RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Ash-shiddiqiyah Balingasal
Program
Keahlian : Teknik Kendaraan
Ringan
Mata
Pelajaran :
Teknologi Dasar Otomotif
Kelas/Semester : X/ I
Pertemuan
Ke- : 5 - 6
Alokasi
Waktu :
2 Pertemuan (2 x(6x@ 45 menit))
A.
Kompetensi Inti
KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan
metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik
dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan
tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara
mandiri.
B.
Kompetensi Dasar
KD pada KI pengetahuan
3.3 Memahami prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
KD pada KI keterampilan
4.3 Menerapkan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD pada KI
pengetahuan
3.3.1 Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
3.3.2 Mendiskusikan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
Indikator
KD pada KI keterampilan
4.3.1 Melakukan pengendalian kontaminasi
sesuai SOP
4.3.2 Mengontrol hasil penerapan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
D.
Tujuan Pembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.3.1 Menjelaskan
tentang prinsip-prinsip
pengendalian kontaminasi sesuai informasi
dengan jelas
3.3.2 Mendiskusikan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
sesuai informasi dengan seksama
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.3.1 Melakukan pengendalian kontaminasi
sesuai SOP secara rutin
4.3.2 Mengontrol hasil
penerapan prinsip-prinsip
pengendalian kontaminasi sesuai SOP secara
rutin
E.
Materi Pembelajaran
A. Pengertian tentang Kontaminan
B. Pengertian prinsip – prinsip pengendalian kontaminasi
C. Prosedur pengendalian
kontaminasi
D. Teknik pengendalian
kontaminasi
E. Prosedur pengecekan hasil
pengendalian kontaminasi
F.
Pendekatan, Model danMetode
1. Pendekatan pembelajaran :
Scientific Learning
2. Model pembelajaran : Problem Solving Learning
3. Metode Pembelajaran :
tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan Guru
|
Deskripsi KegiatanSiswa
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru
melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru
memberikan apersepsi dan motivasi
4. Guru
menyampaikan KD , tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan
dilaksanakan
5. Guru
menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
|
1. Siswa
menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.
Siswa mengacungkan
tangan ketika dilakukan presensi
3.
Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
5.
Siswa
memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
|
2 x 15
menit
|
Inti
|
Orientasi / mengidentifikasi masalah
· Guru membentuk kelompok kerja yang
terdiri dari 4 – 5 siswa dalam satu kelompok
·
Guru
menyajikan tayangan tentang prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi yang
relevan
·
Guru
menanyakan prosedur pengendalian kontaminasi
di bengkel
Mengetes penyebab atau proses diagnosis
·
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk melakukan pengendalian kontaminasi
sesuai SOP di bengkel
Mengevaluasi
·
Guru
memeriksa dan megevaluasi hasil pekerjaan siswa dari penerapan
prinsip-prinsip pengendalian
kontaminasi
|
Orientasi / mengidentifikasi masalah
·
Siswa
mengamati tayangan prinsip-prinsip
pengendalian kontaminasi
·
Siswa
berdiskusi tentang macam-macam kontaminasi dan teknik pengendalian kontaminasi(mengamati)
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi yang
relevan
·
Siswa
menentukan cara mengatasi macam-macam kontaminasi dan teknik pengendalian kontaminasi berdasarkan hasil membaca buku-buku siswa dan hasil diskusi.(menanya)
·
Guru membimbing peserta
didik untuk mencari jawaban dari setiap permasalahan.
·
Peserta didik secara
individu maupun kelompok mencari data, konsep dan informasi untuk menjawab
masalah masalah yang ditemukan. (mengumpulkan
data)
Mengetes penyebab atau proses diagnosis
·
Siswa
memeriksa dan menentukan penyebab kontaminasi.
(menalar)
Mengevaluasi
·
Siswa mengontrol hasil penerapan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
·
Siswa
menyajikan laporan pelaksanaan pelaksanaan pengontrolan kontaminasi berkala
pada kelompok siswa yang lain dan meberikan tanggapan terhadap pertanyaan
dari kelompok lain
·
Siswa
menerima masukan pelaksanaanpengendalian
kontaminasi di bengkel
(mengkomunikasikan)
|
2 x 175
menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing Siswa
untuk membuat kesimpulan menyimpulkan
materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2.
Guru memberikan kuis
lisan kepada Siswa tentang penerapan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
3.
Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan
denganpenerapan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
4.
Guru meminta Siswa
melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6.
Guru menutup
pelajaran dengan berdoa bersama
|
1. Siswa
dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang penerapan
prinsip-prinsip pengendalian
kontaminasi
2. Siswa
berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3. Siswa
menyimak tugas dari guru
4. Siswa
memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada Siswa.
5. Siswa
menyimak penyampaian
guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari
dari rumah.
6. Siswa
berdoa bersama.
|
2 x 15
menit
|
H.
Penilaian Pembelajaran, Remedial danPengayaan
1. InstrumendanTeknikPenilaian
a. TeknikPenilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
Tertulis
|
Saat
pembelajaran
|
2.
|
Ketrampilan
|
Penugasan
|
Saat
pembelajaran/ Setelah pembelajaran
|
3.
|
Sikap
|
Penilaian diri/
Observasi
|
Saat
pembelajaran/ Setelah pembelajaran
|
b. InstrumenPenilaian
1)
Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes
tertulis
1.
Jelaskan pada yang dimaksud
pengendalian kontaminasi
2.
Apakah fungsi dari pengendalian
kontaminasi ?
3.
Jelaskan efek dari kontaminasi !
4.
Sebutkan jenis-jenis kontaminasi
5.
Jelaskan prinsip pengendalian
kontaminasi udara !
|
KUNCI JAWABAN DAN RUBRIK PENILAIAN
4. Efek kontaminasi
A. Kontaminasi menimbulkan risiko yang signifikan
untuk proses teknis, eksperimen atau kegiatan produksi, serta individu yang
terlibat. Proliferasi terjaga dari kontaminasi dengan cepat dapat menyebabkan
kerusakan produk, penurunan hasil, penarikan kembali produk dan hasil lainnya yang sangat merugikan bisnis.
Produk dalam berbagai industri yang ingat karena sistem kontrol kontaminasi
tidak efektif.
5. Jenis-jenis pengendalian
pencemaran
Gerakan
tubuh menyebabkan kontaminasi, dan pakaian pelindung seperti topi, pakaian Cleanroom
dan masker
wajah merupakan item sesuai dasar
pengendalian pencemaran. Selain dari orang-orang, cara lain yang umum untuk
kontaminasi masuk adalah pada roda troli yang digunakan untuk mengangkut
peralatan.
|
Untuk
mencegah kontaminasi udara, efisiensi tinggi partikulat udara ( HEPA
) filter, airlocks dan pakaian Cleanroom digunakan. Sistem filtrasi HEPA yang
digunakan di sektor medis menggabungkan unit ultraviolet tinggi energi cahaya
untuk membunuh bakteri dan virus hidup terperangkap oleh media filter.
Langkah-langkah membatasi jumlah partikulat di atmosfer dan menghambat
pertumbuhan mereka yang layak.
Pengolahan Nilai
|
|||
NO
|
IPK
|
Skor Penilaian 1
|
Nilai
|
1
|
1
|
20
|
Nilai perolehan KD pegetahuan : 100
|
2
|
1
|
20
|
|
3
|
1
|
20
|
|
4
|
1
|
20
|
|
5
|
1
|
20
|
|
Jumlah
|
100
|
Instrumen
Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi
Dasar Otomotif
KD 4.3
Menerapkan
prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
IPK
|
Kategori
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
4.3.1
Melakukan pengendalian
kontaminasi sesuai SOP
|
Tidak dapat melakukan pengendalian kontaminasi
sesuai SOP ketika praktek di bengkel
|
Terdapat kesalahan >1 melakukan pengendalian kontaminasi
sesuai SOP ketika praktek di bengkel
|
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan pengendalian kontaminasi
sesuai SOP ketika praktek di bengkel
|
Tepat dalam melakukan pengendalian kontaminasi
sesuai SOP ketika praktek di bengkel
|
4.3.2 Mengontrol hasil penerapan prinsip-prinsip pengendalian
kontaminasi
|
Tidak dapat mengontrol hasil penerapan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
ketika praktek di bengkel
|
Terdapat kesalahan >1 dalam melakukan
pengontrolan hasil penerapan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
ketika praktek di bengkel
|
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan pengontrolan
hasil penerapan prinsip-prinsip
pengendalian kontaminasi ketika praktek di
bengkel
|
Tepat dalam dalam melakukan pengontrolan hasil penerapan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
ketika praktek di bengkel
|
2. Analisis
Hasil Penilaian
§ Analisis hasil penilaian diadakan setelah
diadakan tesformatif
§ Hasil
analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan
3. Pembelajaran
Remedial danPengayaan
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§
Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran
remedial.
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.
I.
Media,
Alat, Bahan, danSumberBelajar
1. Media
: Slide power point, gambar, video
2. Alat : LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3. Bahan : Alat Peraga
4. Sumber
Belajar :
____. 2014. Buku Panduan Pengawasan dan Kumpulan
Peraturan Pengendalian Pencemaran Lingkungan, diakses pada tanggal 20 Juli
2017 dari http://www.bplhdjabar.go.id/index.php/layanan/dokumen/kegiatan/proper/2-buku-panduan-pengawasan-dan-kumpulan-peraturan-pengendalian-pencemaran-lingkungan/file
Yulia. 2008. Strategi Pengendalian
Pencemaran Lingkungan, diakses dari
https://wyuliandari.wordpress.com/2008/09/25/strategi-pengendalian-pencemaran-lingkungan/
Balingasal, 18 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
.............................. ..................................................
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan