Contact Us

Name

Email *

Message *

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 11-12

RPP Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Lengkap Pertemuan 11-12


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                               Sekolah                            : SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara
                               Program Keahlian            : Teknik Kendaraan Ringan
                               Mata Pelajaran                 : TeknologiDasar Otomotif
                               Kelas/Semester                : X/ I
                               Pertemuan Ke-                 : 11 - 12                                  
       AlokasiWaktu                   : 2Pertemuan (2 x(6x@ 45 menit))

A.  KompetensiInti
     KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

B.  KompetensiDasar
KD pada KI pengetahuan
3.6  Memahami cara kerja  engine 2 dan 4 langkah
KD pada KI keterampilan
4.6 Menjelaskan cara kerja engine 2 dan 4 langkah
C.  IndikatorPencapaianKompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan
3.6.1 Menjelaskan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah
3.6.2 Mengidentifikasi engine 2 dan 4 langkah
Indikator KD pada KI keterampilan
4.6.1        Memeragakan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah
4.6.2        Menggolongkan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah
D.    TujuanPembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.6.1 Menjelaskan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah sesuai informasi dengan jelas dan tepat
3.6.2 Mengidentifikasi engine 2 dan 4 langkah sesuai kriterianya dengan tepat
PencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.6.1 Memeragakan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah sesuai informasi dengan jelas
4.6.2 Menggolongkan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah berdasarkan kriterianya secara tepat

E.     MateriPembelajaran
A.       Komponen komponen cara kerja  engine 2 dan 4 langkah
B.       Prosedur dan teknik cara kerja  engine 2 dan 4 langkah

F.   Pendekatan, Model danMetode
1.    Pendekatan pembelajaran          : Scientific Learning
2.    Model pembelajaran                  : Discovery Based Learning
3.    Metode Pembelajaran                : tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.
G. KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Guru
Deskripsi KegiatanSiswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru memberikan apersepsi dan motivasi
4. Guru menyampaikan KD , tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan
5. Guru menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
1.     Siswa menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.     Siswa mengacungkan tangan ketika dilakukan presensi
3.     Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.     Siswa mendengarkan penjelasan guru
5.     Siswa memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
2 x 15 menit
Inti
Pemberian stimulus
· Guru menyajikan materi tentang cara kerja  engine 2 dan 4 langkah
Siswa melihat







Identifikasi Masalah
·      Guru mengkondisikan situasi belajar untuk mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang klasifikasi engine beserta komponennya



Pengumpulan data
Guru memberi kesempatan kepada Siswa untuk menggali informasi





Pembuktian
Guru memberikan tugas untukmemeragakan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah dan identifikasi komponen engine 2 dan 4 langkah

Menarik kesimpulan
§  Guru meminta Siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
§  Guru memberikan kesempatan Siswa lain untuk saling menanggapi hasil presentasi
§  Guru memfasilitasi Siswa untuk berdiskusi menyimpulkan hasil  klasifikasi engine

Pemberian stimulus
· Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
Siswa membaca buku berkaitan denganengine 2 dan 4 langkah(mengamati)
Siswa lain diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan menjawab pertanyaan atau memberikan  tanggapan (menanya)

Identifikasi Masalah
·    Siswa berdiskus i tentang cara kerja  engine 2 dan 4 langkah dan identifikasi komponen engine 2 dan 4 langkah(mengumpulkan data)

Pengumpulan data
Siswa diajak menggali informasi dari buku, internet atau mengamati slide tentang proses konversi energi, siswa diminta untuk mengumpulkan data (yang dipertanyakan) untuk menjawab pertanyaan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang cara kerja  engine 2 dan 4 langkah dan identifikasi komponen engine 2 dan 4 langkah
(mengumpulkan informasi)

Pembuktian
·   Siswa dalam bimbingan guru melalui diskusi, berbagi dan saling bertukar pendapat 
·      Siswa memeragakan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah dan menggolongkan engine 2 dan 4 langkah

Menarik kesimpulan
·      Siswa menyampaikan hasil konseptualisasi tentang cara kerja  engine 2 dan 4 langkah dan identifikasi komponen engine 2 dan 4 langkah
(mengkomunikasikan)
2 x 175 menit
Penutup
1. Guru membimbing Siswa untuk membuat kesimpulan menyimpulkan  materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2. Guru memberikan kuis lisan kepada Siswa tentang materi cara kerja  engine 2 dan 4 langkah dan identifikasi komponen engine 2 dan 4 langkah
3. Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah dan identifikasi komponen engine 2 dan 4 langkah
4. Guru meminta Siswa melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6. Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama
1.     Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang materi pembelajaran tentang proses kerja mesin konversi energi
2.     Siswa berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3.     Siswa menyimak tugas dari guru
4.     Siswa memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada Siswa.
5.     Siswa menyimakpenyampaian guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari dari rumah.
6.     Siswa berdoa bersama.

2 x 15 menit


H.  PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1.    InstrumendanTeknikPenilaian
a.     TeknikPenilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Ketrampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.

Sikap
Penilaian diri/ Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.    InstrumenPenilaian
1)        Pengetahuan
1.             Bagaimana prinsip kerja motor bensin 2 langkah ?
2.             Bagaimana prinsip kerja motor bensin 4 langkah ?
3.             Sebutkan 4 langkah engine 4 tak !
4.             Tuliskan dan gambarkan langkah kerja engine 2 tak
5.             Tuliskan dan gambarkan secara rinci langkah kerja engine 4 tak

Kunci jawaban soal :
1.    Prinsip kerja motor bensin 2 langkah dimana pada setiap satu putaan poros engkol piston menghasilkan 2 langkah kerja
2.    Prinsip kerja motor bensin 4 langkah dimana pada setiap dua putaan poros engkol piston menghasilkan 4 langkah kerja
3.    Langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha, langkah buang
4.    Langkah kerja engine 2 tak
Langkah ke 1
Piston bergerak dari TMA ke TMB.
· Saat bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada di bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB akan semakin meningkat pula tekanan di ruang bilas.
· Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
· Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
· Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar, sekaligus mendorong keluar gas yang ada di dalam ruang bakar menuju lubang pembuangan.
· Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas menuju ke dalam ruang bakar.
Langkah ke 2
Piston bergerak dari TMB ke TMA.
·         Saat bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi.
·         Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak di dalam ruang bakar.
·         Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
·         Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi akan menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi tidak terjadi saat piston sampai ke TMA, melainkan terjadi sebelumnya. Ini dimaksudkan agar puncak tekanan akibat pembakaran dalam ruang bakar bisa terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB, karena proses pembakaran membutuhkan waktu untuk bisa membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala api busi.
5. Langkah kerja engine 4 tak
1. Langkah Hisap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ7QfDy19bJx2b7-DRSq5iIZcxuxyTwXJeg5TdaWuTNr40PULFWzVloWGagfsdbR1hyXEvGZepAsyQagITp5OTgk_g658aY-af3LArDRvrCeUCX2u0A9FoCp1U_uD4UH12d1reJ3k270GL/s200/langkah+isap.jpg
Bertujuan untuk memasukkan kabut udara – bahan bakar ke dalam silinder.  Sebagaimana tenaga mesin diproduksi tergantung dari jumlah bahan-bakar yang terbakar selama proses pembakaran.


Prosesnya adalah ;
1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB).
2. Klep inlet terbuka, bahan bakar masuk ke silinder.
3. Kruk As berputar 180 derajat.
4. Noken As berputar 90 derajat.
5. Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk ke silinder.
 
2. Langkah Kompresi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMep6uVKRoUjrzclghkmDd2iRtH_SDZFqUhWVE5fnh_sNVeRwK3dMlreX6RjkrAvtWSfyUwfXBO_vg9_uJawGcHMPXc-yKqgTPELcZwonSjYLcs0FWXxSFTwxXPvOQ-Z6dH_w3pWmX0N43/s200/langkah+kompresi.jpg
Dimulai saat klep inlet menutup dan piston terdorong ke arah ruang bakar akibat momentum dari kruk as dan flywheel.

Tujuan dari langkah kompresi adalah untuk meningkatkan temperatur sehingga campuran udara-bahan bakar dapat bersenyawa. Rasio kompresi ini juga nantinya berhubungan erat dengan produksi tenaga.

Prosesnya sebagai berikut :

1. Piston bergerak kembali dari TMB ke TMA.
2. Klep In menutup, Klep Ex tetap tertutup.
3. Bahan Bakar termampatkan ke dalam kubah pembakaran (combustion chamber).
4. Sekitar 15 derajat sebelum TMA , busi mulai menyalakan bunga api dan memulai proses pembakaran.
5. Kruk as mencapai satu rotasi penuh (360 derajat).
6. Noken as mencapai 180 derajat.
3. Langkah Tenaga
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaUgnPHtxdYZJDSZhUryKnUu-CDD0d1JbbeOvL9lv8EJoLaqhsjoT9B0eHojGEHQiTpmPQ-u9MFrfmSGvPG0eXJAeStE99CrlLqnjBh6zur_PY_NF74yyBLG9axeQKt6h1n7ka_FnZv6hj/s200/langkah+pengapian.jpg
Dimulai ketika campuran udara/bahan-bakar dinyalakan oleh busi. Dengan cepat campuran yang terbakar ini merambat dan terjadilah ledakan yang tertahan oleh dinding kepala silinder sehingga menimbulkan tendangan balik bertekanan tinggi yang mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan linier dari piston ini dirubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as. Enersi rotasi diteruskan sebagai momentum menuju flywheel yang bukan hanya menghasilkan tenaga, counter balance weight pada kruk as membantu piston melakukan siklus berikutnya.

Prosesnya sebagai berikut :
1. Ledakan tercipta secara sempurna di ruang bakar
2. Piston terlempar dari TMA menuju TMB
3. Klep inlet menutup penuh, sedangkan menjelang akhir langkah usaha klep buang mulai sedikit terbuka.
4. Terjadi transformasi energi gerak bolak-balik piston menjadi energi rotasi kruk as
5. Putaran Kruk As mencapai 540 derajat
6. Putaran Noken As 270 derajat
4. Langkah Buang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmzqTHb3xn6ipyzcqiRGfQsCxe6cSq_2l7i3hghUe8icSof7bZjlScvxSpwIBP-MHAiTtM4zs1-fHJkxzYcfmgSmN0q7foAstaFNvcDxiEtSGi261zMA96rt78Q5wIWdjrzedqmrpGF-0k/s200/langkah+buang.jpg
Langkah buang menjadi sangat penting untuk menghasilkan operasi kinerja mesin yang lembut dan efisien. Piston bergerak mendorong gas sisa pembakaran keluar dari silinder menuju pipa knalpot. Proses ini harus dilakukan dengan total, dikarenakan sedikit saja terdapat gas sisa pembakaran yang tercampur bersama pemasukkan gas baru akan mereduksi potensial tenaga yang dihasilkan.


 Pengolahan Nilai
No Soal
IPK
Skor Penilaian 1
Nilai
1.

1

20
Nilai perolehan KD pegetahuan =Jumlah nilai
2.
1
20
3.
1
10
4.
1
20
5.
1
30
Jumlah
100


Instrumen Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi Dasar Otomotif

KD 4.6 Menjelaskan cara kerja engine 2 dan 4 langkah

IPK
Kategori
1
2
3
4
4.6.1 Memeragakan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah

Tidak dapat memeragakan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah di depan kelas

Terdapat kesalahan >1 memeragakan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah di depan kelas

Terdapat 1 kesalahan dalam memeragakan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah di depan kelas

Tepat dalam memeragakan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah di depan kelas
4.6.2 Menggolongkan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah
Tidak dapat menggolongkan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah di depan kelas
Terdapat kesalahan >1 dalam menggolongkan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah di depan kelas
Terdapat 1 kesalahan dalam menggolongkan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah di depan kelas
Tepat dalam dalam menggolongkan cara kerja  engine 2 dan 4 langkah di depan kelas



2.    AnalisisHasilPenilaian
§  Analisishasilpenilaiandiadakansetelahdiadakantesformatif
§  Hasilanalisispenilaianmenentukanperlutidaknyadiadakan remedial ataupengayaan

3.    Pembelajaran Remedial danPengayaan
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§  Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§  Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.

I.     Media, Alat, Bahan, danSumberBelajar
1.      Media                  :    Stan Engine
2.      Alat                     :    LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3.      Bahan                  :    Alat Peraga
4.      Sumber Belajar    :   
New Step 1
Ahmad, dkk. 2015. Teknologi Dasar Otomotif. Malang: PT Latif Kitto Mahesa
https://66tech.wordpress.com/2011/04/21/pemeliharaanservis-engine-dan-komponen-komponennya-2/
                                                                                              Balingasal, 18 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala  Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran



 ....................................                                                      ..............................................


No comments:

Post a Comment

PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan

Back To Top