RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Ash-shiddiqiyah
Balingasal
Program
Keahlian : Teknik Kendaraan
Ringan
Mata
Pelajaran :
TeknologiDasar
Otomotif
Kelas/Semester : X/ I
Pertemuan
Ke- : 7 - 8
Alokasi
Waktu :
2 Pertemuan (2 x(6x@ 45 menit))
A.
Kompetensi Inti
KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan
metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik
dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan
tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara
mandiri.
B.
Kompetensi Dasar
KD pada KI pengetahuan
3.4 Memahami proses mesin konversi
energi
KD pada KI keterampilan
4.4 Mendemontrasikan
mesin konversi energi
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD pada KI
pengetahuan
3.4.1
Menjelaskan proses kerja mesin konversi energi
3.4.2
Menguraikan proses mesin konversi energi
Indikator
KD pada KI keterampilan
4.4.1
Mendemonstrasikan proses kerja mesin konversi energi
4.4.2 Mengecek hasil demontrasi proses
kerja mesin konversi energi
D.
Tujuan Pembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.1.1 Menjelaskan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
sesuai informasi dengan tepat
3.1.2 Menguraikan prinsip-prinsip
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara detail dan
tepat
3.1.3 Mendeteksi potensi dan resiko kecelakaan kerja
di tempat kerja sesuai SOP secara teliti
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.1.1 Menunjukkan
prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
sesuai SOP dengan tepat
4.1.2 Mengontrol penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan
Kerja (K3) secara berkala sesuai SOP
E. Materi Pembelajaran
Komponen komponen mesin
konversi energi
·
Prosedur proses
mesin konversi energi
1. Teknik mesin konversi energi
F.
Pendekatan, Model dan Metode
1. Pendekatan pembelajaran :
Scientific Learning
2. Model pembelajaran : Discovery Based Learning
3. Metode Pembelajaran :
tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan Guru
|
Deskripsi KegiatanSiswa
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru
melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru
memberikan apersepsi dan motivasi
4.
Guru menyampaikan KD
, tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan
5.
Guru menyampaikan
rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
|
1. Siswa
menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.
Siswa mengacungkan
tangan ketika dilakukan presensi
3.
Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
5.
Siswa
memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
|
2 x 15
menit
|
Inti
|
Pemberian
stimulus
· Guru
menyajikan materi tentang proses mesin konversi energi
Identifikasi Masalah
·
Guru mengkondisikan
situasi belajar untuk mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang
jenis-jenis mesin konversi energi beserta
komponennya
Pengumpulan data
Guru
memberi kesempatan kepada Siswa untuk menggali informasi
Pembuktian
Guru memberikan tugas untuk mengontrol penggunaan prosedur
proses mesin konversi energi
Menarik
kesimpulan
§
Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
§
Guru memberikan kesempatan Siswa lain untuk saling menanggapi hasil presentasi
§
Guru memfasilitasi Siswa untuk berdiskusi menyimpulkan
hasil demontrasi
proses kerja mesin konversi energi
|
Pemberian
stimulus
· Siswa
melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
Siswa membaca buku berkaitan dengan
proses mesin konversi energi(mengamati)
Identifikasi Masalah
·
Siswa diberi kesempatan
untuk bertanya, menjawab pertanyaan atau memberikan tanggapan (menanya)
·
Siswa berdiskus i tentang
jenis-jenis mesin konversi energi beserta
komponennya(mengumpulkan data)
Pengumpulan data
Siswa diajak menggali informasi dari
buku, internet atau mengamati slide tentang proses konversi energi, siswa
diminta untuk mengumpulkan data (yang dipertanyakan) untuk menjawab
pertanyaan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku,
eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang prosedur proses
konversi energi
(mengumpulkan informasi)
Pembuktian
· Siswa
diberi permasalahan yang berkaitan dengan materi, untuk didiskusikan bersama
kelompoknya
· Siswa
dalam bimbingan guru melalui diskusi, berbagi dan saling bertukar
pendapat
Siswa diberi tugas untuk mendemontrasikan
proses kerja mesin konversi energi(mengamati)
Menarik
kesimpulan
· Menyampaikan
hasil konseptualisasi tentang proses mesin konversi energi.
· Siswa
mendemontrasikan proses kerja mesin
konversi energi di depan kelas
· Siswa mengecek hasil demontrasi
proses kerja mesin konversi energi(mengkomunikasikan)
|
2 x 175
menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing Siswa
untuk membuat kesimpulan menyimpulkan
materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2.
Guru memberikan kuis
lisan kepada Siswa tentang materi proses kerja mesin konversi energi
3.
Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan
dengan proses kerja mesin konversi energi
4.
Guru meminta Siswa
melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6.
Guru menutup
pelajaran dengan berdoa bersama
|
1. Siswa
dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang
materi pembelajaran tentang proses kerja mesin konversi energi
2. Siswa
berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3. Siswa
menyimak tugas dari guru
4. Siswa
memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada Siswa.
5. Siswa
menyimak penyampaian
guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari
dari rumah.
6. Siswa
berdoa bersama.
|
2 x 15
menit
|
H.
Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1. InstrumendanTeknikPenilaian
a. TeknikPenilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
Tertulis
|
Saat
pembelajaran
|
2.
|
Ketrampilan
|
Penugasan
|
Saat
pembelajaran/ Setelah pembelajaran
|
3.
|
Sikap
|
Penilaian diri/
Observasi
|
Saat
pembelajaran/ Setelah pembelajaran
|
b. InstrumenPenilaian
1)
Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes
tertulis
1. Apakah
yang dimaksud mesin konversi energi ?
2. Jelaskan
prinsip kerja dari mesin konversi energi diesel atau otto
3. Jelaskan
prinsip kerja motor listrik arus searah !
4. Uraikan
perbandingan kompresi pada mesin konversi energi diesel dan otto
Kunci
jawaban soal :
1. Mesin konversi energi adalah sebuah mesin yang bisa
digunakan untuk merubah sebuah energi menjadi energi lainnya. Contoh dari
mesin ini adalah sebuah mesin kendaraan baik diesel atau otto
2. Prinsip
kerja dari kedua mesin ini adalah dengan menggunakan tekanan gas yang
dihasilkan dari pembakaran serta udara akan menghasilkan sebuah gaya dorong
yang bisa membuat batang torak bergerak. Dari gerakan torak ini akan menghasilkan
rotasi pada poros engkol. Dalam sebuah langkah kompresi juga akan
menghasilkan gerakan pada torak.
Dalam
sebuah mesin konversi energi dalam bentuk mesin diesel atau mesin otto
membutuhkan energi panas dalam pembakarannya. Jika pembakaran tidak terjadi
tentu ini berarti terjadi masalah pada pembakarannya. Jika pada mesin otto
anda bisa mengecek busi dan cek pembakaran busi tersebut.
3. Prinsip
kerja motor listrik arus searah berdasarkan percobaan Lorents yaitu “jika
sebatang penghantar listrik yang berarus berada di dalam medan magnet maka
pada kawat penghantar tersebut akan terbentuk gaya”.
4.
Mesin konversi energi
berupa mesin otto biasanya menggunakan perbandingan kompresi 8:1 dan juga
diesel menggunakan 16 hingga 22:1. Perbandingan kompresi ini sendiri adalah
sebuah perbandingan dari volume udara yang ada dalam silinder baik sesudah
langkah kompresi atau sebelumnya. Dalam perbandingan kompresi jika semakin
tinggi maka akan semakin memudahkan sebuah mesin itu menyala.
|
|||
Pengolahan Nilai
|
|||
No Soal
|
IPK
|
Skor Penilaian 1
|
Nilai
|
1.
|
1
|
10
|
Nilai
perolehan KD pegetahuan :
NILAI = Jumlah soal benar x 10
6
|
2.
|
1
|
20
|
|
3.
|
1
|
10
|
|
4.
|
1
|
20
|
|
Jumlah
|
60
|
Instrumen
Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi
Dasar Otomotif
KD 4.4
Mendemontrasikan
mesin konversi energi
IPK
|
Kategori
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
4.4.1
Mendemonstrasikan proses kerja mesin konversi energi
|
Tidak dapat
mendemonstrasikan proses kerja mesin konversi energi di depan kelas
|
Terdapat kesalahan
>1 mendemonstrasikan proses kerja mesin konversi energi di depan kelas
|
Terdapat 1 kesalahan
dalam mendemonstrasikan proses kerja mesin konversi energi di depan kelas
|
Tepat dalam
mendemonstrasikan proses kerja mesin konversi energi di depan kelas
|
4.4.2 Mengecek hasil demontrasi proses kerja mesin konversi energi
|
Tidak dapat mengecek hasil demontrasi proses kerja
mesin konversi energi
|
Terdapat kesalahan >1 dalam mengecek hasil
demontrasi proses kerja mesin konversi energi
|
Terdapat 1 kesalahan dalam mengecek hasil
demontrasi proses kerja mesin konversi energi
|
Tepat dalam dalam mengecek hasil demontrasi proses
kerja mesin konversi energi
|
2. Analisis
Hasil Penilaian
§ Analisis hasil penilaian diadakan setelah
diadakan tesformatif
§ Hasil
analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan
3. Pembelajaran
Remedial danPengayaan
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§
Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran
remedial.
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.
I.
Media,
Alat, Bahan, danSumberBelajar
1. Media
: Slide power point, gambar, video,Mesin
Konversi Energi
2. Alat : LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3. Bahan : Jobsheet
4. Sumber
Belajar :
Asyari
Darami Yunus. 2010. Mesin Konversi Energi.
Jakarta: Universitas Darma Persada.
Sukoco,
Zaenal Arifin. 2009. Teknologi Motor Diesel
. Bandung: Alfabeta
Ahmad,
dkk. 2015. Teknologi Dasar Otomotif.
Malang: PT Latif Kitto Mahesa
Balingasal, 18 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
......................................... .........................................
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan