Setiap kendaraan umumnya memiliki head unit di kendaraannya sebagai sarana hiburan utama bagi semua penumpangnya. Tanpa head unit, komponen-komponen audio seperti speaker, amplifier dan subwoofer, tidak akan berguna. Karena itu head unit merupakan salah satu komponen audio yang sangat vital di kendaraan anda. Disini kami akan memberikan tips-tips untuk menjaga head unit anda tetap awet.

1. Menggunakan Remote Control
Selain berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengatur head unit, penggunaan remote control juga ikut berperan dalam menjaga agar head unit lebih awet. Maksimalkan penggunaan remote cotrol untuk mengurangi sentuhan jari berlebihan di layar touchscreen terutama jika jari tidak dalam keadaan yang bersih dan menimbulkan bekas kotoran atau minyak dari jari di layar. Jika layar sudah terlanjur kotor, bisa bersihkan dengan tisue lembab (jangan sampai terlalu basah sehingga air menetes), lalu lap hingga bersih dengan lap kering. Atau bisa menggunakan cairan pembersih layar komputer. Lakukan seperti ketika anda membersihkan kacamata atau layar komputer.



2. Jaga Kebersihan Kabin
Jaga selalu kebersihan kabin kendaraan anda, bukan hanya untuk faktor kesehatan saja tetapi kebersihan kabin turut mendukung agar head unit anda lebih awet, mencegah debu-debu beterbangan. Debu tersebut bisa berasal dari saat membuka tutup pintu kendaraan. Dengan kondisi kabin yang bersih, debu yang beterbangan sedikit, hal ini menjaga layar tetap bersih, dan mengurangi kesempatan debu-debu tersebut masuk kedalam celah head unit. Anda bisa memulai dengan lebih sering membersihkan karpet kendaraan anda, jangan sampai karpet anda dibiarkan kotor berdebu, bersihkan juga sudut-sudut di bagian bawah kendaraan anda dengan menggunakan Vaccum Cleaner. Juga jangan lupa membersihkan debu dari dashboard anda.




3. Kurangi penggunaan CD tidak original
Penggunaan CD bajakan di Indonesia bukanlah halyang langka, bahkan bisa disebut hal yang lumrah terjadi. Tetapi tahukan anda kalau penggunaan CD bajakan ternyata bisa menyebabkan optik bekerja lebih berat? Hal ini dikarenakan CD bajakan lebih berat dan lebih rendah kualitasnya dibanding CD orisinal. Selain menjaga optik head unit anda lebih awet, dengan menggunakan CD orisinil, berarti anda juga turut mendukung artis / penyanyi kesayangan anda untuk terus berkarya.


4. Jangan menggunakan CD rusak atau kotor
Jikamemang tetap ingin menggunakan CD, pastikan kondisi CD tersebut dalam keadaan baik. Jika CD tersebut kotor bersihkan dengan pembersih kacamata. Jika CD sudah baret atau tergores cukup banyak, sebaiknya jangan digunakan. Penggunaan CD kotor dan tergores akan membuat optik head unit bekerja lebih keras untuk membaca isi CD tersebut.

5. Manfaatkan Fitur Pengganti CD seperti USB, SD Card, Bluetooth atau fitur Virtual Disc
Untuk menjaga optik lebih awet, gunakan alternatif media pemutar yang tersedia di head unit anda. Misalnya gunakan USB dan SD card untuk memutar video dan lagu di head unit, tetapi perlu diperhatikan, walaupun head unit bisa membaca hingga USB atau SD Card berkapasitas 8-32GB, hindari menyimpan file terlalu banyak didalam media tersebut, karena head unit akan bekerja lebih keras untuk membaca media tersebut.

Jadi simpan file video dan lagu anda seperlunya saja. Selain itu juga jangan mencabut usb atau SD card saat anda tengah memutar file di head unit, karena akan merusak usb maupun head unit. Dan membuat orang kesal karena terganggu saat sedang menikmati musik. :p Atau jika hanya ingin mendengarkan musik, bisa gunakan fitur bluetooth untuk mengkoneksikan dengan hp anda.

Selain itu ada beberapa head unit yang memiliki fitur Virtual disc contohnya head unit Skeleton SKT-D321, yang dapat menyimpan isi hingga 10 audio CD di memori head unit yang bisa diputar kapan pun diinginkan. Dengan menggunakan fitur ini, bisa mengurangi penggunaan CD bahkan USB dan SD Card.

6. Jangan langsung mematikan kontak saat head unit dalam keadaan on
Meskipun head unit terbaru sudah sangat canggih dan dilengkapi banyak fitur, hindari mematikan kendaraan (off) dalam kondisi head unit masih menyala, step terbaik adalah mengeluarkan CD, jika sedang memutar CD, lalu matikan head unit dengan menekan tombol off sampai head unit mati (bukan hanya layar yang mati). Hal ini untuk menghindari rusaknya komponen head unit.

7. Hindari benturan keras pada kendaraan
Mengemudi dengan hati-hati juga berpengaruh kepada awet tidaknya head unit anda. Misalnya dengan menghindari mengantam jalan berlubang, menghantam speed bum atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi, kecuali mobil anda memang dipakai khusus untuk off road ;p. Benturan-benturan tersebut akan berdampak merusak pada head unit anda, walaupun head unit – head unit saat ini sudah dilengkapi dengan shock resistant. Dan saat pemsangan pastikan instaler memasang dudukan atau braket dengan pas dan benar.

8. Pastikan kondisi aki anda prima
Kondisi aki yang tidak prima atau rusak akan menyebabkan pasokan listrik ke head unti maupun ke komponen elektronik lainnya menjadi tidak stabil. Dan sudah merupakan pengetahuan umum jika arus listrik tidak stabil sangat berpotensi merusak peralatan elektronik.

Diharapkan tips-tips diatas sangat berguna untuk membantu anda merawat head unit anda agar lebih awet dan tahan lama. Tips-tips tersebut berfungsi untuk mencegah atau menjaga head unit tetap baik, tetapi jika memang head unit mengalami kerusakan atau kegagalan fungsi, sebaiknya konsultasikan atau bawa head unit anda ke instaler anda, agar dapat ditangani dengan lebih baik dan lebih terjamin.