Kasus pencurian kendaraan bermotor semakin meningkat akhir-akhir ini. Untuk menghindari hal itu terjadi pada mobil Anda, mari WASPADA. Berikut beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah pencurian terhadap kendaraan Anda:

Waktu memarkir kendaraan, pilihlah  tempat parkir yang ramai oleh lalu lalang orang dan mobil. Amankan barang-barang berharga di mobil Anda di tempat yang tersembunyi. Jangan taruh benda berharga, uang, laptop atau tas Anda di tempat yang mudah terlihat. Hal ini akan menarik perhatian dan memberi kesempatan orang untuk berbuat jahat.

Selalu tutup rapat jendela dan mengunci pintu kendaraan Anda apabila sedang diparkir di tempat umum maupun di rumah dan saat berhenti di lampu merah

Pasang GPS tracking pada kendaraan sehingga posisi kendaraan Anda mudah dipantau
Anda dapat menambahkan gembok pengaman seperti kunci setir, ketika kendaraan sedang diparkir atau tidak dikendarai.

Di dalam kendaraan, jangan bukakan jendela atau pintu kepada orang yang tidak Anda kenal
Ambil dan simpan karcis parkir di tempat yang mudah Anda bawa. Jangan tinggalkan karcis parkir di dalam kendaraan, karena hal ini akan memudahkan pencuri membawa keluar kendaraan Anda dari lokasi parkir kendaraan

Beberapa modus pencurian yang harus anda waspadai:

Modus Ban Kempes
Pelaku pura-pura memberitahu ban mobil yang digunakan oleh kendaraan Anda kempes. Ketika Anda lengah, pelaku langsung melarikan mobil Anda atau mencuri barang-barang di dalam mobil.

Modus Menempel Kertas di Kaca Belakang Mobil
Pelaku menempel kertas di kaca belakang mobil Anda. Ketika Anda turun sebentar untuk mengambil kertas tersebut, pelaku langsung melarikan mobil Anda atau mencuri barang-barang di dalam mobil.

Tips menghindari pencurian dengan modus tersebut:

Jangan langsung percaya dan memberhentikan mobil jika ada pengendara motor atau kendaraan lain memberitahu ban mobil Anda kempes.

Abaikan bila ada kertas menempel di kaca belakang mobil sewaktu mobil Anda diparkir.
Tetap waspada dan jalan terus sekalipun pengendara motor mengetuk kaca mobil Anda berkali-kali.
Cari tempat yang ramai untuk memberhentikan kendaraan guna memeriksa kaca belakang dan ban mobil Anda. Usahakan untuk mengganti ban mobil, jika diperlukan, di kantor polisi atau bengkel terdekat.

Saat turun dari kendaraan dan akan memeriksa ban mobil, kunci semua pintu kendaraan. Saat turun dari mobil, taruh barang-barang berharga ditempat yang tidak terjangkau dari luar. Hal ini untuk mencegah jika pelaku nekat memecahkan kaca mobil untuk mengambil barang yang tidak terjangkau dari luar.