RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Ash-shiddiqiyah Balingasal
Program
Keahlian : Teknik Kendaraan
Ringan
Mata
Pelajaran :
TeknologiDasar
Otomotif
Kelas/Semester : X/ I
Pertemuan
Ke- : 15 - 16
AlokasiWaktu : 2Pertemuan
(2 x(6x@ 45 menit))
A.
KompetensiInti
KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan
metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik
dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan
tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara
mandiri.
B.
KompetensiDasar
KD pada KI pengetahuan
3.8
Menerapkan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual
dan part book sesuai peruntukannya
KD pada KI keterampilan
4.8 Menggunakan OMM
(operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya
C.
IndikatorPencapaianKompetensi
Indikator KD pada KI
pengetahuan
3.8.1 Menerangkan cara penggunaan
OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya
3.8.2 Mengimplementasikan cara
penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book
sesuai peruntukannya
Indikator
KD pada KI keterampilan
4.8.1 Menggunakan OMM (operation
maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
4.8.2 Mengontrol hasil penggunaan OMM (operation maintenance
manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
D.
TujuanPembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.8.1 Menerangkan cara penggunaan
OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya secara detail dan jelas
3.8.2
Mengimplementasikan cara penggunaan OMM (operation maintenance manual), service
manual dan part book sesuai peruntukannya dengan tepat
PencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.8.1 Menggunakan OMM (operation
maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya dengan
benar
4.8.2 Mengontrol hasil penggunaan
OMM (operation
maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya dengan
benar
E. MateriPembelajaran
·
Buku OMM (operation
maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
·
Prosedur dan
teknik cara penggunaan OMM (operation
maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
·
Teknik penggantian
Komponen
·
Prosedur pengecekan
hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part
book sesuai peruntukannya
F.
Pendekatan, Model danMetode
1. Pendekatan pembelajaran :
Scientific Learning
2. Model pembelajaran : Problem Solving Learning
3. Metode Pembelajaran :
tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.
G.
KegiatanPembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan Guru
|
Deskripsi Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru
melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru
memberikan apersepsi dan motivasi
4. Guru
menyampaikan KD , tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan
dilaksanakan
5. Guru
menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
|
1. Siswa
menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.
Siswa mengacungkan tangan
ketika dilakukan presensi
3.
Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
5.
Siswa
memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
|
2 x 15
menit
|
Inti
|
Orientasi / mengidentifikasi masalah
· Guru membentuk kelompok kerja yang
terdiri dari 4 – 5 siswa dalam satu kelompok
·
Guru
menyajikan tayangan tentang cara penggunaan OMM
(operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya
Siswa
mengamati tayangan cara penggunaan OMM (operation
maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi yang
relevan
·
Guru
mengkonsikan siswa untuk mengajukan pertanyaan Prosedur
pengendalian kontaminasi
di bengkel
·
Guru membimbing peserta
didik untuk mencari jawaban dari setiap permasalahan
·
Mengetes penyebab atau proses diagnosis
Guru memberi tugas
kepada siswa untuk mengimplementasikan OMM
(operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya
Mengevaluasi
·
Guru
memeriksa hasil pekerjaan siswa
|
Orientasi / mengidentifikasi masalah
·
Siswa
mengamati tayangan prinsip-prinsip
pengendalian kontaminasi
·
Siswa
berdiskusi tentang macam-macam kontaminasi dan teknik pengendalian kontaminasi(mengamati)
Menetapkan masalah dan menyeleksi informasi yang
relevan
·
Peserta didik secara
individu maupun kelompok mencari data, konsep dan informasi untuk menjawab
masalah masalah yang ditemukan
(mengumpulkan data)
·
Siswa
menentukan cara penggunaan OMM (operation
maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannyad dan
implementasinya (menalar)
Mengetes penyebab atau proses diagnosis
Siswa memeriksa dan menentukan implementasi
OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya
(menalar)
Mengevaluasi
·
Siswa mengontrol hasil penggunaan OMM (operation maintenance
manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya (menalar)
·
Siswa
menyajikan laporan penggunaan OMM (operation
maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya dan meberikan tanggapan terhadap pertanyaan dari
kelompok lain
·
Siswa
menerima masukan pelaksanaanpenggunaan OMM
(operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya
kontaminasi di bengkel
(mengkomunikasikan)
|
2 x 175
menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing Siswa
untuk membuat kesimpulan menyimpulkan
materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2.
Guru memberikan kuis
lisan kepada Siswa tentang penggunaan OMM (operation maintenance manual),
service manual dan part book sesuai peruntukannya
3.
Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan
penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book
sesuai peruntukannya
4.
Guru meminta Siswa
melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6.
Guru menutup
pelajaran dengan berdoa bersama
|
1. Siswa
dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang
penerapan prinsip-prinsip
pengendalian kontaminasi
2. Siswa
berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3. Siswa
menyimak tugas dari guru
4. Siswa
memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada
Siswa.
5. Siswa
menyimak penyampaian
guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari
dari rumah.
6. Siswa
berdoa bersama.
|
2 x 15
menit
|
H.
PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1. InstrumendanTeknikPenilaian
a. TeknikPenilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
Tertulis
|
Saat
pembelajaran
|
2.
|
Ketrampilan
|
Penugasan
|
Saat
pembelajaran/ Setelah pembelajaran
|
3.
|
Sikap
|
Penilaian diri/
Observasi
|
Saat
pembelajaran/ Setelah pembelajaran
|
b. InstrumenPenilaian
1)
Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes
tertulis
1. Apa
guna dari perawatan?
2.
Apa yang dimaksud service manual?
3.
Apa yang dimaksud literratur!
4. Jelaskan
pengguaan sevice manual !
5.
Mengapa Part Book dikeluarkan?
Kunci
jawaban soal :
3.
Literartur adalah
bahan atau sumber ilmiah yang biasa digunakan untuk membuat suatu karya tulis
ataupun kegiatan ilmiah lainnya
4.
Penggunaan service
manual :
a. Sistem
operasi
b. Pembongkaran
dan perakitan
c. Pengujian
dan pengaturan
d. Spesifikasi
produk
5. Part
Book dikeluarkan sebagai referensi pemesanan komponen
|
|||
Pengolahan Nilai
|
|||
No Soal
|
IPK
|
Skor Penilaian 1
|
Nilai
|
1.
|
1
|
20
|
Nilai
perolehan KD pegetahuan : 100
|
2.
|
1
|
20
|
|
3.
|
1
|
20
|
|
4.
|
1
|
20
|
|
5.
|
1
|
20
|
|
Jumlah
|
100
|
Instrumen
Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi
Dasar Otomotif
KD 4.8
Menggunakan
OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya
IPK
|
Kategori
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
4.8.1
Menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book
sesuai peruntukannya
|
Tidak dapat
menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book
sesuai peruntukannya
ketika praktek di bengkel
|
Terdapat kesalahan
>1 dalam menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual
dan part book sesuai peruntukannya
ketika praktek di bengkel
|
Terdapat 1 kesalahan
dalam menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part
book sesuai peruntukannya
ketika praktek di bengkel
|
Tepat dalam
menggunakan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book
sesuai peruntukannya
ketika praktek di bengkel
|
4.8.2 Mengontrol hasil penggunaan OMM (operation maintenance manual),
service manual dan part book sesuai peruntukannya
|
Tidak dapat melakukan pengontrolan hasil penggunaan OMM (operation maintenance
manual), service manual dan part book sesuai peruntukannyaketika praktek di
bengkel
|
Terdapat kesalahan >1 dalam melakukan hasil
penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book
sesuai peruntukannya
|
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan hasil
penggunaan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book
sesuai peruntukannya
|
Tepat dalam dalam melakukan pengontrolan hasil penggunaan OMM (operation maintenance
manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
|
2. AnalisisHasilPenilaian
§ Analisishasilpenilaiandiadakansetelahdiadakantesformatif
§ Hasilanalisispenilaianmenentukanperlutidaknyadiadakan
remedial ataupengayaan
3. Pembelajaran
Remedial danPengayaan
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§
Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran
remedial.
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.
I.
Media,
Alat, Bahan, danSumberBelajar
1. Media
: Slide power point, gambar, video,
Buku OMM
2. Alat : LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3. Bahan : Jobsheet, Mobil
4. Sumber
Belajar :
NN. 1986. Pedoman raparasi Chassis dan Body. Jakarta: PT. Toyota
Astra Motor
NN.
2004. Supplement Pedoman Reparasi Toyota Avanza (Mesin dan Chasis & Bodi).
Jakarta: PT. Toyota - Astra Motor
Ahmad,
dkk. 2015. Teknologi Dasar Otomotif.
Malang: PT Latif Kitto Mahesa
Balingasal, 18 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan