yang
baikdengan berbagai pihak
8.
Bentuk setting yang sama sekali tidak menggunakan
alat-alat tertentu selain tempat di mana lakon dimainkan,termasukjenis
setting….
a. konvensional set c.
natural set e.
modern set
b. interior set d. tradisional
set
9.
Dalam merias seorang pemain, penata rias harus
mempertimbangkanaspek-aspek berikut ini, kecuali….
a. gambaran fisik
pelaku c. warna kebangsaan e. pemilihan bahan rias
b. harga bahan
rias murah d. efek sinar lampu pentas yang mungkin
dihasilkan
10. Berikut ini yang
tidak termasuk fungsi dari teater rakyat adalah ….
a. Sebagai alat
pendidikan masyarakat
b. Sebagai alat
penebal perasaan solidaritaskolektif
c. Sebagai alat
mempertahankan suatu budaya bangsa
d. Sebagai alat
yang memungkinkan seseorang biasa bertindak dengan penuh kekuasaan terhadap
orang yang menyeleweng
e. Sebagai alat
untuk mengeluarkan protes terhadap ketidakadilan yang terjadi di masyarakat
11. Secara umum,
teater tradisional rakyat memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali….
a. Cerita
digarap berdasarkan fenomena terbaru.
b. Unsur lawakan
selalu muncul.
c. Nilai dan laku
dramatik dilakukan secara spontan.
d. Penonton
mengikuti pertunjukkan secara santai.
e. Tempat
pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.
12. Menurut Dr. A.H.
Nasution, suatu hasil karya seni dituntun untuk memiliki kriteria-kriteria
berikut ini,kecuali….
a. Etika b. estetika c.
konsultatif d. Efektif e. edukatif
13. Perkembangan
tater Barat di Indonesia sudah mulai tumbuh dan berkembang pada masa pemerintahan….
a. Jepang c. Hindia
Belanda e. Yunani
Kuno
b. Indo-Eropa d. Portugis
14. Teater Indonesia
yang menggunakan bahasa Indonesia mulai tumbuh dan berkembang secara baik pada
masa pendudukan ….
a. Jepang c. Indo-Belanda e. Indo-Eropa
b. Portugis d.
spanyol
15. Teater klasik
barat bersumber dari teater …..
a. Amereka Serikat c. Portugis e. Yunani Kuno
b. Roma d. Belanda
16. Era kebangkitan
teater modern Indonesia ditandai oleh kelompok teater bernama ….
a. teater
dardanella c. teater Orion e. teater Tjahaya Timoer
b. teater klasik d. teater beling
17. Terlahirnya
seniman-seniman teater dan film Indonesia yang berkualitas dan mengabdikan diri
sepenuhnya bag perkembangan teater ditandai dengan munculnya ….
a. CHAOS c.
ASDRAFI e.
HSBI
b. LEKRA d. AMI
18. Pada akhir abad
XX , berkembang pula gaya absurdisme dalam teater Indonesia.
Absurdisme artinya ….
a. rasional c. normal e. ekpresionis
b. tak masuk
akal d. tabu
19. Tokoh-tokoh
teater absurd adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Jean Paul Sartre c. Albert Camus e. Samuel Becket
b. Eugene Lonesco d.
Ares Toteles
20.
Dalam pementasan drama, plot dan karakter diwujudkan
melalui ….
a. kostum c. properti e. laku (action)
b. panggung d. amanat
21. Pelaku yang
menyebabkan timbulnya konflik dalam cerita adalah ….
a. tritagonis c. figuran e. antagonis
b. sampingan d.
sentral
22. Garis laku
menurut Aris Toteles adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. exposition c.
protasis e.
catastrophe
b. epitasio d. catastasis
23. Permasalahan
yang paling dominan menjiwai suatu naskah drama dari awal sampai akhir cerita
disebut ….
a. tema minor c. subtema e. tema sampingan
b. tema mayor d.
tema cabang
24. Dilihat dari
cara menyusun bagian-bagiannya, alur atau plot cerita dapat dibedakan menjadi
beberapa macam, kecuali ….
a. progresif c. alur sorot
balik e. flashback
b. alur cabang d.
alur campuran
25. Gambaran umum bagian alur yang menggambarkan
kehadiran beberapa tokoh yang belum mempunyai masalah atau menggambarkan
suasana yaitu bagian ….
a. resolusi c. paparan
(eksposisi) e.
penggawatan (komplikasi)
b. klimaks d.
peleraian
26. Ada tiga unsur
utama dalam proses pengakuan sebuah benda untuk dapat disebut karya seni,
yaitu….
a. peragaan,
properti, seniman d. benda
seni, panggung, lighting
b. publik seni,
benda seni, penonton e. seniman,
benda seni,publik seni
c. struktur batin,
pesan, seniman
27. Dalam pemindahan
atau penyaduran karya drama dituntun persyaratan-persyaratan yang harus
dipenuhi, kecuali….
a. Plot cerita
tidak boleh berubah
b. Karakterisasi
hanya sebagian yang boleh diubah
c. Latar budaya
harus utuh
d. Karakterisasi
dalam keseluruhan teks tidak boleh berubah
e. Persoalan-persoalan
yang terdapat dalam teks asli kemungkinan terjadi pula di dalam konteks budaya
yang diadaptasi
28. Secara garis
besar, latar dalam drama dapat dikelompokkkan menjadi tiga bagian pokok, yaitu
….
a. latar waktu,
latar tempat, latar sosial d. latar waktu, latar tempat, latar ekonomi
b. latar politik,
latar geografis, latar sosial e.
latar intern, latar tempat, latar strata
c. latar waktu,
latar zaman, latar sosial
29. Konflik-konflik
yang muncul dalam cerita drama saling berkaitan satu dengan lainnya, kecuali ….
a. Adanya hukum kausalitas(sebab-akibat) d. Aspek kemasukakalan (plausibiliti)
b. Kesatuan
rangkaian peristiwa( unity) e.
Masalah kejiwaan
c. Terjadinya
kejutan (suspensi)
30. Dalam
menciptakan nama penokohan drama cerita drama, dapat mengacu hal-halberikut ini,kecuali
….
a. berdasarkan
asal-usul daerah d.
berdasarkan status sosial
b. berdasarkan
profesinya e.
berdasarkan kondisi fisik
c. berdasarkan
kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tokoh.
I.
Jawablah pertanyaan di bawah
inidengan tepat dan jelas!
1.
Sebutkan 2 (dua) permasalahan kehidupan yang dapat
diangkat ke dalam drama!
2.
Jelaskan 4 (empat) faktor yang mempengaruhi
pengungkapan sebuah tema!
3.
Dalam menciptakan latar atau setting dalam drama
mengacu beberapa aspek. Sebutkan dua aspek!
4.
Apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan
pementasan drama!Jelaskan!
5.
Apa yang dimaksud dengan bahasa dramatik dalam naskah
drama?
II.
Buatlah naskah cerita drama satu!
Ketentuan:
-
Tentukan tema,
-
Berilah judul yang sesuai,
-
Ciptakan konflik,
-
Tentukan latar,
-
Ciptakan tokoh sesuai
karakter.
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan