Contact Us

Name

Email *

Message *

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 15-16

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 15-16

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                               Sekolah                            : SMK Ash-shiddiqiyah Balingasal
                               Program Keahlian            : Teknik Kendaraan Ringan
                               Mata Pelajaran                 : TeknologiDasar Otomotif
                               Kelas/Semester                : X/ I
                               Pertemuan Ke-                 : 15 - 16                                  
       AlokasiWaktu                   : 2Pertemuan (2 x(6x@ 45 menit))

A.  KompetensiInti
     KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

B.  KompetensiDasar
KD pada KI pengetahuan
3.8 Menerapkan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
KD pada KI keterampilan
4.8 Menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya

C.  IndikatorPencapaianKompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan
3.8.1 Menerangkan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
3.8.2 Mengimplementasikan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya

Indikator KD pada KI keterampilan
4.8.1 Menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
4.8.2 Mengontrol  hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya

D.    TujuanPembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.8.1 Menerangkan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya secara detail dan jelas
3.8.2 Mengimplementasikan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya dengan tepat
PencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.8.1 Menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya dengan benar
4.8.2 Mengontrol  hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya dengan benar

E.     MateriPembelajaran
·         Buku OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
·         Prosedur dan teknik cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
·         Teknik penggantian Komponen
·         Prosedur pengecekan hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya

F.   Pendekatan, Model danMetode
1.    Pendekatan pembelajaran          : Scientific Learning
2.    Model pembelajaran                  : Problem Solving Learning
3.    Metode Pembelajaran                : tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.



G. KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Guru
Deskripsi Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru memberikan apersepsi dan motivasi
4. Guru menyampaikan KD , tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan
5. Guru menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
1.     Siswa menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.     Siswa mengacungkan tangan ketika dilakukan presensi
3.     Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.     Siswa mendengarkan penjelasan guru
5.     Siswa memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
2 x 15 menit
Inti
Orientasi / mengidentifikasi masalah
·      Guru membentuk kelompok kerja yang terdiri dari 4 – 5 siswa dalam satu kelompok
·      Guru menyajikan tayangan tentang cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
Siswa mengamati tayangan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya

Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi yang relevan
·         Guru mengkonsikan siswa untuk mengajukan pertanyaan Prosedur pengendalian kontaminasi di bengkel
·           Guru membimbing peserta didik untuk mencari jawaban dari setiap permasalahan
·          








Mengetes penyebab atau proses diagnosis
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengimplementasikan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya


Mengevaluasi
·         Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa






Orientasi / mengidentifikasi masalah
·      Siswa mengamati tayangan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
·       Siswa berdiskusi tentang macam-macam kontaminasi dan teknik pengendalian kontaminasi(mengamati)







Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi yang relevan

·           Peserta didik secara individu maupun kelompok mencari data, konsep dan informasi untuk menjawab masalah masalah yang ditemukan
 (mengumpulkan data)
·          Siswa menentukan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannyad dan implementasinya (menalar)

Mengetes penyebab atau proses diagnosis
Siswa memeriksa dan menentukan implementasi OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya (menalar)

Mengevaluasi
·         Siswa mengontrol  hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya (menalar)
·         Siswa menyajikan laporan penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya dan meberikan tanggapan terhadap pertanyaan dari kelompok lain
·              Siswa menerima masukan pelaksanaanpenggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
kontaminasi di bengkel
 (mengkomunikasikan)
2 x 175 menit
Penutup
1. Guru membimbing Siswa untuk membuat kesimpulan menyimpulkan  materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2. Guru memberikan kuis lisan kepada Siswa tentang penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
3. Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
4. Guru meminta Siswa melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6. Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama
1.     Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang penerapan prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
2.     Siswa berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3.     Siswa menyimak tugas dari guru
4.     Siswa memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada Siswa.
5.     Siswa menyimak penyampaian guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari dari rumah.
6.     Siswa berdoa bersama.
2 x 15 menit


H.  PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1.    InstrumendanTeknikPenilaian
a.     TeknikPenilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Ketrampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.

Sikap
Penilaian diri/ Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.    InstrumenPenilaian
1)        Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
1.      Apa guna dari perawatan?
2.      Apa yang dimaksud service manual?
3.      Apa yang dimaksud literratur!
4.      Jelaskan pengguaan sevice manual !
5.         Mengapa Part Book dikeluarkan?

Kunci jawaban soal :
  1. Perawatan dilakukan untuk menjaga agar kondisi dan performance dari sebuah mesin tersebut seperti kondisi waktu masih baru
  2. Service manual adalah sumber referensi dasar untuk proses diagnostik, tips, perakitan, dan pembongkaran sistem operasi, pengujian dan pengaturan dan semua spesifiksai sistem pada mesin
3.      Literartur adalah bahan atau sumber ilmiah yang biasa digunakan untuk membuat suatu karya tulis ataupun kegiatan ilmiah lainnya
4.      Penggunaan service manual :
a.       Sistem operasi
b.      Pembongkaran dan perakitan
c.       Pengujian dan pengaturan
d.      Spesifikasi produk
5.      Part Book dikeluarkan sebagai referensi pemesanan komponen
 Pengolahan Nilai
No Soal
IPK
Skor Penilaian 1
Nilai
1.

1

20
Nilai perolehan KD pegetahuan : 100
2.
1
20
3.
1
20
4.
1
20
5.
1
20
Jumlah
100





Instrumen Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi Dasar Otomotif

KD 4.8 Menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya

IPK
Kategori
1
2
3
4
4.8.1 Menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya

Tidak dapat menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
ketika praktek di bengkel
Terdapat kesalahan >1 dalam menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
ketika praktek di bengkel
Terdapat 1 kesalahan dalam menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
ketika praktek di bengkel
Tepat dalam menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
ketika praktek di bengkel
4.8.2 Mengontrol  hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya

Tidak dapat melakukan pengontrolan  hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannyaketika praktek di bengkel
Terdapat kesalahan >1 dalam melakukan hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
Tepat dalam dalam melakukan pengontrolan  hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya

2.    AnalisisHasilPenilaian
§  Analisishasilpenilaiandiadakansetelahdiadakantesformatif
§  Hasilanalisispenilaianmenentukanperlutidaknyadiadakan remedial ataupengayaan

3.    Pembelajaran Remedial danPengayaan
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§  Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.

I.     Media, Alat, Bahan, danSumberBelajar
1.      Media                  :    Slide power point, gambar, video, Buku OMM
2.      Alat                     :    LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3.      Bahan                  :    Jobsheet, Mobil
4.      Sumber Belajar    :   
NN. 1986. Pedoman raparasi Chassis dan Body. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
NN. 2004. Supplement Pedoman Reparasi Toyota Avanza (Mesin dan Chasis & Bodi). Jakarta:  PT. Toyota - Astra Motor
Ahmad, dkk. 2015. Teknologi Dasar Otomotif. Malang: PT Latif Kitto Mahesa

                                                                                               Balingasal, 18 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala  Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran



  .....................................                                                           ..................................


No comments:

Post a Comment

PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan

Back To Top