Contact Us

Name

Email *

Message *

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 1-2

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 1-2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TDO


Sekolah                            : SMK Ash-shiddiqiyah Balingal
Program Keahlian            : Teknik Kendaraan Ringan
Mata Pelajaran                 : Teknologi Dasar Otomotif
Kelas/Semester                : X/ I
Pertemuan Ke-                 : 1 - 2 
AlokasiWaktu                  : 2 Pertemuan (2 x(6x@ 45 menit))

A.  Kompetensi Inti
     KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

B.  Kompetensi Dasar
KD pada KI pengetahuan
3.1 Menerapkan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
KD pada KI keterampilan
4.1Menggunakan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan
3.1.1 Menjelaskan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
3.1.2 Menguraikan  prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
3.1.3.Mendeteksi potensi dan resiko kecelakaan kerja
Indikator KD pada KI keterampilan
4.1.1 Menunjukkan prinsip-prinsip  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
4.1.2 Mengontrol penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

D.  Tujuan Pembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.1.1 Menjelaskan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sesuai informasi dengan tepat
3.1.2   Menguraikan  prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara detail dan tepat
3.1.3   Mendeteksi potensi dan resiko kecelakaan kerja di tempat kerja sesuai SOP secara teliti
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.1.1 Menunjukkan prinsip-prinsip  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sesuai SOP dengan tepat
4.1.2 Mengontrol penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara berkala sesuai SOP

E.  Materi Pembelajaran
1.    UU Keselamatan Kerja
2.    Prinsip-prinsip Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja
3.    Teknik menghindari potensi dan resiko keselamatan kerja
4.    Prosedur pengecekan hasil penerapan Undang undang Keselamatan dan Kesehatan kerja

F.   Pendekatan, Model dan Metode
1.    Pendekatan pembelajaran          : Scientific Learning
2.    Model pembelajaran                  : Discovery Based Learning
3.    Metode Pembelajaran                : tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.
G. KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Guru
Deskripsi KegiatanSiswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru memberikan apersepsi dan motivasi
4. Guru menyampaikan KD , tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan
5. Guru menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
1.     Siswa menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.     Siswa mengacungkan tangan ketika dilakukan presensi
3.     Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.     Siswa mendengarkan penjelasan guru
5.     Siswa memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
2 x 15 menit
Inti
Pemberian stimulus
· Guru menyajikan materi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berbentuk tayangan slide powerpoint, siswa diminta mengamati dan mencermati paparan powerpoint.



Identifikasi Masalah
·     Guru mengkondisikan situasi belajar untuk mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan yang sudah dijelaskan.




















Pengumpulan data
Guru memberi kesempatan kepada Siswa untuk menggali informasi






















Pembuktian
Guru memberikan tugas untuk mengontrol penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)






Menarik kesimpulan
§  Guru meminta Siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
§  Guru memberikan kesempatan Siswa lain untuk saling menanggapi hasil presentasi
§  Guru memfasilitasi Siswa untuk berdiskusi menyimpulkan hasil  identifikasi  prosedur K3dan hasil kontrol penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pemberian stimulus
§ Siswa diminta mengamati dan mencermati paparan powerpoint.
(mengamati)
Siswa membaca buku berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). (mengamati)

Identifikasi Masalah
·    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya, menjawab pertanyaan atau memberikan tanggapan (menanya)
·    Siswa berdiskusi tentang definisi, UU, tujuan, ruang lingkup K3L; jenis-jenis kecelakaan kerja; cara pengendalian kecelakaan kerja; tindakan setelah terjadi kecelakaan kerja; alat pelindung diri (APD). (mengumpulkan data)
·    Siswa mengidentifikasijenis-jenis kecelakaan kerja; cara pengendalian kecelakaan kerja; tindakan setelah terjadi kecelakaan kerja; alat pelindung diri (APD).
§ Siswa menentukan jenis-jenis kecelakaan kerja; cara pengendalian kecelakaan kerja; tindakan setelah terjadi kecelakaan kerja; alat pelindung diri (APD).
(menalar)

Pengumpulan data
·   Siswa diberi permasalahan yang berkaitan dengan materi, untuk didiskusikan bersama kelompoknya
·   Siswa dalam bimbingan guru melalui diskusi, berbagi dan saling bertukar pendapat 
·      Siswa diajak menggali informasi dari buku, internet atau mengamati slide tentang K3L, siswa diminta untuk mengumpulkan data (yang dipertanyakan) untuk menjawab pertanyaan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang Kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (K3L).  (mengumpulkan informasi)

Pembuktian
·   Siswa melakukan Prosedur K3 n penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai jenis pekerjaan
·   Siswa mengontrol hasil penerapan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai jenis pekerjaan
(mengamati)
Menarik kesimpulan
·  Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan meliputi definisi, UU, tujuan, ruang lingkup K3L; jenis-jenis kecelakaan kerja; cara pengendalian kecelakaan kerja; tindakan setelah terjadi kecelakaan kerja; alat pelindung diri (APD).
·  Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang prosedur K3dan hasil kontrol penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)sesuai jenis pekerjaan yang ditugaskan.
(mengkomunikasikan)
2 x 175 menit
Penutup
1. Guru membimbing Siswa untuk membuat kesimpulan menyimpulkan  materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2. Guru memberikan kuis lisan kepada Siswa tentang materi prosedur K3dan penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
3. Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan prosedur K3dan penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
4. Guru meminta Siswa melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6. Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama
1.     Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang materi pembelajaran tentang prosedur K3dan penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
2.     Siswa berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3.     Siswa menyimak tugas dari guru
4.     Siswa memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada Siswa.
5.     Siswa menyimakpenyampaian guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari dari rumah.
6.     Siswa berdoa bersama.

2 x 15 menit


H.  Penilaian Pembelajaran, Remedial danPengayaan
1.    InstrumendanTeknikPenilaian
a.     TeknikPenilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Ketrampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.

Sikap
Penilaian diri/ Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.    InstrumenPenilaian
1)        Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
1.    Apakah yang dimaksud dengan kesehatan dan keselamatan kerja?
2.    Sebutkan tujuan dikeluarkannya Undang-Undang Keselamatan Kerja No. 1 tahun 1970!
3.    Siapakah yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan K3 di bengkel sekolah ?
4.    Apakah Alat Pelindung Diri (APD) itu?
5.    Sebutkan jenis fungsi macam-macam APDdan fungsinya?
6.  Sebutkan minimal 3 contoh tindakan kerja yang tidak aman!
7.  Sebutkan minimal 3 contoh kondisi kerja yang tidak aman!
8.  Sebutkan enam fungsi utama rambu-rambu keselamatan kerja!
9.  Sebutkan 1 macam kecelakaan kerja dan pengendaliannya!
10.    Menurut anda usaha atau  tindakan apa yang dilakukan oleh perusahaan agar K3 dapat diterapkan dengan baik?
KUNCI JAWABAN DAN RUBRIK PENILAIAN

  1. Kesehatan dan keselamatan kerja adalah suatu upaya perlindungan agar tenaga kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama melakukan pekerjaan di tempat kerja.
  2. Undang-Undang pokok  Keselamatan Kerja No. 1 tahun 1970 dikeluarkan dengan tujuan :
a.    Agar tenaga kerja dan setiap orang yang berada di tempat kerja selalu dalam keadaan sehat dan selamat
b.    Agar sumber-sumber produksi dapat dipakai dan digunakan secara efisien
c.    Agar proses produksi dapat berjalan secara lancar tanpa adanya hambatan
  1. Yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan K3 di bengkel sekolah  adalah semua pihak sekolah
  2. Alat pelindung diri adalah alat yang digunakan untuk melindungi pekerja dari luka atau penyakit yang diakibatkan oleh adanya kontak dengan bahaya (hazards) di tempat kerja, baik yang bersifat kimia, biologis, radiasi, fisik, elektrik, mekanik dan lainnya.
  3. Macam-macam APD beserta fungsinya:
a.       Helm                    : untuk melindungi kepala                              
b.      Kacamata             : untuk melindungi mata                                
c.       Ear Plug               : untuk melindungi telinga dan pendengaran             
d.      Sarung tangan      : untuk melindungi jari dan telapak tangan    
e.       Wearpack             : untuk melindungi badan                              
  1. Sepatu             : untuk melindungi jari dan telapak kakiContoh tindakan kerja yang tidak aman antara lain:
a.    Menempatkan barang, alat, atau benda kerja tidak pada tempat semestinya
b.    Berlari dan bercanda di dalam bengkel.
c.    Menggunakan peralatan yang tidak layak pakai
  1. Contoh kondisi kerja yang tidak aman antar lain:
a.    Lingkungan kerja tidak bersih
b.    Alat-alat yang kurang perawatan
c.    Alat-alat pengaman yang kurang lengkap
  1. Enam fungsi utama rambu-rambu keselamatan kerja adalah :
a.    Menarik perhatian terhadap adanya bahaya keselamatan dan kesehatan kerja.
b.    Menunjukkan kemungkinan adanya potensi bahaya yang mungkin tidak terlihat.
c.    Menyediakan informasi umum dan memberikan pengarahan.
d.   Mengingatkan para karyawan di mana harus menggunakan alat pelindung diri.
e.    Mengindikasikan di mana peralatan darurat keselamatan berada.
f.     Memberikan peringatan waspada terhadap beberapa tindakan atau perilaku yang tidak diperbolehkan.
9.      Macam kecelakaan kerja dan pengendaliannya:
a.       Terpeleset karena lantai licin , pengendaliannya : membersihkan lantai
b.      Terkena cahaya las, pengendalianya : menggunakan kaca mata
10.  Usaha atau  tindakan yang dilakukan oleh perusahaan agar K3 dapat diterapkan dengan baik : dengan membuat prosedur atau aturan kerja yang sesuai K3, dan menyediakan fasilitas kerja yang aman,
Pengolahan Nilai
No Soal
IPK
Skor Penilaian 1
Nilai
1.

1

10
Nilai perolehan KD pegetahuan : 100
2.
1
10
3.
1
10
4.
1
10
5.
1
10
6.
1
10
7.
1
10
8.
1
10
9.
1
10
10.
1
10
Jumlah
100





Instrumen Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi Dasar Otomotif

KD 4.1 Menggunakan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

IPK
Kategori
1
2
3
4
4.1.1 Menunjukkan prinsip-prinsip  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Tidak dapat menunjukkan prinsip-prinsip  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketika praktek di bengkel
Terdapat kesalahan >1 menunjukkan prinsip-prinsip  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketika praktek di bengkel
Terdapat 1 kesalahan dalam menunjukkan prinsip-prinsip  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketika praktek di bengkel
Tepat dalam menunjukkan prinsip-prinsip  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketika praktek di bengkel
4.1.2 Mengontrol penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)


Tidak dapat melakukan pengontrolan  penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketika praktek di bengkel
Terdapat kesalahan >1 dalam melakukan pengontrolan  penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketika praktek di bengkel
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan pengontrolan  penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketika praktek di bengkel
Tepat dalam  melakukan pengontrolan  penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketika praktek di bengkel







2.    Analisis Hasil Penilaian
§  Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tesformatif
§  Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan

3.    Pembelajaran Remedial danPengayaan
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§  Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.

I.     Media, Alat, Bahan, danSumberBelajar
1.      Media                  :    Slide power point, gambar, video
2.      Alat                     :    LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3.      Bahan                  :    Fire extinguiser, Rambu-rambu K3, Sefty Alarm, Sistem Pelabelan,
                                 Peralatan APD
4.      Sumber Belajar    :    UU K3 No. 1 tahun 1970
                                 Buku paket K3 Depnakertrans, 2009
                                 Modul K3


                                                                                               Balingasal, 18 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala  Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran



.....................................                                                     .......................................................
                                                                                              





No comments:

Post a Comment

PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan

Back To Top