Contact Us

Name

Email *

Message *

JOBSHEET PRAKTEK KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK SEPEDA MOTOR

JOBSHEET PRAKTEK KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK SEPEDA MOTOR

JOBSHEET PRAKTEK KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK SEPEDA MOTOR

            Jobsheet merupakan lembaran kerja yang harus dilaksanakan siswa didalam melaksanakan praktek kerja di bengkel ataupun workshop. jobsheet berisi perintah dan langkah - langkah kerja yang harus dilaksanakan siswa sewaktu melakukan suatu praktek di bengkel terutama di bengkel teknik sepeda motor.

           Pendidikan merupakan suatu hubungan yang terjadi antara pendidik (guru) dan peserta didik (siswa). Melalui pendidikan siswa dipersiapkan menjadi manusia yang cerdas dan berguna bagi nusa dan bangsa, serta diharapkan dapat mengembangkan potensinya untuk menjadi lebih baik. Dalam upaya menumbuhkan, memajukan, serta mencerdaskan kehidupan bangsa penyelenggaraan dan pelaksanaan proses pendidikan harus terus ditingkatkan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu dari penyelenggara pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan memiliki tugas untuk mempersiapkan peserta didiknya untuk dapat bekerja pada bidang-bidang tertentu. Dalam proses pembelajarannya, SMK dilengkapi dengan ilmu pengetahuan secara teori dan membekali peserta didik melalui praktik sehingga dalam perkembangannya SMK dituntut harus mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat berakselerasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu dari penyelenggara pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan sebagai pencetak tenaga kerja yang siap pakai harus membekali peserta didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kompetensi program keahlian mereka masing-masing.
             Seiring dengan tujuan SMK dalam mewujudkan tujuan nasional, masih banyak masalah yang dihadapi, salah satunya adalah masalah efektifitas pendidikan. Masalah efektifitas pendidikan adalah masalah yang berkenaan dengan hubungan antara hasil pendidikan dengan tujuan atau sasaran pendidikan yang diharapkan. Meskipun demikian, telah diusahakan berbagai upaya dalam mengatasi masalah tersebut yang mencakup semua komponen pendidikan meliputi pembaharuan kurikulum, proses belajar mengajar, peningkatan kualitas guru, pengadaan buku pengajaran, sarana belajar, penyempurnaan sistem penilaian, dan usaha-usaha yang berkenaan dengan peningkatan kualitas pendidikan. Upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya dengan mengimplementasikan kurikulum.
              Lulusan SMK yang berkualitas dapat diketahui melalui penguasaan kemampuan kerja (kompetensi),yang meliputi penguasaan ilmu pengetahuan,sikap, dan keterampilan. Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan dari pembelajaran, materi pembelajaran, kemampuan guru, karakteristik siswa.
               Untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan siswa dalam sebuah kompetensi perlu adanya penggunaan media pembelajaran agar dapat menambah motivasi belajar siswa terhadap materi pembelajaran dapat lebih meningkat. Media yamg cukup tepat digunakan dalam pembelajaran ini adalah Job Sheet.
              Job Sheet adalah lembar kerja atau lembar kegiatan yang berisi informasi atau perintah atau petunjuk mengerjakannya. Pembelajaran berupa Job Sheet dapat mendorong siswa untuk mengolah sendiri bahan pelajaran bersama teman dalam suatu bentuk diskusi. Selain itu, Job Sheet memberi kesempatan penuh kepada siswa untuk mengungkapkan kemampuan dan ketrampilan serta mendorong dan membimbing siswa berbuat sendiri untuk mengembangkan proses berfikirnya, karena selama proses pembelajaran berlangsung, aktifitas lebih banyak dilakukan oleh siswa sedangkan guru sebagai fasilitator dan pembimbing.
 
praktek sepeda motor
berikut ini beberapa jobsheet yang digunakan pada praktek di bengkel sepeda motor SMK Wira Karya Mandiri Sunggal.
 Lembar Kerja Praktek (Jobsheet Sheet) Teknik Dasar pengelasan


Back To Top