Contact Us

Name

Email *

Message *

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 13-14

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 13-14


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                               Sekolah                            : SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara
                               Program Keahlian            : Teknik Kendaraan Ringan
                               Mata Pelajaran                 : TeknologiDasar Otomotif
                               Kelas/Semester                : X/ I
                               Pertemuan Ke-                 : 13 - 14                                  
       AlokasiWaktu                  : 2Pertemuan (2 x(6x@ 45 menit))

A.  KompetensiInti
     KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

B.  KompetensiDasar
KD pada KI pengetahuan
3.7 Memahami proses dasar pembentukan logam
KD pada KI keterampilan
4.7 Melaksanakan proses dasar pembentukan logam

C.  IndikatorPencapaianKompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan
3.7.1 Menjelaskan proses dasar pembentukan logam
3.7.2 Mendiskusikan proses dasar pembentukan logam


Indikator KD pada KI keterampilan
4.7.1 Melakukan pencampuran logam
4.7.2 Mengontrol  hasil pembentukan logam

D.    TujuanPembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.7.1 Menjelaskan proses dasar pembentukan logam sesuai informasi dengan benar
3.7.2 Mendiskusikan proses dasar pembentukan logam sesuai informasi dengan benarPencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.7.1 Melakukan pencampuran logam sesuai jobsheet dengan tepat
4.2.2 Mengontrol  hasil pembentukan logam sesuai perintah dengan cermat

E.     MateriPembelajaran
1.    Jenis jenis logam dasar
2.    Prosedur dan teknik pencampuran logam
3.    Prosedur pengecekan hasil proses dasar pembentukan logam

F.   Pendekatan, Model danMetode
1.    Pendekatan pembelajaran          : Scientific Learning
2.    Model pembelajaran                  : Discovery Based Learning
3.    Metode Pembelajaran                : tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.
G. KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Guru
Deskripsi KegiatanSiswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru memberikan apersepsi dan motivasi
4. Guru menyampaikan KD , tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan
5. Guru menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
1.     Siswa menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.     Siswa mengacungkan tangan ketika dilakukan presensi
3.     Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.     Siswa mendengarkan penjelasan guru
5.     Siswa memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
2 x 15 menit
Inti
Pemberian stimulus
· Guru menyajikan materi tentang Proses Dasar Pembentukan logam melalui tayangan slide powerpoint, siswa diminta mengamati dan mencermati paparan powerpoint.

Identifikasi Masalah
Guru mengkondisikan situasi belajar untuk mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang Proses Dasar Pembentukan logam yang sudah dijelaskan






















Pengumpulan data
Guru memberi kesempatan kepada Siswa untuk menggali informasi













Pembuktian
Guru memberikan tugas untukmendemonstrasikan tentang pencampuran logam dan mengontrol  hasil pembentukan logam









Menarik kesimpulan
§  Guru meminta Siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
§  Guru memberikan kesempatan Siswa lain untuk saling menanggapi hasil presentasi
§  Guru memfasilitasi Siswa untuk berdiskusi menyimpulkan hasil  diskusi pencampuran logam dan mengontrol  hasil pembentukan logam

Pemberian stimulus
· Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
Siswa membaca buku berkaitan dengan Proses Dasar Pembentukan logam(mengamati)

Identifikasi Masalah
·         Siswa lain diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan menjawab pertanyaan atau memberikan  tanggapan (menanya)
·      Siswa berdiskus i tentang permasalahan yang meliputi materi :
a.    Material teknik dan kemampuan proses
b.    Proses pengerjaan panas
c.    Pembentukan manual logam
d.   Pembentukan benda kerja dengan mesin perkakas
·    Siswamengidentifikasipermasalahan darimateri tentang :
a.    Material dan kemampuan proses
b.    Proses pengerjaan panas
c.    Pembentukan manual logam
·    Pembentukan benda kerja dengan mesin perkakas(mengumpulkan data)

Pengumpulan data
Siswa menggali informasi dari buku, internet atau mengamati slide tentang Proses Dasar Pembentukan Logam, siswa diminta untuk mengumpulkan data (yang dipertanyakan) untuk menjawab pertanyaan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang pencampuran logam dan mengontrol  hasil pembentukan logam(mengumpulkan informasi)

Pembuktian
·   Siswa diberi permasalahan yang berkaitan dengan materi, untuk didiskusikan bersama kelompoknya
·   Siswa dalam bimbingan guru melalui diskusi, berbagi dan saling bertukar pendapat 
·   Siswa diberi tugas untuk menilai hasil demonstrasi dari pencampuran logam dan mengontrol  hasil pembentukan logam
(menalar)
Menarik kesimpulan
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang pencampuran logam dan mengontrol  hasil pembentukan logam
Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang langkah-langkah Pembentukan Logam, meliputi pencampuran logam dan mengontrol  hasil pembentukan logam(mengkomunikasikan)
2 x 175 menit
Penutup
1. Guru membimbing Siswa untuk membuat kesimpulan menyimpulkan  materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2. Guru memberikan kuis lisan kepada Siswa tentang materi pencampuran logam dan mengontrol  hasil pembentukan logam
3. Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan pencampuran logam dan mengontrol  hasil pembentukan logam
4. Guru meminta Siswa melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6. Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama
1.     Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang materi pembelajaran tentang proses kerja mesin konversi energi
2.     Siswa berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3.     Siswa menyimak tugas dari guru
4.     Siswa memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada Siswa.
5.     Siswa menyimak penyampaian guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari dari rumah.
6.     Siswa berdoa bersama.

2 x 15 menit


H.  PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1.    InstrumendanTeknikPenilaian
a.     TeknikPenilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Ketrampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.

Sikap
Penilaian diri/ Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.    InstrumenPenilaian
1)        Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
1.Jelaskan sifat-sifat dari logam!
2.Jelaskan tujuan dari proses pembentukan logam !
3.Jelaskan proses pembentukan logam dengan pengerjaan panas (hot working processes) !
4.Jelaskan proses pembentukan logam dengan pengerjaan dingin (cold working processes) !
5.Bagaimanakah cara pembentukan pelat secara manual?
6.Proses pembentukan benda kerja  dapat dilakukan dengan berbagai mesin perkakas. Jelaskan !

1.      Sifat Logam : Menjelaskan teknik dasar pembentukan logam dengan proses pengecoran (casting)
a.         Dapat ditempa atau diubah bentuk
b.         Penghantar panas dan listrik
c.         Keras, kenyal,kuat
d.        Titik cai tinggi
Kriteria Penilaian
Kriteria
Skor
Siswa menjawab 4 benar dan tepat
10
Siswa menjawab 3 benar dan tepat
7,5
Siswa menjawab 2 benar dan tepat
5
Siswa menjawab 1 benar dan tepat
2,5
Siswa menjawab salah dan tidak menjawab
0

2.      Proses pembentukan baja bertujuan untuk :
a.       Mengubah bentuk benda kerja sesuai yang diinginkan
b.      Memperbaiki sifat logam dengan memperbaiki struktur mikronya

Kriteria Penilaian
Kriteria
Skor
Siswa menjelaskan tujuan dengan benar dan tepat
20
Siswa  menjelaskan tujuan dengan kurang tepat
10
Siswa menjawab salah dan tidak menjawab
0

3.      Proses pembentukan logam dengan pengerjaan panas (hot working processes) adalah proses pengerjaan logam dimana :
1)        pengerjaan di atas suhu rekristalisasi
2)        deformasi yang diperlukan rendah, perubahan sifat mekanik sedikit
Kriteria Penilaian
Kriteria
Skor
Siswa menjelaskan dengan benar dan tepat
20
Siswa  menjelaskan kurang tepat
10
Siswa menjawab salah dan tidak menjawab
0

4.      Proses pembentukan logam pengerjaan dingin (cold working processes) adalah proses pengerjaan logam dimana :
1)        pengerjaan di bawah suhu rekristalisasi
2)        gaya deformasi yang diperlukan besar, terjadi peningkatan kekuatan logam
Kriteria Penilaian
Kriteria
Skor
Siswa menjelaskan dengan benar dan tepat
20
Siswa  menjelaskan kurang tepat
10
Siswa menjawab salah dan tidak menjawab
0

5.      Pembentukan pelat secara manual dilakukan dengan cara menggunakan landasan-landasan pembentuk dengan menggunakan berbagai macam palu.
Kriteria Penilaian
Kriteria
Skor
Siswa menjelaskan dengan benar dan tepat
10
Siswa  menjelaskan kurang tepat
5
Siswa menjawab salah dan tidak menjawab
0

6.      Proses pembentukan benda kerja  dapat dilakukan dengan berbagai mesin perkakas yaitu:
a.       Pembentukan benda kerja dengan mesin bubut
b.      Pembentukan benda kerja dengan mesin frais
c.       Pembentukan benda kerja dengan mesin sekrap

Kriteria Penilaian
Kriteria
Skor
Siswa menjawab 3 benar dan tepat
20
Siswa menjawab 2 benar dan tepat
10
Siswa menjawab 1 benar dan tepat
5
Siswa menjawab salah dan tidak menjawab
0

Pengolahan Nilai
No Soal
IPK
Skor Minimal
Skor Maksimal
Nilai
1.

1

0
10
Nilai perolehan KD 3.2 = Jumlah skor maksimal yang diperoleh

Nilai maksimal = 100
Nilai minimal = 0
2.
1
0
20
3.
2
0
20
4.
2
0
20
5.
2
0
20
6.
3
0
10
Jumlah
0
100


Instrumen Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi Dasar Otomotif
KD 4.7            Melaksanakan proses dasar pembentukan logam

IPK
Kategori
1
2
3
4
4.7.1        Melakukan pencampuran logam
Tidak dapat melakukan pencampuran logam sesuai demonstrasi guru
Terdapat kesalahan >1 melakukan pencampuran logam sesuai demonstrasi guru
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan pencampuran logam sesuai demonstrasi guru
Tepat dalam melakukan pencampuran logam sesuai demonstrasi guru
4.7.2  Mengontrol  hasil pembentukan logam


Tidak dapat melakukan peengontrolan  hasil pembentukan logamsesuai dengan tugas
Terdapat kesalahan >1 dalam melakukan peengontrolan  hasil pembentukan logamsesuai dengan tugas
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan peengontrolan  hasil pembentukan logamsesuai dengan tugas
Tepat dalam dalam melakukan peengontrolan  hasil pembentukan logamsesuai dengan tugas







2.    AnalisisHasilPenilaian
§  Analisishasilpenilaiandiadakansetelahdiadakantesformatif
§  Hasilanalisispenilaianmenentukanperlutidaknyadiadakan remedial ataupengayaan

3.    Pembelajaran Remedial danPengayaan
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§  Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.

I.     Media, Alat, Bahan, danSumberBelajar
1.      Media                  :    Slide power point, gambar, video,mesin perkakas
2.      Alat                     :    LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3.      Bahan                  :    Logam
4.      Sumber Belajar    :   
Anni Faridah dkk. 2008.  Teknik Pembentukan Pelat.  Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK
Ambiyar. 2008. Teknik Pembentukan Pelat (Jilid 3).  Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Hadi sujana. 2008. Teknik Pengecoran jilid 2.  Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.
Ahmad, dkk. 2015. Teknologi Dasar Otomotif. Malang: PT Latif Kitto Mahesa


                                                                                             Balingasal, 18 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala  Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran


 ..................................                                                            ................................................



No comments:

Post a Comment

PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan

Back To Top