Contact Us

Name

Email *

Message *

Macam-macam Jenis Teks dan Pembahasannya (lengkap)

Macam-macam Jenis Teks dan Pembahasannya (lengkap)


 MODUL JENIS-JENIS TEKS

Pengertian Recount Text dan Pembahasannya

Secara harfiah, recount bermakna "menceritakan". Jadi recount text bisa diartikan sebagai "Text yang menceritakan". Jika mengacu pada keterangan di buku-buku sekolah (baca : Buku Bahasa Inggris SMP / SMA) recount text adalah a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader. (sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah untuk menghibur atau menginformasikan pembaca.)
 
 Generic structure (susunan umum) recount text ini terdiri dari:

  • Orientation tells who was involved, what happened, where the events took place, and when it happened. ("Orientation" menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
  • Events tell what happened and in what sequence. ("Event" menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
  • Reorientation consists of optional-closure of events/ending. ("Reorientation" berisi penutup cerita / akhir cerita)


My Adolescence

I had my adolescence when I was thirteen.

It started with acne that showed up on my face. It was very annoying. It lowered my self-esteem and I was embarrassed to come out of my house and play with friends.
Fortunately, my Mum gave me a good medicine. In three weeks, the acnes started to vanish although those showed some black spots in my face.

That was my bad experience with adolescence, though there were still lots of good experience too.

saya Remaja

Aku punya masa remaja saya ketika saya berusia tiga belas tahun.

Ini dimulai dengan jerawat yang muncul di wajah saya. Itu sangat menjengkelkan. Ini menurunkan harga diri saya dan saya malu untuk keluar dari rumah saya dan bermain dengan teman-teman.
Untungnya, ibuku memberi saya obat yang baik. Dalam tiga minggu, jerawat mulai menghilang meskipun mereka menunjukkan beberapa bintik-bintik hitam di wajah saya.

Itu adalah pengalaman buruk saya dengan remaja, meskipun masih ada banyak pengalaman yang baik juga.

Pengertian Narrative Text dan Pembahasannya


Narrative Text adalah satu dari 13 jenis teks bahasa inggris (genre) yang lahir dari kalangan Narration (lihat Types Of Text) sepertihalnya Recount Text dan News Items Text yang mana berfungsi untuk menceritakan kisah masa lampau dan untuk hiburan.

Tujuan Komunikatif Narrative Text

Tujuan Komunikatif Narrative Text seperti yang dijelaskan di atas adalah untuk menghibur pendengar atau pembaca tentang suatu kisah atau cerita masa lampau yang bertalian dengan pengalaman nyata, khayal atau peristiwa-peristiwa pelik yang mengarah ke suatu krisis, yang pada akhirnya menemukan suatu penyelesaian.

Generic Structure Narrative Text

Setiap jenis teks bahasa Inggris (genre) memiliki struktur teksnya sendiri-sendiri. Struktur dari Narrative Text terdiri dari tiga bagian yaitu :

1. Orientation
Pada bagian Orientation atau pengenalan berisi tentang pengenalan tokoh dalam cerita serta waktu dan tempat kejadiannya.

2. Complication
Pada bagian Complication berisi tentang gambaran munculnya krisis atau masalah yang di alami oleh tokoh pada cerita tersebut yang harus dipecahkan.
 
3. Resolution
Pada baigan Resolution berisi tentang bagaiman tokoh dari cerita tersebut memecahkan masalah yang ada pada bagian Complication.

Pada beberapa referensi tentang Narrative Text, terdapat tambahan generic structure pada Narrative Text, yaitu penambahan Coda setelah Resoultion. Jadi susunan Narrative text adalah Orientiation, Complication, Resolution dan Coda.

Coda adalah bagian terakhir dari structure Narrative Text yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut.


Ciri Kebahasan Narrative Text

Pada Narrative Text, terdapat beberapa ciri-ciri antara lain sebagai berikut :
  • Mengunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Climbed, Turned, Brought, dsb.
  • Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the king, the queen, dsb.
  • Menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya : long black hair, two red apples, dsb.
  • Menggunakan Time Connectives dan Conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : then, before, after, soon, dsb.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after, dsb.
Contoh Narrative Text

Banyak sudah contoh mengenai Narrative Text yang telah dibuat di www.belajarbahasainggris.us ini, anda bisa melihatnya di Cerita Rakyat Bahasa Inggris Se-Dunia. Tapi untuk lebih afdolnya, penulis hadirkan contoh Narrative Text sebagai berikut.

Snow White

Orientation
Once upon a time there lived a little girl named Snow White. She lived with her Aunt and Uncle because her parents were dead.

Complication 1
One day she heard her Uncle and Aunt talking about leaving Snow White in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t have enough money to take Snow White.

Resolution 1
Snow White did not want her Uncle and Aunt to do this so she decided it would be best if she ran away. The next morning she ran away from home when her Aunt and Uncle were having breakfast. She ran away into the woods.

Complication 2
Then she saw this little cottage. She knocked but no one answered so she went inside and fell asleep.

Resolution 2
Meanwhile, the seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There they found Snow White sleeping. Then Snow White woke up. She saw the dwarfs. The dwarfs said, “what is your name?” Snow White said, “My name is Snow White.”
 
Doc, one of the dwarfs, said, “If you wish, you may live here with us.” Snow White said, “Oh could I? Thank you.” Then Snow White told the dwarfs the whole story and Snow White and the 7 dwarfs lived happily ever after.

salju Putih

orientasi
Sekali waktu hiduplah seorang gadis kecil bernama Snow White. Dia tinggal bersama Bibi dan Paman karena orangtuanya sudah meninggal.

komplikasi 1
Suatu hari ia mendengar Paman dan Bibi berbicara tentang meninggalkan Snow White di benteng karena mereka berdua ingin pergi ke Amerika dan mereka tidak punya cukup uang untuk mengambil Snow White.

resolusi 1
Salju Putih tidak ingin Paman dan Bibi untuk melakukan hal ini sehingga ia memutuskan akan lebih baik jika dia lari. Keesokan harinya ia kabur dari rumah ketika Bibi dan Paman sedang sarapan. Dia melarikan diri ke hutan.

komplikasi 2
Lalu ia melihat pondok kecil ini. Dia mengetuk tapi tidak ada yang menjawab jadi dia masuk ke dalam dan jatuh tertidur.

resolusi 2
Sementara itu, tujuh kurcaci datang pulang dari kerja. Mereka masuk ke dalam. Di sana mereka menemukan Salju tidur Putih. Kemudian Putri Salju terbangun. Dia melihat kurcaci. Para kurcaci berkata, "siapa namamu?" Kata Snow White, "Nama saya Snow White."

Doc, salah satu kurcaci, mengatakan, "Jika Anda ingin, Anda dapat tinggal di sini bersama kami." Snow White mengatakan, "Oh aku bisa? Terima kasih "Lalu. Salju Putih mengatakan kepada kerdil seluruh cerita dan Snow White dan 7 kurcaci hidup bahagia selamanya.

Pengertian Descriptive Text dan Pembahasannya


Dalam artian luas, Description, seperti dijelaskan oleh Kane (2000: 352), diartikan seperti pada kalimat di bawah ini :
Description is about sensory experience—how something looks, sounds, tastes. Mostly it is about visual experience, but description also deals with other kinds of perception.
Jadi, jika disimpulkan dari penjelasan Kane di atas, tulisan deskriptif bermakna teks yang menjelaskan tentang pengalaman yang berhubungan dengan pancaindera, seperti apa bentuknya, suaranya, rasanya. Kebanyakan teks deskriptif memang tentang pengalaman visual, tapi nyatanya pengalaman selain dari indera penglihatanpun bisa digunakan dalam descriptive text.

Namun secara khusus, descriptive text adalah, "...... is a text which says what a person or a thing is like. Its purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing." [teks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah mengambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu]

Jadi, bisa dikatakan bahwa descriptive text ini adalah teks yang menjelaskan tentang seperti apakah orang atau suatu benda dideskripsikan, baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Tujuan (purpose) dari descriptive text pun jelas, yaitu untuk menjelaskan, MENGGAMBARKAN atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda.

Generic Structure dalam Descriptive Text


Ketika menulis descriptive text, ada beberapa susunan umum / generic structure (sebenarnya tidak wajib) agar tulisan kita dianggap benar. Susunan tersebut adalah :
  1. Identification : berisi tentang identifikasi hal / seorang yang akan dideskripsikan.
  2. Description : berisi tentang penjelasan / penggambaran tentang hal / seseorang dengan menyebutkan beberapa sifatnya.
Ketika kita menulis descriptive text, hal yang wajib kita ketahui adalah cara kita menyampaikan deskripsi tulisan kita tersebut. Oleh karena itu pemahaman tentang adjective (kata sifat bahasa Inggris) wajib kita kuasai.

Selain adjective, beberapa struktur bahasa Inggris yang berfungsi sebagai adjective pun harus kita pahami agar penulisan descriptive text kita terlihat tidak kaku.
Contoh Descriptive Text

Banyak sekali contoh descriptive text yang tersebar di dunia maya. Cara mudah mendapatkan contoh descriptive text dalam sebuah situs yaitu dengan melihat about us sebuah situs. Mengapa demikian, karena suatu situs biasanya terdapat penjelasan atau gambaran tentang keberadaan mereka dalam dunia maya.

Oke, mari kita lihat contoh descriptive text yang belum pernah anda baca (mungkin) :

Contoh Descriptive Text tentang Ibu

My mother is a beautiful person. She is not tall but not short, and she has curly hair and brown. Her eyes color are like honey and her color skin color light brown, and she has a beautiful smile. Her weight likes 120 lbs.


She is a very kind person. She is very lovely, friendly, patient, and she loves to help people. I love my mom, because she is a good example to me. She loves being in the Church, and she loves sing and dance too.

She is a very good child, wife and mother. She always takes care of her family. She likes her house to be clean and organized. She a very organized person, and all things in the house are in the right place. She doesn't like messes.

She always has a smile on her face. She is so sweet and lovely. I like when I am going to sleep or went I wake up or when I am going to go to some places, she always give me a kiss, and when the family have a problem she always be with us to helps us and to give us all her love.

Teks tentang ibu
Ibuku adalah orang yang indah. Dia tidak tinggi tapi tidak pendek, dan dia memiliki rambut keriting dan coklat. Mata warna nya adalah seperti madu dan warna kulitnya berwarna coklat muda, dan dia memiliki senyum yang indah. Berat badannya suka 120 lbs.


Dia adalah orang yang sangat baik. Dia sangat indah, ramah, sabar, dan dia mencintai untuk membantu orang. Aku cinta ibuku, karena dia adalah contoh yang baik bagi saya. Dia mencintai berada di Gereja, dan dia mencintai menyanyi dan menari juga.

Dia adalah anak yang sangat baik, istri dan ibu. Dia selalu mengurus keluarganya. Dia suka rumahnya menjadi bersih dan terorganisir. Dia orang yang sangat terorganisir, dan semua hal di rumah berada di tempat yang tepat. Dia tidak suka macam-macam.

Dia selalu memiliki senyum di wajahnya. Dia begitu manis dan indah. Saya suka ketika saya akan tidur atau pergi aku bangun atau ketika saya akan pergi ke beberapa tempat, dia selalu memberi saya ciuman, dan ketika keluarga memiliki masalah dia selalu bersama kita untuk membantu kita dan memberi kita semua cintanya.

PENGERTIAN PROCEDURE TEXT DAN PEMBAHASANNYA

Ada tiga definisi "umum" mengenai procedure text : (1)Texts that explain how something works or how to use instruction / operation manuals e.g. how to use the video, the computer, the tape recorder, the photocopier, the fax. (2) Texts that instruct how to do a particular activity e.g. recipes, rules for games, science experiments, road safety rules. (3) Texts that deal with human behaviour eg how to live happily, how to succeed.

Dari keterangan di atas, dapat kita garis bawahi bahwa procedure text adalah (1) Teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau teks yang menjelaskan cara menggunakan pedoman instruksi / penggunaan. contoh : cara menggunakan video, komputer, mesin fotokopi, fax dll. (2) Teks yang menunjukan cara melakukan aktifitas tertentu. contoh : resep, aturan bermain game, eksperimen ilmiah, aturan keamanan berkendara. (3) Teks yang berhubungan dengan tingkah laku manusia. contoh : cara hidup bahagian, cara sukses. dll..

The purpose procedural text is to tell the reader how to do or make something. The information is presented in a logical sequence of events which is broken up into small sequenced steps. These texts are usually written in the present tense. The most common example of a procedural text is a recipe.

Tujuan procedure text adalah memberitahu pembaca cara melakukan / membuat sesuatu. Informasi disajikan dengan urutan peristiwa yang logis. Peristiwa tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa langkah-langkah terpisah. Teks ini biasanya ditulis menggunakan present tense. Contoh paling umum procedure text adalah resep masakan.

GENERIC STRUCTURE OF PROCEDURE TEXT

Seperti halnya pengertian procedure text di atas, generic structure (susunan umum) procedure text juga ada tiga :
(1) Goal (Maksud atau tujuan)
(2) Material Needed (Materi / alat / bahan yang dibutuhkan)
(3) Methods or Steps (Metode / langkah-langkah)

Catatan : Pada procedure text yang berupa How-to ("Pokoknya berjudul how to"), kadang material needed (materi yang dibutuhkan) tidak disertakan. (aturan tidak wajib sih dan bisa diubah2 kok :)

HOW TO MAKE FRIED BANANA (Pisang Goreng)

INGREDIENTS :

1 ripe black-skinned plantain or 4 small finger banana (make sure that the banana is sweet)
1 egg
1 tsp. sugar
6 Tbs. flour
water
a pinch of salt
vegetable oil for deep frying

STEPS / INSTRUCTION :


Place flour in a deep mixing bowl. Make a well in the middle of the flour, and add egg, sugar and salt. Add water little by little. Whisk vigorously until batter is evenly smooth for coating and not too thin. If it is too thin, add more flour.
Peel plantain or banana and cut in half lengthwise and then cut again with 4-inch width. Dip into batter to coat generously.
Heat oil in a wok or deep fryer until moderately hot. Place coated plantain or banana in the wok or deep fryer and fry slowly until golden brown and crispy. This usually take approximately 10-15 minutes. Remove bananas from oil, drain on paper napkins and dry well.
Serve while still warm

NOTES :

TSP = TEASPOON = SENDOK TEH
TBS = TABLESPOON = SENDOK MAKAN

SELESAI !!!!!


Jika sobat masih belum bisa membuat procedure text sendiri, cobalah dengan hal-hal yang sobat bisa, misalnya berjudul HOW TO MAKE FACEBOOK? atau HOW TO WRITE PLAY FOOTBALL, pokoknya hobby sobat bisa menjadi inspirasi membuat contoh procedure text - how to, apapun hobi sobat, pasti sobat sangat mengerti cara melakukannya. Intinya, kembangkan terus kualitas penguasaan kosakata bahasa Inggris, oke??
Terjemah :


CARA MEMBUAT PISANG GORENG (Pisang Goreng)

BAHAN:


1 masak hitam berkulit pisang atau 4 jari kecil pisang (pastikanbahwa pisang adalah manis)
1 butir telur
1 sdt. gula
6 sdm. tepung
air
sedikit garam
minyak sayur untuk menggoreng

LANGKAH / INSTRUKSI:
Tempatkan tepung dalam mangkuk yang dalam. Buat lubang ditengah tepung, dan tambahkan telur, gula dan garam. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Kocok dengan penuh semangat sampai adonan secara merata halus untuk coating dan tidak terlalu tipis.Jika terlalu tipis, tambahkan tepung.
Kupas pisang raja atau pisang dan dipotong setengah memanjangdan kemudian dipotong lagi dengan 4-inci lebar. Celupkan ke dalam adonan untuk melapisi dengan murah hati.
Panaskan minyak dalam wajan atau penggorengan sampai cukuppanas. Tempat dilapisi pisang raja atau pisang dalam wajan ataupenggorengan dan goreng perlahan sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah. Hal ini biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit. Hapus pisang dari minyak, tiriskan pada serbet kertas dan kering juga.
Sajikan saat masih hangat

CATATAN:

TSP = SENDOK TEH = Sendok TEH
TBS = sendok makan = Sendok Makan



News Items Text adalah salah satu Jenis Teks Bahasa Inggris yang memberi informasi kepada pembaca mengenai kejadian-kejadian yang terjadi sehari-hari. Kejadian-kejadian tersebut yang disampaikan kepada pembaca adalah kejadian yang dianggap penting, hangat dan patut dijadikan berita.

Tujuan Komunikatif News Item Text

Tujuan komunikatif dari News Items Text adalah memberitakan kepada pembaca, pendengar atau penonton tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang dipandang penting atau layak diberitakan.

Generic Structure News Item Text

Pada teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat tiga bagian dalam setiap struktur kebahasaannya, yaitu:

1. Newsworthy Event
Bagian pertama dari struktur kebahasaan News Item Text yang sering disebut Main Event adalah bagian yang menceritakan atau berisi berita tentang peristiwa atau kejadian inti yang biasanya dalam bentuk ringkasan atau summary.

2. Backgroud Event
Bagian kedua dari struktur kebahasaan News Item Text atau yang sering disebut juga dengan Elaboration adalah bagian yang menceritakan atau berisi tentang latar belakang peristiwa atau kejadian, siapa yang terlibat dan di mana tempat kejadiannya.

3. Source
Bagian terakhir dari struktur kebahasaan News Item Text adalah bagian yang menceritakan atau berisi tentang komentar, saksi kejadian, pendapat para ahli, dsb. mengenai peristiwa atau kejadian yang diberitakan.


Ciri Kebahasaan News Item Text

Di setiap teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti berikut ini:
  • Informasi singkat tertuang dalam headline
  • Memfokuskan pada kejadian
  • Menggunakan action verb
  • Menggunakan material process

Growing Number of High School Student Smoking
A survey has found about 13 percent of first-time smokers in the country are junior high school students. It also revealed 89 percent of young female employees were smokers.

The survey was conducted in five major cities across the country, including Surakarta in Central Java.

Muhammad Syahril Mansyur, the Surakarta Health Agency’s respiratory illness division, said that the finding of the survey showed an alarming growth rate of Indonesian smokers. "This situation is a cause for concern,” he said. “It appears the country’s younger generation is uneducated about the health risks of smoking.”

The Indonesian anti-tobacco campaign has reportedly been deemed as ineffective as the government refuses to sign the international convention on tobacco control. It said that cigarette producers contributed to a large amount to state revenue and gave jobs to thousands of workers.

Tumbuh Banyaknya Merokok Siswa Sekolah Tinggi

Sebuah survei telah menemukan sekitar 13 persen dari pertama kali perokok di negara tersebut siswa SMP. Hal ini juga mengungkapkan 89 persen karyawan perempuan muda adalah perokok.

Survei ini dilakukan di lima kota besar di seluruh negeri, termasuk Surakarta di Jawa Tengah.

Muhammad Syahril Mansyur, divisi penyakit pernapasan Surakarta Dinas Kesehatan, mengatakan bahwa temuan dari survei menunjukkan tingkat pertumbuhan yang mengkhawatirkan dari perokok Indonesia. "Situasi ini menjadi perhatian," katanya "Tampaknya generasi muda negara itu yang tidak berpendidikan tentang risiko kesehatan dari merokok.".

The Indonesian anti-tembakau kampanye dilaporkan telah dianggap tidak efektif karena pemerintah menolak untuk menandatangani konvensi internasional tentang pengendalian tembakau. Dikatakan bahwa produsen rokok memberikan kontribusi terhadap jumlah besar untuk menyatakan pendapatan dan memberi pekerjaan kepada ribuan pekerja.

Analytical Exposition - Penjelasan & Contoh


.
Liburan kian berlalu, sebentar lagi kita kembali bersekolah seperti biasa. Dan mungkin Analytical Exposition Text adalah salah satu pelajaran pembuka “otak” kita sekarang ini. Meski sedikit menyebalkan memang, mau tidak mau kita harus mempelajari salah satu jenis teks yang satu ini demi kelancaran “sekolah kita” dan tentu peningkatan pemahaman bahasa Inggris yang kita miliki.

Bagaimanapun, Analytical Exposition merupakan bagian penting dalam pelajaran bahasa Inggris. Jika sobat ingin memahaminya, mari kita bersama-sama menelaah pelajaran ini dengan seksama, jangan lupa berdo’a semoga dengan membaca tulisan di bawah ini kita diberi pemahaman lebih, oke..

Definisi Dan Tujuan Analytical Exposition


Pengertian atau definisi analytical exposition text sebenarnya sangat mudah dipahami. Secara bahasa, “Analytical” bermakna, “examining or liking to examine things very carefully” (Cambridge). Artinya, (suka memeriksa / menguji sesuatu secara hati-hati). Sedangkan makna exposition sendiri sudah pernah saya jelaskan pada tulisan tentang hortatory exposition, yaitu “a comprehensive description” atau penjelasan secara luas.

Dengan demikian, pengertian Analytical Exposition bisa dipahami sebagai text yang mencoba memberikan penjelasan secara komprehensif tentang suatu masalah dengan menampilkan pendapat-pendapat pendukung secara hati-hati.

Sedangkan tujuan utama analytical exposition text ini adalah, “ to attempt to persuade the reader to believe something by presenting one side of the argument.” Artinya mencoba meyakinkan pembaca agar mempercayai sesuatu dengan memberikan satu sisi pendapat saja.”

Mengacu pada tujuan analytical exposition ini, hal ini tidak bermakna bahwa dalam analytical exposition berisi satu argumen saja, akan tetapi berisi berbagai argumen yang memiliki tujuan sama.

 

Generic Structure Of Analytical Exposition


Perbedaan susunan antara hortatory exposition dengan analytical exposition hanyalah pada struktur terakhirnya saja. Jika hortatory exposition diakhiri dengan recommendation,analytical expostion diakhiri dengan conclusion. Untuk lebih jelasnya mari kita simak di bawah ini:

Thesis


Seperti pada jenis teks lainnya, thesis ini berisi pandangan penulis tentang suatu masalah secara lebih sederhana.  Untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasan mengenai thesis statemen pada teks hortatory.

Series of Argument


Series of Argument berisi beberapa penjelasan lanjutan dari keterangan sederhana dalam thesis statement. Ketika menulis argument ini, diusahakan agar lebih teliti lagi karena pada bagian inilah sebuah tulisan bisa mempengaruhi pembaca. Jika perlu, sertakan pendapat menurut para ahli.

Conclusion


Conclusion sering juga disebut dengan reiteration. Pada bagian ini, kita hanya dituntut untuk menyimpulkan, atau lebih sederhananya kita mengungkapkan kembali apa yang dijelaskan pada thesis statement.

 

Contoh Analytical Expositon


Jika kita ingin mengetahui contoh analytical exposition, kita bisa menemukannya dengan mudah pada editiorial berita. Selain itu kita juga bisa lihat pada teks iklan / advertisement, pamplet, poster dll. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh teks analytical expostion pada gambar  yang diterbitkan blake education, di bawah ini :

Klik Untuk Memperbesar Gambar "Contoh Analytical ExpositionText" di atas.



The Dangerous of Using Drugs
       Everybody must pay attention of drugs. Drugs are very dangerous for us. Why it is very dangerous for us? Because its can caused harm to our body. 

        In terms of health, ­­­many organs in our body can be harm because using drug. In general, the impact of using drug are can unconscious, make us hallucinate, can harm our nerve, and cause addictive effect. Beside that, using drugs can make the users depressed, liver disease, schizophrenia, blockage of blood vessels, dehydration, optic nerve damage, brain damage, and finally it can cause DEATH! 
    
        When viewed in terms of Islamic law, drugs are forbidden. Because it is cause badness, self harm, debilitate. And Islam proscribes all that can cause badness, self harm because it is included zhalim. Also if we using drugs, it means we already do the forbidden things in Islam, it means we sin. So, in terms of Islamic law, using drugs also dangerous. 

        Furthermore, if the users of drugs are teenagers, it can endanger their future, and endanger their homeland, their country. From the data, 32 percent of drugs users in Indonesia are teenagers, so, if many teenagers –in this case Indonesia- use drugs, it can be endanger this country, harm youth generation, whereas youths are nation expectation. If the youth using drugs, our nation can be destroy! 

           So, from now on we must pay attention of drugs, because it’s very dangerous, both in terms of health, religion (Islam), nationality and state.

Yang Berbahaya Menggunakan Obat
        Semua orang harus memperhatikan obat-obatan. Obat yang sangat berbahaya bagi kita. Mengapa sangat berbahaya bagi kita? Karena kaleng yang menyebabkan kerugian bagi tubuh kita.

         Dari segi kesehatan, banyak organ dalam tubuh kita dapat membahayakan karena menggunakan narkoba. Secara umum, dampak penggunaan narkoba yang bisa sadar, membuat kita berhalusinasi, dapat membahayakan saraf kita, dan menimbulkan efek adiktif. Selain itu, menggunakan obat-obatan dapat membuat pengguna depresi, penyakit hati, skizofrenia, penyumbatan pembuluh darah, dehidrasi, kerusakan saraf optik, kerusakan otak, dan akhirnya dapat menyebabkan KEMATIAN!
   
         Bila dilihat dari segi hukum Islam, obat dilarang. Karena itu adalah penyebab kejahatan, merugikan diri, melemahkan. Dan Islam proscribes semua yang dapat menyebabkan kejahatan, merugikan diri karena termasuk zhalim. Juga jika kita menggunakan obat-obatan, itu berarti kita sudah melakukan hal yang dilarang dalam Islam, itu berarti kita berdosa. Jadi, dalam hal hukum Islam, menggunakan obat-obatan juga berbahaya.

         Selain itu, jika pengguna obat adalah remaja, hal itu bisa membahayakan masa depan mereka, dan membahayakan tanah air mereka, negara mereka. Dari data, 32 persen pengguna narkoba di Indonesia adalah remaja, jadi, jika remaja-di banyak hal ini Indonesia-penggunaan obat, dapat membahayakan negara ini, membahayakan generasi muda, sedangkan pemuda adalah harapan bangsa. Jika pemuda menggunakan narkoba, bangsa kita dapat menghancurkan!

            Jadi, mulai sekarang kita harus memperhatikan obat, karena itu sangat berbahaya, baik dari segi kesehatan, kebangsaan, agama (Islam), dan negara

PENGERTIAN HORTATORY EXPOSITION TEXT DAN PEMBAHASANNYA

Disebutkan dalam Concise Oxford Dictionary, Hortatory termasuk kata sifat (adjective) bermakna "tending or aiming to exhort" ("cenderung atau bertujuan mendorong / mendesak orang lain untuk melakukan sesuatu"). Sedangkan Exposition  bermakna "a comprehensive description and explanation of a theory" ("Penjelasan dan penjabaran sebuah teori secara komprehensif").

Jadi secara bahasa, jika disimpulkan, hortatory exposition adalah teks yang menjelaskan sebuah teori/masalah secara komprehensif dengan tujuan mendorong orang lain melakukan / tidak melakukan sesuatu.

GENERIC STRUCTURE OF HORTATORY EXPOSITION

Generic Structure, atau susunan umum hortatory exposition adalah sebagai berikut :

1.  Thesis / General Statement

Thesis / general statement berisi pernyataan pembuka mengenai topik pembahasan. Sebagai contoh kita akan membahas mengenai bahaya rokok, thesis statement yang bisa kita gunakan misalnya :

“Rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, dan impotensi”.

2.  Arguments

Arguments, ”Pendapat” berisi berbagai pembahasan lanjutan dari thesis statement secara detail. Akan lebih baik jika argument ini tidak hanya berisi pendapat pribadi penulis saja tapi juga bisa berisi pendapat para pakar. Mengacu pada contoh thesis statement tentang rokok di atas, kita bisa membuat arguments pendukung dengan lebih detail, misalnya :

Argument 1 : Saya mengira serangan jantung yang dialami direktur PT. LaptopButut, Pak “XXX”, disebabkan karena intensitas merokok lebih banyak dari pada minum air putih.(Terus kembangkan paragraf ini lebih dalam)

Argument 2 : Telah banyak dibuktikan bahwa rokok hampir menjadi sebab utama penyakit kanker. (Terus kembangkan paragraf ini)

Argument 3 : Impotensi seorang bos “XXX” di kota “XXX” disebutkan karena kebiasaanya merokok sebelum tidur. (terus kembangkan lagi paragraf ini)

3.  Recommendation.

Recommendation / suggestion berisi saran penulis tentang topik pembahasan. Jika membahas tentang bahaya rokok, sobat pasti tahu dong apa yang harus disarankan?

CONTOH HORTATORY EXPOSITION

Contoh hortatory expostion ini diambil dari buku bahasa Inggris Interlanguage yang membahas tentang "Masyarakat Indonesia harus menghargai perbedaan budaya demi Kesatuan Bangsa." Mari kita simak...



The Importance Of Reading


I personally think that reading is a very important activity in our life. Why do I say so?

Firstly, by reading we can get a lot of knowledge about many things in the world such as Science, technology, sports, arts, culture, etc written in either books, magazine, newspaper, etc.

Secondly, by reading we can get a lot of news and information about something happening in any parts of the world which can we see directly.

Another reason, reading can give us pleasure too. When we are tired, we read books, novel, comic, newspaper or magazine on the entertainment column such as comedy, short story, quiz, etc. To make us relaxed.

The last, reading can also take us to other parts of the world. By reading a book about Irian Jaya we may feel we’re really sitting in the jungles not at home in our rooms.

From the facts above, it’s obvious that everyone needs to read to get knowledge, information and also entertainment. Or in summary we can say reading is truly important in our life.


Pentingnya Membaca



Saya pribadi berpikir bahwa membaca adalah kegiatan yang sangat penting dalam hidup kita. Kenapa saya bilang begitu?

Pertama, dengan membaca kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang banyak hal di dunia seperti Ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, seni, budaya, dll ditulis dalam buku baik, majalah, koran, dll

Kedua, dengan membaca kita bisa mendapatkan banyak berita dan informasi tentang sesuatu yang terjadi di setiap bagian dari dunia yang dapat kita lihat secara langsung.

Alasan lain, membaca dapat memberikan kita kesenangan juga. Ketika kita lelah, kita membaca buku, novel, komik, koran atau majalah pada kolom hiburan seperti komedi, cerita pendek, kuis, dll Untuk membuat kita santai.

Pembacaan, lalu juga dapat membawa kita ke bagian lain dari dunia. Dengan membaca buku tentang Irian Jaya kita mungkin merasa kita benar-benar duduk di hutan tidak di rumah di kamar kami.

Dari fakta di atas, sudah jelas bahwa setiap orang perlu membaca untuk mendapatkan pengetahuan, informasi dan juga hiburan. Atau dalam ringkasan kita dapat mengatakan membaca benar-benar penting dalam hidup kita.


Text Report dan Pembahasannya
text report adalah text yang bertujuan untuk mendeskripsikan sesuatu pada umumnya (Decribe something in general), yang meliputi: berbagai benda/ hal yang biasanya berada di alam / hal yang dibuat manusia , dan text ini berisi fenomena sosial yang ada/ terjadi di sekitar kita.Text Report berisi serangkaian fakta yang logis, tanpa ada keterlibatan pribadi (si penulis ) untuk mengembangkan Text Report.
Dan berikut adalah struktur dari Text Report:
  1. General Classification (klasifikasi umum ). Berisi pengantar tentang sesuatu / fenomena yang akan di bahas, biasanya struktur ini berada di awal paragraf Text Report.
  2. Description ( deskripsi). Berisi menerangkan sesuatu/ fenomena yang dibahas biasanya meliputi bagian-bagian yang dibahas, perilaku, makanan, sampai tingkah laku.
Ciri-ciri Text Report:  
Text Report menggunakan simple present tense, keculai apabila yang dibahas itu sudah punah menggunakan past tense.


A House Cat

House cat is one of the world's greatest predators. These cats can kill or take a few thousand species. But because of its small size, cats are not dangerous to humans-the only danger that can arise is the possibility of rabies infection caused by a cat bite.  

Cats can be fatal to an ecosystem that is not the place to stay natural. In some cases, cats contributed to or caused extinctions. Cats catch and paralyze prey in a manner similar to the lions and tigers - prey by biting the neck of sharp canines that injure the spinal cord or cause the prey out of breath by destroying the throat.

Sebuah Cat House

Kucing rumah adalah salah satu predator terhebat di dunia. Kucing ini dapat membunuh atau mengambil beberapa ribu spesies. Tetapi karena ukurannya yang kecil, kucing tidak berbahaya bagi manusia-satu-satunya bahaya yang dapat timbul adalah kemungkinan terjadinya infeksi rabies akibat gigitan kucing.

Kucing dapat berakibat fatal bagi suatu ekosistem yang bukan tempat tinggal alami. Dalam beberapa kasus, kucing berperan atau menyebabkan kepunahan. Kucing menangkap dan melumpuhkan mangsa dengan cara yang mirip dengan singa dan harimau - mangsanya dengan menggigit leher gigi taring tajam yang melukai saraf tulang belakang atau menyebabkan mangsa kehabisan napas dengan merusak tenggorokan.


DEFINISI SPOOF TEXT DAN PEMBAHASANNYA

Disebutkan dalam Cambridge Advance Learner's Dictionary Online, ada dua makna spoof. Pertama, sebagai kata benda, spoof bermakna, "a funny and silly piece of writing, music, theatre, etc. that copies the style of an original work". Sedang kedua, spoof sebagai kata kerja, bermakna, "to try to make someone believe in something that is not true, as a joke."
Dari kedua arti spoof di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian spoof text adalah sebuah teks yang berisi tentang humor meski sebagian teksnya sudah dimodifikasi dari aslinya.

GENERIC STRUCTURE OF SPOOF TEXT

Generic Structure (Susunan umum) dalam spoof text adalah :
  1. Orientation, berisi pengenalan tokoh, latar, setting dll.
  2. Events, berisi peristiwa atau kejadian
  3. Twist, ending cerita (akhir cerita yang dianggap lucu, kadang tidak terduga)
Penjelasan mengenai orientation dan event sudah sering dibahas, khususnya pada pelajaran narrative text dan recount text. Dalam spoof text pun, orientation dan event tidak jauh berbeda dengan yang ada dalam narrative dan recount.
Sedang untuk twist, bagi seorang yang belum terbiasa menulis cerita lucu mungkin sangat sulit; untuk memahami twist saja sudah sulit, apalagi mengarang sendiri...

Ya, untuk memahami twist, kita membutuhkan selera humor tinggi hingga kita mampu mencerna apa dibalik kelucuan yang terkandung dalam twist ini. Sebab biasanya sangat sulit memperkirakan, "apa sih bagian lucunya?"

CONTOH SPOOF TEXT : ABSENCE
Joe's Mother got angry because her son got a low mark on English test.

"Why did you get such a low mark on that test?" Asked mother angrily. Asked by his angry mother, Joe just kept silent and went out.

A few moment, Joe came back home and met his mother again. His mother asked the same question.


Contoh spoof TEXT: KETIADAAN
Ibu Joe marah karena anaknya mendapat nilai rendah pada tes bahasa Inggris.

"Kenapa kau bisa seperti tanda rendah pada tes itu?" Ditanya ibunya marah. Ditanyakan oleh ibunya marah, Joe hanya diam dan pergi keluar.

Sebuah beberapa saat, Joe datang kembali ke rumah dan bertemu ibunya lagi. Ibunya ditanya pertanyaan yang sama.



CONTOH SPOOF TEXT : SAM TING WONG

Jacky Wong got married with Lia Wong. Both of them had a white skin and straight hair. They are really a well-matched couple.

One year later, Wong family got a new baby. A nurse brought them a son with curly hair and a black skin.

The nurse congratulated and said, "What name will you give to this son?"

With a confused face, Jacky Wong grumbled, "Sam Ting Wong!"

Nah, cukup sudah penjelasan dan contoh mengenai spoof text. Jika ada yang tahu apa sih lucunya contoh-contoh di atas, silahkan bagi-bagi.. :)


Contoh spoof TEXT: SAM TING WONG

Jacky Wong menikah dengan Lia Wong. Keduanya memiliki kulit putih dan rambut lurus. Mereka benar-benar pasangan baik-cocok.

Satu tahun kemudian, keluarga Wong punya bayi baru. Seorang perawat membawa mereka anak dengan rambut keriting dan kulit hitam.

Perawat mengucapkan selamat dan berkata, "Apa nama yang akan Anda berikan untuk anak ini?"

Dengan wajah bingung, Jacky Wong menggerutu, "Sam Ting Wong!"

Nah, cukup sudah penjelasan mengenai Dan Contoh spoof teks. Acute ADA Yang Tahu APA sih lucunya Contoh-Contoh di Atas, silahkan BAGI-BAGI .. :)


A. Pengertian Anecdote Text

Anecdote Text merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris dari kalangan Narration (lihat artikel Types of Text) yang mana menceritakan kembali kejadian ganjil atau kejadian yang tidak biasa baik fakta maupun imajinasi.

B. Tujuan Komunikatif Anecdote Text

Sebenarnya dari pengertian Anecdote Text tersebut di atas kita bisa menyimpulkan tujuan komunikatif dari Anecdote Text yaitu menceritakan kembali kejadian ganjil atau kejadian yang tidak biasa yang ditujukan untuk menghibur pembaca.

C. Generic Structure Anecdote Text

Terdapat 4 struktur kebahasaan (Generic Structure) dari Anecdote Text, yaitu:

1. Abstract
Struktur kebahasaan yang pertama dari Anecdote Text yaitu Abstract. Pada bagian Abstract, biasanya penulis mulai mengenalkan kejadian ganjil atau tidak biasa apa yang akan diceritakanya. Terdapat beberapa Abstract dari Anecdote Text diawali dengan penggunaan kalimat tanya, tetapi tidak semua Abstract dari Anecdote Text menggunakan kalimat tanya.

2. Orienation
Struktur kebahasaan yang kedua dari Anecdote Text yaitu Orientation. Seperti halnya di Narrative Text, Orientation di Anecdote Text juga menceritakan siapa, kapan, dan di mana kejadian ganjil atau kejadian tidak biasa tersebut terjadi.

3. Crisis
Struktur kebahasaan yang ketiga dari Anecdote Text yaitu Crisis. Pada bagian ini menceritakan kejadian ganjil atau kejadian tidak biasa tersebut terjadi. Penulis menceritakan kejadian tersebut dengan detail.

4. Reaction/ Incident
Struktur kebahasaan yang terakhir dari Anecdote Text yaitu Coda. Pada bagian Coda, penulis menceritakan bagaimana subjek cerita (pelaku) memecahkan masalahnya dan akhir dari kejadian ganjil atau tidak biasa tersebut.

D. Ciri kebahasaan Anecdote Text

Setiap jenis teks bahasa Inggris memiliki ciri kebahasaan tertentu selain bisa dilihat dari struktur kebahasaanya (Generic Structure). Di bawah ini adalah beberapa ciri kebahasaan yang biasanya ditemukan di setiap Anecdote Text:

1. Menggunakan past tense (Waktu lampau), seperti: I found it last night.
2. Menggunakan rhetoric question (pertanyaan retorika/berbicara/berpidato/kepandaian), seperti: Do you know what?
3. Menggunakan conjuction of time (kata sambung waktu), seperti: then, afterward, etc.
4. Menggunakan action verb (kata kerja aksi), seperti: went, writed, etc.
5. Menggunakan imperative sentece (kalimat perintah), seperti: listen to this.
6. Menggunakan exclamation sentence (kalimat seru), seperti: it's awful, it's wonderful, etc.


 E. Contoh Anecdote Text

Snake in the Bath

Abstract
How would you like to find a snake in your bath? A nasty one too!

Orientation
We had just moved into a new house, which had been empty for so long that everything was in a terrible mess. Anna and I decided we would clean the bath first, so we set to, and turned on the tap.

Crisis
Suddenly to my horror, a snake’s head appeared in the plug-hole. Then out slithered the rest of his long thin body. He twisted and turned on the slippery bottom of the bath, spitting and hissing at us.

Reaction/Incident
For an instant I stood there quite paralysed. Then I yelled for my husband, who luckily came running and killed the snake with the handle of a broom. Anna, who was only three at the time, was quite interested in the whole business. Indeed I had to pull her out of the way or she’d probably have leant over the bath to get a better look!

Coda
Ever since then I’ve always put the plug in firmly before running the bath water.


Ular di Bath

abstrak
Bagaimana Anda ingin menemukan ular di kamar mandi Anda? Yang jahat juga!

orientasi
Kami baru saja pindah ke rumah baru, yang telah kosong begitu lama bahwa segala sesuatu adalah dalam kekacauan yang mengerikan. Anna dan saya memutuskan kami akan membersihkan kamar mandi pertama, jadi kami diatur ke, dan menyalakan keran.

krisis
Tiba-tiba saya ngeri, kepala ular muncul di lubang plug-. Kemudian keluar merayap seluruh tubuh panjang tipis. Dia memutar dan berbalik di bagian bawah licin mandi, meludah dan mendesis pada kami.

Reaksi / Insiden
Sejenak aku berdiri di sana cukup lumpuh. Lalu aku berteriak untuk suami saya, yang untungnya datang berlari dan membunuh ular itu dengan gagang sapu. Anna, yang hanya tiga pada saat itu, cukup tertarik pada bisnis secara keseluruhan. Memang saya harus menariknya keluar dari jalan atau dia mungkin harus bersandar di atas bak mandi untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik!

Coda
Sejak saat itu saya selalu pasang steker tegas sebelum menjalankan air mandi.


Pengertian Review Text

Mungkin sebagian orang pernah melihatnya bahkan pernah membuatnya. Review Text adalah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris (genre) yang ditujukan untuk meninjau suatu karya baik berupa film, buku, benda dan lain sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai.

Tujuan Komunikatif Review Text

Tujuan komunikatif dari Review Text adalah melakukan kritik terhadap peristiwa atau karya seni untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai, misalnya film, pertunjukan, buku, dll.

Generic Structure Review Text

Setiap jenis teks bahasa Inggris (genre) memiliki ciri Generic Structure yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan komunikatif yang akan disampaikan kepada pembaca. Dan untuk Generic Structure dari Review Text, terdapat 4 struktur kalimat, yaitu:
1. Introduction
Seperti jenis teks bahasa Inggris (genre) yang lainnya, pada paragraph pertama dari sebuah Review Text berisi tentang gambaran umum tentang sebuah karya atau benda yang akan ditinjau. Gambaran umum tentang karya atau benda tersebut bisa berupa nama, kegunaan, dan sebagainya.

2. Evaluation
Pada Generic Structure yang kedua, Evaluation, memberikan gambaran tentang detail suatu karya atau benda yang direview, bisa berupa bagian-bagian dari karya atau benda tersebut, keunikan dan kualitasnya. Tapi jangan terlalu memberikan banyak deskripsi tentang karya atau benda tersebut, karena teks review kita seakan-akan "mengajarkan" calon pembeli dan itu tidak bagus. Evaluasi karya atu benda sejauh yang dibutuhkan oleh pembeli adalah yang paling benar. Istilah yang digunakan dalam sturktur paragraph yang kedua ini tidak jauh dari kata "baik" atau "tidak" karya atau benda tersebut. Pada bagian evaluasi, biasanya terdiri lebih dari satu evaluasi.

3. Interpretation
Pada bagian ketiga ini, penulis memberikan pandangannya sendiri mengenai karaya atau benda yang direviewnya. Tentunya phase ini dilakukan setelah melakukan evaluasi yang cukup terhadap karya atau barang tersebut. Seringkali untuk mendukung dan memperkuat pandangan penulis mengenai karya atau benda yang direviewnya, penulis tersebut membandingkan karya atau benda tersebut dengan karya atau benda yang mirip. Pada phase ini juga penulis menuliskan di bagian apa karya atau benda tersebut bernilai atau di bagian apa karya atu benda tersebut kurang bernilai.

4. Summmary
Pada bagian ini, penulis memberikan kesimpulan kepada pembaca terhadap karya atau benda yang telah direviewnya. Setelah memberikan penjelasan di evaluasi dan pandangan penlis sendiri di interpretation, tibalah penulis memberikan komentar apakah karya atau benda yang direviewnya berharga atau tidak untuk calon pembeli.

Ciri Kebahasaan (Language Features)

Pada Review Text terdapat beberapa ciri kebahasaan seperti berikut ini:
1. Menggunakan present tense.
2. Banyak menggunakan adjective (kata sipat) seperti, bad, good, valuable, etc.
3. Sering menggunakan long clause (klausa panjang) dan kompleks.


Battleship


The world's largest toy manufacturers from the United States, Hasbro, re-create the movie-themed games. If you previously relied-figure display Transformers sequel trilogy to be made-this time they put the war's most famous board game, Battleship.

The story begins with NASA since 2005 to try to make contact with the outside world. Various ways they are doing to meet the "other friend" of humans. In other places, there was the story of Hopper brothers. His brother, Stone Hopper (Alexander Skarsgrad), commander of the U.S. Navy, forcing her brutal brother, Alex Hopper (Taylor Kitsch), entered Navy for having "ruined his life" with teasing Sam (Brooklyn Decker), the son of Admiral Shane (Liam Neeson ).

Credibility Alex tested when 14 states conduct exhibitions RIMPAC war games in Hawaii, USA. Alex had clashed with Captain Nagata (Tadanobu Asano) when Nagata kicked his face in a football tournament RIMPAC. This incident brought up when they meet again in the bathroom and clashing fist. Admiral Shane was very disappointed with Alex that it threatens to fire him.

Amid the exhibition, there are five unexpected alien ship glides to Earth, one devastated Hong Kong. The other was stranded in the middle of the ocean Hawaii. 'John Paul Jones' ship, who commandeered Alex and two other battleship, approached the foreign ships and the three ships trapped in an artificial electromagnetic fields of that foreign ships.

This is where the battle occurred. Powerless looking man against sophisticated "alien" ships. Hope feels thin for young people to live. Are people going to survive? More details please watch the movie.

Characterizations in the film is pretty good. Taylor Kitsch portrayed the bumbling leaders well, as he does in the movie Star Trek (2009). Assisted by some famous stars, such as Rihanna, who plays Cora Raikes, and Gregory D. Gadson as Colonel Mick Canales, Taylor makes this film interesting with some tense scenes and his unpredictable. Unfortunately, the plot is not too special, like a regular movie war strategy. But, with piggyback famous trademarks and well-known movie actor (swimsuit models Brooklyn Decker is known in the U.S.), the film is arguably packaged quite nicely. It's quite worth being watched if you want a fancy full-scene of action-movie strategy.

Kapal penempur

Di dunia mainan produsen terbesar dari Amerika Serikat, Hasbro, kembali membuat film bertema permainan. Jika Anda sebelumnya mengandalkan tokoh-display Transformers trilogi sekuel dibuat-kali ini mereka menempatkan papan paling terkenal perang permainan, Battleship.

Cerita dimulai dengan NASA sejak tahun 2005 untuk mencoba untuk melakukan kontak dengan dunia luar. Berbagai cara mereka lakukan untuk memenuhi "teman lain" dari manusia. Di tempat lain, ada kisah Hopper saudara. Saudaranya, Batu Hopper (Alexander Skarsgrad), komandan Angkatan Laut Amerika Serikat, memaksa saudara brutal, Alex Hopper (Taylor Kitsch), masuk Angkatan Laut karena telah "hancur hidupnya" dengan menggoda Sam (Brooklyn Decker), putra dari Laksamana Shane (Liam Neeson).

Kredibilitas Alex diuji ketika 14 negara melakukan pameran RIMPAC war games di Hawaii, Amerika Serikat. Alex telah bentrok dengan Kapten Nagata (Tadanobu Asano) ketika Nagata menendang wajahnya dalam turnamen sepak bola RIMPAC. Kejadian ini dibesarkan ketika mereka bertemu lagi di kamar mandi dan kepalan bentrok. Laksamana Shane sangat kecewa dengan Alex sehingga mengancam untuk memecatnya.

Di tengah pameran, ada lima kapal meluncur tak terduga alien ke bumi, satu hancur Hong Kong. Yang lainnya terdampar di tengah laut Hawaii. Kapal 'John Paul Jones', yang dikomandoi Alex dan dua kapal perang lainnya, mendekati kapal asing dan tiga kapal terjebak dalam medan elektromagnetik buatan bahwa kapal-kapal asing.

Di sinilah terjadi pertempuran. Berdaya mencari orang melawan canggih "alien" kapal. Harapan terasa tipis bagi kaum muda untuk hidup. Apakah orang-orang akan bertahan? Lebih jelasnya silahkan menonton film.

Karakterisasi dalam film ini cukup bagus. Taylor Kitsch digambarkan para pemimpin kikuk dengan baik, seperti yang dilakukannya di film Star Trek (2009). Dibantu oleh beberapa bintang terkenal, seperti Rihanna, yang bermain Cora Raikes, dan Gregory D. Gadson sebagai Kolonel Mick Canales, Taylor membuat film ini menarik dengan beberapa adegan tegang dan tak terduga itu. Sayangnya, plot tidak terlalu istimewa, seperti strategi perang film biasa. Tapi, dengan merek dagang terkenal kuda-kudaan dan terkenal aktor film (swimsuit model Brooklyn Decker yang dikenal di AS), film ini bisa dibilang dikemas cukup baik. Ini cukup layak diawasi jika Anda ingin mewah penuh adegan aksi-film strategi.

Teks Explanation (Explanation Text)

Posted by Ahmad Fathoni
Explanation text (teks explanation) adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya. Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.




Tujuan Komunikatif Explanation Text

Tujuan komunikatif dari Explanation text adalah untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau kegiatan yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan.

Generic Structur Explanation Text

Terdapat tiga bagian dalam struktur kalimat Explanation Text, yaitu:

1. A general statement
Dalam general statement berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.

2. A squenced of explanation
A squenced of explanation berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.

3. Closing
Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text adalah closing, padahal itu merupakan bagian dari squenced of explantaion yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.


Language features Explanation Text

Dalam sebuah explanation text, terdapat ciri-ciri kebahasaan seperti di bawah ini, yaitu:
•    Menggunakan simpel present tense
•    Mengguankan abstract noun (kata benda yang nampak)
•    Mengguanakan Passive voice
•    Menggunakan Action verbs
 
Contoh Explanation Text

Untuk menambah pemahaman anda mengenai penjelasan Explanation Text di atas, penulis sertakan juga contoh explanation text berikut ini:

Making Paper from Woodchips

General statement
Woodchipping is a process used to obtain pulp and paper products from forest trees. The woodchipping process begins when the trees are cut down in a selected area of the forest called a coupe.

Squence of explanation
Next the tops and branches of the trees are cut out and then the logs are taken to the mill. At the mill the bark of the logs is removed and the logs are taken to a chipper which cuts them into small pieces called woodchips. The woodchips are then screened to remove dirt and other impurities. At this stage they are either exported in this form or changed into pulp by chemicals and heat. The pulp is then bleached and the water content is removed.

Closing
Finally the pulp is rolled out to make paper.

Membuat Kertas dari woodchips

pernyataan umum
Woodchipping adalah proses yang digunakan untuk memperoleh produk pulp dan kertas dari pohon-pohon hutan. Proses woodchipping dimulai ketika pohon ditebang di area yang dipilih dari hutan yang disebut coupe.

Squence penjelasan
Selanjutnya bagian atas dan cabang-cabang pohon yang dipotong dan kemudian log dibawa ke pabrik. Di pabrik kulit kayu akan dihapus dan log dibawa ke chipper yang memotong mereka menjadi potongan-potongan kecil yang disebut woodchips. Para woodchips kemudian disaring untuk menghilangkan kotoran dan kotoran lainnya. Pada tahap ini mereka baik diekspor dalam bentuk ini atau berubah menjadi bubur oleh bahan kimia dan panas. Bubur tersebut kemudian dikelantang dan kadar air akan dihapus.

penutupan
Akhirnya pulp yang terguling keluar untuk membuat kertas

Discussion Text, saya pribadi lebih mengenalnya dengan Argumentative Essay, adalah salah satu jenis teks yang memberikan dua pendapat mengenai suatu hal. Pendapat tersebut tentu ada yang selaras dan juga ada yang bertentangan.

Ketika kita berdiskusi tentang suatu hal, tidak dipungkiri diskusi kita tersebut memiliki berbagai argumen / pendapat yang beragam. Begitu juga dengan discussion text, teks ini memiliki dua pendapat yang berbeda; satu, pendapat yang setuju dan, dua, pendapat yang tidak setuju. Oleh karena itu kita harus memiliki pandangan luas mengenai suatu masalah jika kita ingin membuat discussion text.
 
Untuk lebih jelasnya, mari kita satu persatu membahas apa saja yang harus kita pahami dalam mempelajari discussion text.
 

Definisi Discussion Text


Disebutkan dalam Learner Merriam-Webster Dictionary, bahwa kata “Discussion” memiliki dua makna. Pertama, the act of talking about something with another person or a group of people : a conversation about something (Tindakan berbicara tentang suatu hal kepada orang lain atau sekumpulan orang). Kedua, a speech or piece of writing that gives information, ideas, opinions, etc., about something (Ucapan atau tulisan yang memberikan informasi, ide, opini, dll tentang suatu hal).
 
Dari kedua pengertian discussion di atas, makna nomor dua lebih cocok dengan makna discussion text. Jika disimpulkan, discussion text bermakna sebuah teks baik terucap atau tertulis yang memberikan informasi, ide, pendapat, tentang suatu hal.

 
Setujukah Anda?

 

Generic Structure of Discusssion Text


Secara sederhana, susunan umum dalam discussion text ini terbagi menjadi 3 bagian.

1.    Issue (masalah)
2.    Arguments (Pendapat)
       a. Supporting Points (Pendapat Yang Mendukung)
       b. Contrasting Points (Pendapat Yang Bertentangan)
3.    Conclusion / Recommendation (Kesimpulan / Saran)

Issue (Masalah Utama)


Issue ini berisikan masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut. Jika anda ingin menulis sebuah teks diskusi ini, ada baiknya pilihlah topik permasalahan yang kontroversial sehingga nanti anda memiliki banyak argumen, baik argumen yang mendukung ataupun argumen yang bertentangan. Misalnya saja, topik masalah “Siswa Tidak Boleh Membawa Handphone agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah ”.

Supporting Points (Pendapat Yang Mendukung)


Pada bagian supporting points ini, kita dituntut untuk menjabarkan lebih lanjut mengenai penjelasan tentang masalah yang sedang kita bahas. Jika dalam Issue berisikan masalah seperti pada contoh issue di atas, maka anda harus menjelaskan lebih rinci tentang HP yang bisa mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Contrasting Points (Pendapat Yang Bertentangan)


Pada bagian contrasting points ini, alangkah baiknya kita memberikan pendapat yang lebih berbeda dengan supporting points. Jika HP dianggap memberikan efek negatif terhadap siswa, maka pada bagian ini kita harus memberikan pendapat mengenai manfaat HP untuk siswa. Misalnya saja, dengan memberikan argumen bahwa HP bisa memudahkan siswa dalam mencari informasi di internet tentang mata pelajaran yang sedang dibahas.

Recommendation / Conclusion (Saran / Kesimpulan)


Pada bagian ini, usahakan kita mengambil jalan tengah mengenai masalah yang sedang dibahas agar kesimpulan yang kita ambil tidak lagi mendatangkan masalah baru. Misalnya saja dalam masalah HP di atas, kita bisa memberikan saran / kesimpulan dengan menuliskan Sekolah memperbolehkan siswa membawa HP asal tidak diaktifkan ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung.
 
Giving Children Homework; Pro and Con
There are a lot of discussion as to whether children should be given homework or not. Is it enough for children having time to study at school or needing additional time in home for study after school time?
Some people claim that children do enough work in school already. They also argue that children have their hobbies which they want to do after school, such as sport or music. A further point they make is that a lot of homeworks are pointless and does not help the children learn at all.
However, there are also strong arguments against this point of view. Parents and teachers argue that it is important to find out whether children can work on their own without the support from the teacher. They say that the evening is a good time for children to sit down and think about what they have learned in school.
Furthermore they claim that the school day is too short to get anything done. It makes sense to send home tasks like independent reading or further writing task which do not need the teacher support.
I think, on balance, that some homework is good idea but that should only given at the weekend when children have more time.

Memberikan Pekerjaan Rumah Anak, Pro dan Con

Ada banyak diskusi mengenai apakah anak-anak harus diberikan pekerjaan rumah atau tidak. Apakah cukup untuk anak-anak memiliki waktu untuk belajar di sekolah atau membutuhkan tambahan waktu di rumah untuk studi setelah waktu sekolah?

Beberapa orang mengklaim bahwa anak-anak cukup bekerja di sekolah sudah. Mereka juga berpendapat bahwa anak-anak memiliki hobi mereka yang mereka ingin lakukan setelah sekolah, seperti olahraga atau musik. Titik selanjutnya mereka membuat adalah bahwa banyak homeworks yang sia-sia dan tidak membantu anak-anak belajar sama sekali.

Namun, ada juga argumen yang kuat terhadap sudut pandang ini. Orang tua dan guru berpendapat bahwa penting untuk mengetahui apakah anak-anak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan dari guru. Mereka mengatakan bahwa malam hari adalah waktu yang baik bagi anak-anak untuk duduk dan berpikir tentang apa yang telah mereka pelajari di sekolah.

Selanjutnya mereka mengklaim bahwa hari sekolah ini terlalu singkat untuk mendapatkan apa pun. Masuk akal untuk mengirim tugas-tugas rumah seperti membaca independen atau tugas menulis lebih lanjut yang tidak memerlukan dukungan guru.

Saya pikir, pada keseimbangan, bahwa beberapa pekerjaan rumah adalah ide yang baik, tetapi yang seharusnya hanya diberikan pada akhir pekan ketika anak-anak memiliki lebih banyak waktu.

http://mapelotomotif.blogspot.com/2016/02/pembahasan-jenis-jenis-teks.html



Back To Top