Yamaha baru saja menarik selubung bukan hanya satu tapi dua all-new YZF-R1 dan hanya ada satu yang bisa diucapkan, "Wow!"
Sudah enam tahun lamanya, R1 dengan teknologi mesin Crossplane memulai debutnya, tapi bahkan sekilas pandang di lembar spec model baru ini membuktikan orang-orang garpu tala belum ingin mengembangkannya lebih jauh. Sebaliknya mereka telah bekerja keras untuk mengadaptasi teknologi yang tepat dari YZR-M1 milik Rossi dan Lorenzo ke platform R1 generasi mendatang.
Sudah enam tahun lamanya, R1 dengan teknologi mesin Crossplane memulai debutnya, tapi bahkan sekilas pandang di lembar spec model baru ini membuktikan orang-orang garpu tala belum ingin mengembangkannya lebih jauh. Sebaliknya mereka telah bekerja keras untuk mengadaptasi teknologi yang tepat dari YZR-M1 milik Rossi dan Lorenzo ke platform R1 generasi mendatang.
Pertama-tama, R1 baru
terlihat seperti mirip sekali dengan YZR-M1, dengan central ram-air duct
dan lampu LED "tersembunyi" di bawah fairing untuk bentuk motor balap
yang sangat unik.
Di bawah bodywork baru ini adalah versi terbaru dari mesin CP4 Crossplane 4 silinder inline dengan stroke crankshaft lebih pendek, kompresi lebih tinggi, 13.0:1, klep lebih besar, fraction-split titanium connecting rod pertama pada motor produksi, piston forged yang lebih ringan, rocker-arm valve train baru, dan banyak perubahan detail yang lain untuk menghasilkan output yang diklaim lebih dari 190 Hp.
Yang lebih mengesankan
adalah paket elektronik terbaru, yang sekarang adalah salah satu yang
paling komprehensif dan canggih di ruang lingkup sportbike. Menjanjikan
"total 3D controllability," sistem baru yang dikendalikan oleh six-axis
Inertial Measurement Unit (IMU) yang terdiri dari 3 sensor gyro untuk
memantau pitch, roll, dan yaw, bersama dengan tiga accelerometer
terpisah yang mengukur akselerasi kedepan/belakang, kiri/kanan, dan
atas/bawah.
Tapi tunggu! Itu belum
semua. Selain base model YZF-R1, Yamaha juga akan menawarkan sejumlah
(500 unit di Amerika) YZF-R1M ekstra-eksotis yang menawarkan semua hal
di atas ditambah suspensi elektronik semi-aktif Ohlins, body carbon
fiber, tangki bahan bakar aluminium, dan Communication Control Unit
(CCU) GPS-enabled yang memungkinkan kemampuan data logging komprehensif
dan jumlah rider customization dari berbagai sistem Yamaha Ride Control
yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pengaturan melalui koneksi
nirkabel dan aplikasi Android pada ponsel atau tablet. Ini adalah
teknologi MotoGP sejati untuk Anda hanya dengan 21.990 US Dollar.
(motorcyclistonline 4/11/2014)
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan