Contact Us

Name

Email *

Message *

Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar (MIO,VARIO DLL)

Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar (MIO,VARIO DLL)

Selamat datang bro di blog sedrhana ini.. mumpung lagi hujan tiba-tiba inget pada blog saya yang hampir 2 tahun tidak keurus, dan akhirnya saya kembali membuka ini blog sebagai teman dikala kesunyianku, hehehe

Motor matic adalah jenis motor yang sangat digemari saat ini di indonesia, angka penjualan yang fantastis membuat motor ini menjadi urutan motor pertama yang paling laris terjual, Apabila jika dibanding dengan motor jenis lainnya hal ini karena untuk harga yang memang relatif murah dan terjangkau terlebih adanya fasilitas kredit dengan DP Murah menjadikan minat masyarakat lebih banyak dan mudah untuk mendapatkan motor jenis matic ini.
Akan tetapi meskipun laris dan digemari bukan berarti sepeda motor ini aman-aman saja, tetap butuh perawatan yang berkala minimal untuk menjaga ketahanan dari setiap perangkat mesin yang utama. bila para pengguna tidak suka merawatnya, motor matic ini lebih rentan untuk kerusakan terutama bagian mesinnya.

pada postingan kali ini saya akan menulis tentang Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar, kenapa saya kepikiran untuk membuat artikel seperti itu? karena motor saya sekarang rasanya kasar banget dan di pakai serasa menyiksa perasaan. kemarin waktu saya bawa ke bengkel resmi ada beberapa masalah nih bro, antara lain :
  • Vanbelt nya udah perlu di ganti bro, udah retak-retak
  • Kampas Ganda rusak
  • roller rusak
  • mangkok roller rusak
  • seal yang ada dalam cvt bocor, sehingga olinya masuk mengenai Van belt , yang mengakibatkan selip ketika di gas
  • Kehabisan oli, nah ini yang saya alami.. biasanya pakai motor Vega R dulu gk pernah oli abis walaupun gk di ganti berbulan-bulan, ini matic sampai tinggal beberapa tetes
dan pada akhirnya saya harus mengeluarkan uang yang lumayan, tapi tidak apa-apa jadikan ini sebagai pengalaman untuk merawat barang yang kita punya, lebih baik mencegah daripada mengganti yabg bikin kantong kering.
Nah untuk itu jadi semestinya kita harus rajin dalam merawat motor matic ini berdasarkan pengalaman saya langsung dari pengalaman saya diatas berikut mungkin tips solusinya :
Ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan terutama dari mana suara kasar itu berasal ? dari penjelasan mekanik bengkel tersebut, suara kasar berasal dari komponen CVT serta mesin. Dan hal demikian ini tentu harus kiat mengecek langsung ke komponen CVT dan bagian mesin tersebut.

Mekanik tersebut menjelaskan mengenai kenapa permasalahan tersebut terjadi yaitu karena kurangnya perawatan beberapa komponen CVT serta rollernya rusak dan mesin pada bagian seher.
Dalam hal ini untuk mengatasi suara motor matic yang kasar yang pertama ialah bila sudah terlanjur berbunyi kasar berarti memang harus segera mengganti komponen tersebut agar mesin motor matic dapat kembali menjadi normal.

Dan sedang untuk mengatasi mesin suara matic yang kasar haruslah dengan rajin -rajin merawat dengan cara servis rutin matic anda, minimal secara reguler dengan pergantian pada oli.
Penggantian Oli gardan biasanya dilakukan pada tiap jarak 8 ribu km sementara servis pada CVT tiap dua atau tiga bulan sekali. CVT harus dibersihkan dan kalau ada yang rusak seperti yang saya sebutkan di atas maka hal tersebut tentu harus segera menggantinya dengan komponen yang baru dan orisinil agar kinerja motor matic bekerja dengan maksimal.

itu tadi sedikit curhatan yang mungkin bisa bermanfaat dan juga mungikn tidak ada manfaatnya.. hehehehe



No comments:

Post a Comment

PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan

Back To Top