Contact Us

Name

Email *

Message *

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 9-10

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 9-10



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                               Sekolah                            : SMK Ash-shiddiqiyah Balingasal
                               Program Keahlian            : Teknik Kendaraan Ringan
                               Mata Pelajaran                 : TeknologiDasar Otomotif
                               Kelas/Semester                : X/ I
                               Pertemuan Ke-                 : 9 - 10                        
Alokasi Waktu                        : 2 Pertemuan (2 x(6x@ 45 menit))

A.  KompetensiInti
     KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

B.  KompetensiDasar
KD pada KI pengetahuan
3.5 Memahami klasifikasi engine
KD pada KI keterampilan
4.5 Mengidentifikasi model-model engine

C.  IndikatorPencapaianKompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan
3.5.1 Menjelaskan cara kerja engine
3.5.2 Menampilkan klasifikasi engine


Indikator KD pada KI keterampilan
4.5.1 Mengkonsepkan klasifikasi engine
4.5.2 Membeda - bedakan klasifikasi engine

D.  TujuanPembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.5.1 Menjelaskan cara kerja engine sesuai informasi secara jelas dan tepat
3.5.2 Menampilkan klasifikasi engine sesuai informasi dengan benarBerdasarkan Indikator
PencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.5.1 Mengkonsepkan klasifikasi engine sesuai klasifikasinya dengan tepat
4.5.2   Membeda - bedakan klasifikasi engine secara langsung dan visual dengan tepat

E.  MateriPembelajaran
A.  Komponen komponen cara kerja  engine 2 dan 4 langkah
B.  Prosedur dan teknik cara kerja  engine 2 dan 4 langkah

F.   Pendekatan, Model danMetode
1.    Pendekatan pembelajaran          : Scientific Learning
2.    Model pembelajaran                  : Discovery Based Learning
3.    Metode Pembelajaran                : tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.
G. KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Guru
Deskripsi KegiatanSiswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru memberikan apersepsi dan motivasi
4. Guru menyampaikan KD , tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan
5. Guru menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
1.     Siswa menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.     Siswa mengacungkan tangan ketika dilakukan presensi
3.     Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.     Siswa mendengarkan penjelasan guru
5.     Siswa memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
2 x 15 menit
Inti
Pemberian stimulus
· Guru menyajikan materi tentang klasifikasi engine melalui tayangan slide powerpoint, dan alat peraga.


Identifikasi Masalah
·      Guru membentuk kelompok kerja yang terdiri dari 4 – 5 siswa dalam satu kelompok
·      Guru mengkondisikan situasi belajar untuk mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang klasifikasi engine beserta komponennya

Pengumpulan data
Guru memberi kesempatan kepada Siswa untuk menggali informasi












Pembuktian
Guru memberikan tugas untuk membeda-bedakan klasifikasi engine





Menarik kesimpulan
§  Guru meminta Siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
§  Guru memberikan kesempatan Siswa lain untuk saling menanggapi hasil presentasi
§  Guru memfasilitasi Siswa untuk berdiskusi menyimpulkan hasil  klasifikasi engine

Pemberian stimulus
· Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
Siswa membaca buku berkaitan dengan klasifikasi engine(mengamati)

Identifikasi Masalah
·    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya, menjawab pertanyaan atau memberikan tanggapan (menanya)
·    Siswa berdiskus i tentang jenis-jenis mesin konversi energi beserta komponennya(mengumpulkan data)

Pengumpulan data
Siswa diajak menggali informasi dari buku, internet atau mengamati slide tentang proses konversi energi, siswa diminta untuk mengumpulkan data (yang dipertanyakan) untuk menjawab pertanyaan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang prosedur proses konversi energi
(mengumpulkan informasi)

Pembuktian
·   Siswa membedakan klasifikasi engine, untuk didiskusikan bersama kelompoknya (menalar)
·   Siswa dalam bimbingan guru melalui diskusi, berbagi dan saling bertukar pendapat 

Menarik kesimpulan
·      Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang Mengkonsepkan klasifikasi engine
·      Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang klasifikasi engine dan membeda - bedakan klasifikasi engine(mengkomunikasikan)
2 x 175 menit
Penutup
1. Guru membimbing Siswa untuk membuat kesimpulan menyimpulkan  materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2. Guru memberikan kuis lisan kepada Siswa tentang materi klasifikasi engine
3. Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan klasifikasi engine
4. Guru meminta Siswa melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6. Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama
1.     Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang materi pembelajaran tentang proses kerja mesin konversi energi
2.     Siswa berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3.     Siswa menyimak tugas dari guru
4.     Siswa memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada Siswa.
5.     Siswa menyimak penyampaian guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari dari rumah.
6.     Siswa berdoa bersama.

2 x 15 menit


H.  PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1.    InstrumendanTeknikPenilaian
a.     TeknikPenilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Ketrampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.

Sikap
Penilaian diri/ Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.    InstrumenPenilaian
1)        Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
1.        Jelaskan cara kerja engine diesel !
2.        Apa perbedaan mesin bensin dan mesin diesel?
3.        Sebutkan tipe motor bensin !
4.        Apakah yang anda ketahui tentang internal combustion engine? Sebutkan contohnya!
5.        Apakah yang anda ketahui tentang eksternal combustion engine? Sebutkan contohnya!



Kunci jawaban soal :
1.    Mesin diesel adalah motor pembakaran dalam yang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar.
2.    Mesin diesel ( juga dikenal sebagai mesin kompresi / Compression) menggunakan panas kompresi untuk memulai pengapian dan membakar bahan bakar yang telah disuntikkan ke dalam ruang pembakaran. Ini berbeda dengan mesin busi seperti mesin bensin  atau mesin gas, yang menggunakan busi untuk menyalakan campuran udara-bahan bakar.
3.    Motor bensin terdapat 2 tipe yaitu 2 langkah dan 4 langkah
4.    Internal combustion engine adalah sebuah mesin yang proses pembakaran bahan bakarnya terjadi didalam mesin itu sendiri contoh :   
a. mesin sepeda motor
b. mesin mobil                         
c. mesin turbin gas
5.      Eksternal combustion engine, adalah sebuah mesin yang proses pembakaran bahan bakarnya terjadi di luar mesin contoh :  mesin ketel uap

 Pengolahan Nilai
No Soal
IPK
Skor Penilaian 1
Nilai
1.

1

10
Nilai perolehan KD pegetahuan :
NILAI = Jumlah soal benar x 10
5

2.
1
10
3.
1
10
4.
1
10
5.
1
10
Jumlah
50







Instrumen Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi Dasar Otomotif

KD 4.5 Mengidentifikasi model-model engine

IPK
Kategori
1
2
3
4
4.5.1 Mengkonsepkan klasifikasi engine

Tidak dapat membuat konsep klasifikasi engine secara rinci berdasarkan kriterianya

Terdapat kesalahan >1 membuat konsep klasifikasi engine secara rinci berdasarkan kriterianya
Terdapat 1 kesalahan dalam membuat konsep klasifikasi engine secara rinci berdasarkan kriterianya

Tepat dalam membuat konsep klasifikasi engine secara rinci berdasarkan kriterianya


4.5.2 Membeda - bedakan klasifikasi engine
Tidak dapat membeda - bedakan klasifikasi engine secara visual melalui pengamatan
Terdapat kesalahan >1 dalam membeda - bedakan klasifikasi engine secara visual melalui pengamatan
Terdapat 1 kesalahan dalam membeda - bedakan klasifikasi engine secara visual melalui pengamatan
Tepat dalam dalam membeda - bedakan klasifikasi engine secara visual melalui pengamatan





2.    AnalisisHasilPenilaian
§  Analisishasilpenilaiandiadakansetelahdiadakantesformatif
§  Hasilanalisispenilaianmenentukanperlutidaknyadiadakan remedial ataupengayaan

3.    Pembelajaran Remedial danPengayaan
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§  Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.

I.     Media, Alat, Bahan, danSumberBelajar
1.      Media                  :    Slide power point, gambar, video
2.      Alat                     :    LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3.      Bahan                  :    stand engine
4.      Sumber Belajar    :   
New Step 1
Ahmad, dkk. 2015. Teknologi Dasar Otomotif. Malang: PT Latif Kitto Mahesa
____. 2011. Pemeliharaan Servis Engine dan Komponennya, diakses pada tanggal 20 Juli 2017 dari : https://66tech.wordpress.com/2011/04/21/pemeliharaanservis-engine-dan-komponen-komponennya-2/

                                                                                             Balingasal, 18 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala  Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran


................................                                                            .......................................
                                                                                              




No comments:

Post a Comment

PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan

Back To Top