PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sistem Hidrolik sebetulnya sudah banyak dikenal di masyarakat dan tidak
sedikit kita menemukan alat tersebut. Sistem Hidrolik mempunyai fungsi
yang sangat berperan penting bagi masyarakat terutama bagi mereka yang
memiliki kendaraan berat, karena apabila mereka menggunakan Sistem
Hidrolik akan terasa mudah dalam melakukan pekerjaannya. Selain itu juga
sistem hidrolik banyak digunakan di tempat-tempat pencucian mobil yaitu
untuk mengangkat beban yang berat.
Maka dari itu kami selaku penulis merasa termotivasi untuk membahas materi itu, selain itu juga sebagai tugas kelompok kami.
B. TUJUAN
Tujuan
kami menyusun makalah ini yaitu supaya kami mengetahui pengertian
Sistem Hidrolik, Manfaat Sistem Hidrolik dan macam-macam Sistem
Hidrolik.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN HIDROLIK
Kata
hidrolik berasal dari bahasa Inggris hydraulic yang berarti cairan atau
minyak. Prinsip dari peralatan hidrolik memanfaatkan konsep tekanan,
yaitu tekanan yang diberikan pada salah satu silinder akan diteruskan ke
silinder yang lain., sesuai dengan hukum Pascal.
Peralatan
hidrolik untuk memperbaiki bodi kendaraan memiliki ukuran yang sangat
bervariasi, dari peralatan yang hanya memiliki kekuatan sekitar 1 ton,
sampai dengan 50 ton. Jenis yang digunakan disesuaikan dengan kerusakan
yang terjadi. Jenisnya juga beragam dan beberapa alat dapat saling
dikombinasikan.
Untuk
mendapatkan hasil yang maksimal, maka perlu diperhaikan prosedur
perbaikan dengan alat hidrolik. Dalam penggunaan berbagai peralatan
hidrolik, biasanya kita sering menggunakan oli sebagai perantara untuk
menyalurkan tekanan. Jadi, perbaikan bodi kendaraan memanfaatkan oli
untuk membantu pekerjaan kita. Konsep dari hidrolik banyak digunakan
pada pemakaian sistem rem kendaraan, dongkrak kendaraan, alat pengangkat
mobil ketika dicuci, juga pada berbagai alat berat seperti back hoe,
excavator dan lain sebagainya.
Dalam
perbaikan bodi kendaraan, baik kerusakan ringan maupun kerusakan berat,
sering diperlukan peralatan hidrolik untuk memperbaiki kerusakan
tersebut. Peralatan hidrolik yang sering digunakan adalah alat
pengangkat mobil (car lift), dongkrak lantai, ram atau dongkrak tenaga
serta alat-alat penarik dan penekan.
a. Prinsip Kerja
Prinsip
kerja yang digunakan adalah Hukum Pascal, yaitu : benda cair yang ada
di ruang tertutup apabila diberi tekanan, maka tekanan tersebut akan
dilanjutnya ke segala arah dengan sama besar.
Sistem
hidrolik adalah teknologi yang memenfaatkan zat cair, biasanya oli,
untuk melakukan suatu gerakan segaris atau putaran. Sistem ini bekerja
berdasarkan prinsip jika suatu zat cair dikenakan tekanan, maka tekanan
itu akan merambat kesegala arah dengan tidak bertambah atau berkurang
kekuatannya. Prinsip dalam rangkaian hidrolik adalah menggunakan fluida
kerja berupa zat cair yang dipindahkan dengan pompa hidrolik untuk
menjalankan suatu sistem tertentu.
Dalam
sistem hidrolik fluida cair berfungsi sebagai penerus gaya. Minyak
mineral adalah jenis fluida cair yang umum dipakai. Pada prinsipnya
mekanika fluida dibagi menjadi 2 bagian yaitu.
1. Hidrostatik
Yaitu
mekanika fluida dalam keadaan diam disebut juga teori persamaan kondisi
dalam fluida diam. Energi yang dipindahkan dari satu bagian ke bagian
lain dalam bentuk energi tekanan. Contohnya adalah pesawat tenaga
hidrolik.
2. Hidrodinamik
Yaitu
mekanika fluida yang bergerak, disebut juga teori aliran fluida yang
mengalir. Dalam hal ini kecepatan aliran fluida cair yang berperan
memindahkan energi. Contohnya Energi pembangkit listrik tenaga turbin
air pada jaringan tenaga hidro elektrik. Jadi perbedaan yang menonjol
dari kedua sistem diatas adalah keadaan fluida itu sendiri.
Prinsip
dasar dari hidrolik adalah sifat fluida cair yang sangat sederhana dan
sifat zat cair tidak mempunyai bentuk tetap, tetapi selalu menyesuaikan
bentuk yang ditempatinya. Karena sifat cairan yang selalu menyesuaikan
bentuk yang ditempatinya, sehingga akan mengalir ke berbagai arah dan
dapat melewati dalam berbagai ukuran dan bentuk, sehingga fluida cair
tersebut dapat mentranferkan tenaga dan gaya. Dengan kata lain sistem
hidrolik adalah sistem pemindahan dan pengontrolan gaya dan gerakan
dengan fluida cair dalam hal ini oli. Fluida yang digunakan dalam sistem
hidrolik adalah oli.
Syarat-syarat
cairan hidrolik yang digunakan harus memiliki kekentalan (viskositas)
yang cukup, memiliki indek viskositas yang baik, tahan api, tidak
berbusa, tahan dingin, tahan korosi dan tahan aus, minimla
konpressibility.
B. MANFAAT /KELEBIHAN SISTEM HIDROLIK
Bertahun-tahun
lalu manusia telah menemukan kekuatan dari perpindahan air, meskipun
mereka tidak mengetahui hal tersebut merupakan prinsip hidrolik. Sejak
pertama digunakan prinsip ini, mereka terus menerus mengaplikasikan
prinsip ini untuk banyak hal untuk kemajuan dan kemudahan umat manusia.
Hidrolik
adalah ilmu pergerakan fluida, tidak terbatas hanya pada fluida air.
Jarang dalam keseharian kita tidak menggunakan prinsip hidrolik, tiap
kali kita minum air, tiap kali kita menginjak rem kita mengaplikasikan
prinsip hidrolik.
Keuntungan Sistem Hidrolik
Sistem
hidrolik banyak memiliki keuntungan. Sebagai sumber kekuatan untuk
banyak variasi pengoperasian. Keuntungan sistem hidrolik antara lain:
a. Ringan
b. Mudah dalam pemasangan
c. Sedikit perawatan
d. Sistem hidrolik hampir 100 % efisien, bukan berarti mengabaikan terjadinya gesekan fluida.
e. Tenaga yang dihasilkan sistem hidrolik besar sehingga banyak diaplikasikan pada alat berat seperti crane, kerek hidrolik dll.
f. Oli juga bersifat sebagai pelumas sehingga tingkat kebocoran lebih jarang dibandingkan dengan sistem pneumatik.
g. Tidak berisik.
Keuntungan Mekanik
Dapat
kita lihat ilustrasi dari keuntungan mekanik, ketika gaya 50 lbs
dihasilkan oleh piston dengan luas permukaan 2 in2, tekanan fluida dapat
menjadi 25 psi . dengan tekanan 25 psi pada luas permukaan 10 in2 dapat
dihasilkan gaya sebesar 250 lbs.
C. MACAM-MACAM SISTEM HIDROLIK
Pompa
hidrolik berfungsi mengisap fluida oli hydrolik yang akan
disirkulasikan dalam sistim hydrolik. Macam-macam pompa hidrolik
diantaranya sebagai berikut :
1. Pompa Sirip Burung
Pompa
ini bergerak terdiri dari dari banyak sirip yang dapat flexible
bergerak di dalam rumah pompanya. Bila volume pada ruang pompa membesar,
maka akan mengalami penurunan tekanan, oli hydrolik akan terhisap
masuk, kemudian diteruskan ke ruang kompressi. Oli yang bertekanan akan
dialirkan ke sistim hydrolik.
2. Pompa Torak Aksial
Pompa
hydrolik ini akan mengisap oli melalui pengisapan yang dilakukan oleh
piston yang digerakkan oleh poros rotasi. Gerak putar dari poros pompa
diubah menjadi gerakan torak translasi, kemudian terjadi langkah hisap
dan kompressi secara bergantian. Sehingga aliran oli hydrolik menjadi
kontinyu.
3. Pompa Torak Radial
Pompa
ini berupa piston-piston yang dipasang secara radial, bila rotor
berputar secara eksentrik, maka piston2 pada stator akan mengisap dan
mengkompressi secara bergantian. Gerakan torak ini akan berlangsung
terus menerus, sehingga menghasilkan alira oli / fluida yang kontinyu.
4. Pompa Sekrup
Pompa
ini memiliki dua rotor yang saling berpasangan atau bertautan (engage),
yang satu mempunyai bentuk cekung, sedangkan lainnya berbentuk cembung,
sehingga dapat memindahkan fluida oli secara aksial ke sisi lainnya.
Kedua rotor itu identik dengan sepasang roda gigi helix yang saling
bertautan.
Ditinjau
dari segi konstruksinya, alat pengangkat kendaraan cukup banyak
jenisnya, termasuk yang digunakan untuk alat berat. Tetapi yang akan
dijelaskan disini adalah alat-alat angkat kendaraan penumpang atau
kendaraan ringan.
Macam-macam alat angkat yang banyak digunakan adalah:
1. Dongkrak
Dongkrak adalah alat untuk menaikkan kendaraan guna mempermudah pekerjaan reparasi dibagian bawah kendaraan
Jenis – jenis dongkrak :
a. Crocodile
jack / dongkrak buaya paling banyak digunakan dibengkel-bengkel maupun
digarasi kendaraan, sekarang ada yang ukuran kecil sehingga dapat dibawa
di mobil. Keuntungan pemakaian crocodile jack dibandingkan yang lainnya
adalah lebih mudah digunakan karena gampang menggesernya kearah posisi
yang diinginkan, disamping itu waktu yang dibutuhkan untuk mengangkat
kendaraan lebih cepat dan aman Didalam rumah yang dibuat dari baja tuang
dapat berjalan dan berputar diatas empat roda, terdapat sebuah pompa
minyak yang toraknya digerakkan oleh tuas panjang. Tuas tersebut dapat
juga dipakai untuk mendorong atau menarik dongkrak.Perbandingan
lengan-lengan batang pengangkat kira-kira 20 : 1
b. Bottle
jack / dongkrak botol, dongkrak ini disebut bottle jack karena
bentuknya seperti botol. Fungsi bottle jack sama seperti crocodile jack,
yaitu untuk mengangkat kendaraan pada ketinggian tertentu untuk dapat
melakukan perbaikan pada bagian bawah kendaraan. Perbedaannya adalah
penggunaan bottle jack dapat dimasukkan kedalam kendaraan sebagai
perlengkapan utama kendaraan yang mutlak dibutuhkan untuk mengganti roda
(ban) sewaktu ban kempes/ bocor.Untuk mendongkrak sebuah kendaraan,
dongkrak harus diletakkan tegak lurus pada torak pengangkatnya supaya
jangan sampai bengkok.
Cara Menggunakan Dongkrak
1. Letakkan
ganjalan pada ban-ban belakang apabila bagian depan kendaraan yang
diangkat. Sebaliknya, letakkan ganjalan pada ban-ban depan apabila
bagian belakang kendaraan yang diangkat.
2. Dongkrak ditempatkan ditempat yang telah ditentukan.
3. Sebelum
dongkrak mulai mengangkat, periksalah sekali lagi apakah tempat
pengangkatan kendaraan tepat berada ditengah-tengah sadel dongkrak.
Sebab bila tidak, dongkrak dapat slip sewaktu mengangkat kendaraan.
4. Sebelum
mengangkat dan menurunkan kendaraan, periksalah bahwa tidak ada orang
atau sesuatu disekitarnya, apabila lagi dibawah kendaraan. Jangan
sekali-kali bekerja dibawah kendaraan yang hanya ditopang dengan
dongkrak saja. Topanglah kendaraan tersebut dengan stand (penopang)
c. Car Lift
Car
lift merupakan alat pengangkat kendaraan yang memberikan keleluasan
yang lebih besar kepada mekanik bengkel untuk bergerak secara leluasa
dibawah kendaraan dalam memperbaiki hampir seluruh komponen yang ada di
bawah kendaraan, karena mekanik dapat berdiri dan berjalan di bawah
kendaraan sehingga perbaikan lebih mudah dilakukan.
a. Macam-macam car lift, Car lift dibedakan menurut alat penggeraknya, yaitu :
- Penggerak mekanik (poros berulir)
- Penggerak hidrolik, dan
- Penggerak pneumatik.
d. Safety Stand
Safety
stand adalah merupakan alat penopang dan pengaman kendaraan yang sudah
diangkat dengan dongkrak. Khususnya dibengkael dan garasi, safety stand
mutlak dibutuhkan karena dongkrak atau jack tidak dapat menjamin
keamanan terhadap terjadinya slip antara dongkrak dengan titik tumpu
pada kendaraan, terutama jika Cranes digunakan khusus untuk mengangkat
engine dan transmisi yang akan diperbaiki dan sekaligus untuk
memasangkannya setelah perbaikan. Untuk itu, cranes dilengkapi dengan
roda agar bisa memindahkan engine ke tempat perbaikan.
Cara menggunakan cranes
a. Tempatkan cranes pada posisi aman untuk mengangkat engine atau transmisi
b. Jika perlu siapkan rantai sebagai kelengkapan dari pada cranes
c. Ikatkan rantai pada lengan pangangkat cranes
d. Tekan batang pengungkit berulang-ulang hingga engine atau transmisi terangkat melalui rantai
e. Setelah
terangkat hingga ketinggian yang diharapkan, dorong cranes keluar Untuk
menurunkan engine atau transmisi, bukalah katup oli secara
perlahan-lahan
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kata
hidrolik berasal dari bahasa Inggris hydraulic yang berarti cairan atau
minyak. Prinsip dari peralatan hidrolik memanfaatkan konsep tekanan,
yaitu tekanan yang diberikan pada salah satu silinder akan diteruskan ke
silinder yang lain., sesuai dengan hukum Pascal.
Sistem
hidrolik banyak memiliki keuntungan. Sebagai sumber kekuatan untuk
banyak variasi pengoperasian. Keuntungan sistem hidrolik antara lain:
a. Ringan
b. Mudah dalam pemasangan
c. Sedikit perawatan
d. Sistem hidrolik hampir 100 % efisien, bukan berarti mengabaikan terjadinya gesekan fluida.
e. Tenaga yang dihasilkan sistem hidrolik besar sehingga banyak diaplikasikan pada alat berat seperti crane, kerek hidrolik dll.
f. Oli juga bersifat sebagai pelumas sehingga tingkat kebocoran lebih jarang dibandingkan dengan sistem pneumatik.
g. Tidak berisik.
B. SARAN
Saran yang penulis dapat sampaikan yaitu selaku pembaca sebaiknya mempelajari lebih jauh lagi tentang sistem hidrolik ini.
DAFTAR PUSTAKA
http://ryatblog.blogspot.com/2013/01/sistem-hidrolik_24.html
http://infobursa-otomotif.blogspot.com/2011/08/macam-macam-pompa-hidrolik.html
http://kelompok-d.blogspot.com/2013/02/macam-macam-katup-pada-sistim-hidrolik.html
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan