Contact Us

Name

Email *

Message *

Prinsip kerja AC ( Air Conditioner)

Prinsip kerja AC ( Air Conditioner)

Prinsip kerja AC ( Air Conditioner)

dengan keadaan indonesia yang semakin panas dan murahnya brang elektronik sekarang ini,hampir setiap rumah di pasang penyejuk udara atau biasa di sebut dengan air conditioner, dengan udara yang di keluarkan peralatan tersebut muncul pertanyaan bagaimana sihy cara kerja atau prinsip kerja dari AC tersebut?
berikut ringkasan mengenai cara kerja air conditioner atau AC :
cara kerja prestatif,ac mobil,ac split,ac central,cara kerja air conditioner portable,sistem hidrolik,sistem pendingin,

 Lalu bagaimana cara kerja AC dalam menghasilkan udara yang dingin? Bahkan dingin yang dihasilkan atau yang keluar dari AC dapat dikontrol sesuai keinginan penggunanya? Berikut ini merupakan cara ataupun prinsip kerja AC secara garis besar:
  • Pertama kali AC akan menghisap udara pada ruangan melalui kipas sentrifugal yang ada pada evaporator, Kemudian udara yang telah dihisap akan masuk dan bertemu dengan pipa coil. Di dalam pipa coil tersebut udara akan bersentuhan dengan cairan refrigerant (freon). Freon tersebut yang menyerap panas pada udara. Selanjutnya ketikan udara sudah menjadi dingin maka akan menyebabkan refrigerant menguap. Hasil uap dari refrigerant tersebut berkumpul pada penampung uap.
  • Selanjutnya tekanan uap dari evaporator akan disirkulasikan ke kondensor. Dimana saat proses kompresi sedang berlangsung, suhu serta tekanan uap refrigerant akan naik. Hingga akhirnya tekanan uap yang sangat tinggi tersebut ditekan masuk menuju kondensor.
  • Cara kerja AC selanjutnya yaitu udara yang keluar dari kondesor merupakan udara panas yang berubah menjadi uap. Selanjutnya uap refrigerant memberi panas ke udara pendingin yang ada pada kondesor. Hingga akhirnya menjadi embun yang ada pada pipa kapiler. Panas yang ada pada kondesor dibantu dikeluarkan oleh kipas propeller.
  • Selanjutnya agar sirkulasi udara dapat dingin secara terus-menerus dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna AC maka dibutuhkanlah thermostat. Komponen AC yang satu ini berfungsi untuk pengaturan suhu yang ada dalam ruangan. Pengaturan suhu tersebut tentu dapat disesuaikan sesuai keinginan pengguna AC.
  • Tidak hanya udara dalam ruangan saja yang dihisap oleh kipas sentrifugal. Dalam kondisi ruangan yang suhunya sudah lebih dingin dibanding suhu luar ruangan maka udara di luar ruangan akan dihisap juga. Cara kerja AC dalam mengolah udara dari luar ruangan hampir sama dengan cara mengolah udara dari dalam ruangan. Masuknya udara dari luar ruangan yaitu melalui kisi-kisi AC.
  • Kejadian atau proses pendinginan udara terjadi secara terus-menerus dan berulang.
Komponen AC yang berperan cukup penting dalam penyaringan udara yaitu filter. Filter merupakan bagian AC yang berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran-kotoran. Jadi sebelum dihisap oleh kipas sentrifugal, udara terlebih dahulu disaring dari polutan. Demikian yang dapat disampaikan mengenai cara kerja AC secara garis besar.
nah demikian pembahasan mengenai cara kerja AC yang sering kita gunakan di rumah,semoga bisa bermaanfaat..


Back To Top