RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Muhammadiyah 3
Klaten Utara
Program
Keahlian : Teknik Kendaraan
Ringan
Mata
Pelajaran :
TeknologiDasar
Otomotif
Kelas/Semester : X/ I
Pertemuan
Ke- : 13 - 14
AlokasiWaktu : 2Pertemuan
(2 x(6x@ 45 menit))
A.
KompetensiInti
KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan
metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik
dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan
tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara
mandiri.
B.
KompetensiDasar
KD pada KI pengetahuan
3.7 Memahami proses dasar pembentukan
logam
KD pada KI keterampilan
4.7 Melaksanakan proses
dasar pembentukan logam
C.
IndikatorPencapaianKompetensi
Indikator KD pada KI
pengetahuan
3.7.1 Menjelaskan
proses dasar pembentukan logam
3.7.2 Mendiskusikan
proses dasar pembentukan logam
Indikator
KD pada KI keterampilan
4.7.1
Melakukan pencampuran logam
4.7.2 Mengontrol
hasil pembentukan logam
D.
TujuanPembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.7.1
Menjelaskan proses dasar pembentukan logam sesuai informasi dengan benar
3.7.2
Mendiskusikan proses dasar pembentukan logam sesuai informasi dengan benarPencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.7.1
Melakukan pencampuran logam sesuai jobsheet dengan tepat
4.2.2 Mengontrol
hasil pembentukan logam sesuai perintah dengan cermat
E. MateriPembelajaran
1. Jenis
jenis logam dasar
2. Prosedur dan teknik pencampuran
logam
3. Prosedur pengecekan hasil proses
dasar pembentukan logam
F.
Pendekatan, Model danMetode
1. Pendekatan pembelajaran :
Scientific Learning
2. Model pembelajaran : Discovery Based Learning
3. Metode Pembelajaran :
tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.
G.
KegiatanPembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan Guru
|
Deskripsi KegiatanSiswa
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru
melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru
memberikan apersepsi dan motivasi
4.
Guru menyampaikan KD
, tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan
5.
Guru menyampaikan rencana
penilaian pengetahuan dan keterampilan
|
1. Siswa
menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.
Siswa mengacungkan
tangan ketika dilakukan presensi
3.
Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
5.
Siswa
memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
|
2 x 15
menit
|
Inti
|
Pemberian
stimulus
· Guru
menyajikan materi tentang Proses Dasar Pembentukan logam melalui tayangan
slide powerpoint, siswa diminta mengamati dan mencermati paparan powerpoint.
Identifikasi Masalah
Guru
mengkondisikan situasi belajar untuk mengajukan pertanyaan secara aktif dan
mandiri tentang Proses Dasar Pembentukan logam yang sudah dijelaskan
Pengumpulan data
Guru
memberi kesempatan kepada Siswa untuk menggali informasi
Pembuktian
Guru memberikan tugas untukmendemonstrasikan
tentang pencampuran logam dan mengontrol hasil pembentukan logam
Menarik
kesimpulan
§
Guru meminta Siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
§
Guru memberikan kesempatan Siswa lain untuk saling menanggapi hasil presentasi
§
Guru memfasilitasi Siswa untuk berdiskusi menyimpulkan
hasil diskusi pencampuran logam dan
mengontrol hasil pembentukan logam
|
Pemberian
stimulus
· Siswa
melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
Siswa
membaca buku berkaitan dengan Proses Dasar
Pembentukan logam(mengamati)
Identifikasi Masalah
·
Siswa lain diberi
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan menjawab pertanyaan atau
memberikan tanggapan (menanya)
·
Siswa berdiskus i tentang
permasalahan yang meliputi materi :
a. Material
teknik dan kemampuan proses
b. Proses
pengerjaan panas
c. Pembentukan
manual logam
d. Pembentukan
benda kerja dengan mesin perkakas
·
Siswamengidentifikasipermasalahan
darimateri tentang :
a. Material
dan kemampuan proses
b. Proses
pengerjaan panas
c. Pembentukan
manual logam
·
Pembentukan benda
kerja dengan mesin perkakas(mengumpulkan
data)
Pengumpulan data
Siswa
menggali informasi dari buku, internet atau mengamati slide tentang Proses
Dasar Pembentukan Logam, siswa diminta untuk mengumpulkan data (yang
dipertanyakan) untuk menjawab pertanyaan dan menentukan sumber (melalui benda
konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang pencampuran logam dan mengontrol
hasil pembentukan logam(mengumpulkan
informasi)
Pembuktian
· Siswa
diberi permasalahan yang berkaitan dengan materi, untuk didiskusikan bersama
kelompoknya
· Siswa
dalam bimbingan guru melalui diskusi, berbagi dan saling bertukar
pendapat
· Siswa diberi tugas
untuk menilai hasil demonstrasi dari pencampuran
logam dan mengontrol hasil pembentukan
logam
(menalar)
Menarik
kesimpulan
Menyampaikan
hasil konseptualisasi tentang pencampuran logam dan mengontrol hasil pembentukan logam
Siswa
menyampaikan hasil diskusi tentang langkah-langkah
Pembentukan Logam, meliputi pencampuran logam dan mengontrol hasil pembentukan logam(mengkomunikasikan)
|
2 x 175
menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing Siswa
untuk membuat kesimpulan menyimpulkan
materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2.
Guru memberikan kuis
lisan kepada Siswa tentang materi pencampuran logam dan mengontrol hasil pembentukan logam
3.
Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan
dengan pencampuran logam dan mengontrol hasil pembentukan logam
4.
Guru meminta Siswa
melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6.
Guru menutup
pelajaran dengan berdoa bersama
|
1. Siswa
dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang
materi pembelajaran tentang proses kerja mesin konversi energi
2. Siswa
berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3. Siswa
menyimak tugas dari guru
4. Siswa
memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada Siswa.
5. Siswa
menyimak penyampaian
guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari
dari rumah.
6. Siswa
berdoa bersama.
|
2 x 15
menit
|
H.
PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1. InstrumendanTeknikPenilaian
a. TeknikPenilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
Tertulis
|
Saat
pembelajaran
|
2.
|
Ketrampilan
|
Penugasan
|
Saat
pembelajaran/ Setelah pembelajaran
|
3.
|
Sikap
|
Penilaian diri/
Observasi
|
Saat
pembelajaran/ Setelah pembelajaran
|
b. InstrumenPenilaian
1)
Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes
tertulis
1.Jelaskan sifat-sifat dari logam!
2.Jelaskan
tujuan dari proses pembentukan logam !
3.Jelaskan
proses pembentukan logam dengan pengerjaan panas (hot working processes) !
4.Jelaskan
proses pembentukan logam dengan pengerjaan dingin (cold working processes) !
5.Bagaimanakah cara pembentukan pelat
secara manual?
6.Proses
pembentukan benda kerja dapat dilakukan
dengan berbagai mesin perkakas. Jelaskan !
1.
Sifat
Logam : Menjelaskan teknik dasar pembentukan logam dengan proses pengecoran
(casting)
a.
Dapat
ditempa atau diubah bentuk
b.
Penghantar
panas dan listrik
c.
Keras,
kenyal,kuat
d.
Titik
cai tinggi
Kriteria
Penilaian
2.
Proses pembentukan baja bertujuan untuk :
a.
Mengubah bentuk benda kerja sesuai yang diinginkan
b.
Memperbaiki sifat logam dengan memperbaiki struktur mikronya
Kriteria
Penilaian
3. Proses
pembentukan logam dengan pengerjaan panas (hot
working processes) adalah proses pengerjaan logam dimana :
1)
pengerjaan di atas
suhu rekristalisasi
2)
deformasi yang
diperlukan rendah, perubahan sifat mekanik sedikit
Kriteria
Penilaian
4. Proses
pembentukan logam pengerjaan dingin (cold
working processes) adalah proses pengerjaan logam dimana :
1)
pengerjaan di bawah
suhu rekristalisasi
2)
gaya deformasi yang
diperlukan besar, terjadi
peningkatan kekuatan logam
Kriteria
Penilaian
5. Pembentukan
pelat secara manual dilakukan dengan cara menggunakan landasan-landasan
pembentuk dengan menggunakan berbagai macam palu.
Kriteria
Penilaian
6. Proses
pembentukan benda kerja dapat
dilakukan dengan berbagai mesin perkakas yaitu:
a. Pembentukan
benda kerja dengan mesin bubut
b. Pembentukan
benda kerja dengan mesin frais
c. Pembentukan
benda kerja dengan mesin sekrap
Kriteria
Penilaian
|
Pengolahan
Nilai
|
||||
No Soal
|
IPK
|
Skor Minimal
|
Skor Maksimal
|
Nilai
|
1.
|
1
|
0
|
10
|
Nilai perolehan KD 3.2 = Jumlah skor maksimal yang diperoleh
Nilai maksimal = 100
Nilai minimal = 0
|
2.
|
1
|
0
|
20
|
|
3.
|
2
|
0
|
20
|
|
4.
|
2
|
0
|
20
|
|
5.
|
2
|
0
|
20
|
|
6.
|
3
|
0
|
10
|
|
Jumlah
|
0
|
100
|
Instrumen
Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi
Dasar Otomotif
KD 4.7 Melaksanakan
proses dasar pembentukan logam
IPK
|
Kategori
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
4.7.1
Melakukan pencampuran
logam
|
Tidak dapat melakukan pencampuran logam sesuai
demonstrasi guru
|
Terdapat kesalahan >1 melakukan pencampuran
logam sesuai demonstrasi guru
|
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan pencampuran
logam sesuai demonstrasi guru
|
Tepat dalam melakukan pencampuran logam sesuai
demonstrasi guru
|
4.7.2 Mengontrol hasil pembentukan
logam
|
Tidak dapat melakukan peengontrolan hasil pembentukan logamsesuai dengan tugas
|
Terdapat kesalahan >1 dalam melakukan
peengontrolan hasil pembentukan
logamsesuai dengan tugas
|
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan
peengontrolan hasil pembentukan
logamsesuai dengan tugas
|
Tepat dalam dalam melakukan peengontrolan hasil pembentukan logamsesuai dengan tugas
|
2. AnalisisHasilPenilaian
§ Analisishasilpenilaiandiadakansetelahdiadakantesformatif
§ Hasilanalisispenilaianmenentukanperlutidaknyadiadakan
remedial ataupengayaan
3. Pembelajaran
Remedial danPengayaan
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§
Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran
remedial.
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.
I.
Media,
Alat, Bahan, danSumberBelajar
1. Media
: Slide power point, gambar, video,mesin
perkakas
2. Alat : LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3. Bahan : Logam
4. Sumber
Belajar :
Anni Faridah dkk. 2008.
Teknik Pembentukan Pelat.
Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK
Ambiyar.
2008. Teknik Pembentukan Pelat (Jilid 3).
Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Hadi sujana. 2008. Teknik Pengecoran jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.
Ahmad,
dkk. 2015. Teknologi Dasar Otomotif.
Malang: PT Latif Kitto Mahesa
Balingasal, 18 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan