Contact Us

Name

Email *

Message *

Tips Membeli Audio untuk Mobil

Tips Membeli Audio untuk Mobil

Tips Membeli Audio atau Speaker untuk Mobil

Saat ini tersedia berbagai spaeker mobil dari berbagai tipe dan merk, agak sulit memang untuk menentukan speaker jenis apa yang sesuai dengan instalasi audio mobil anda. Ada beberapa point utama yang harus diperhatikan dalam memilih speaker untuk sistem audio didalam mobil. Beberapa diantaranya akan dibahasa dalam tulisan ini.

Spesifikasi speaker yang sesuai dengan sistem audio di dalam mobil

Ada dua spesifikasi penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih speaker audio mobil anda yaitu Power Handling & Sensitivity

Sensitivity
Spesifikasi ini memberikan gambaran seberapa besar suara yang akan dihasilkan speaker dari sumber power amplifier yang terhubung dengan speaker. Jika dalam sistem audio mobil sudah terpasang head unit standar, atau power amplifier oem mobil maka pilihlah speaker dengan nilai sensitivity yang tinggi akan sesuai dengan sistem audio anda. Tetapi jika sudah menggunakan power amplifier aftermarket / branded maka cari speaker yang memiliki nilai sensitivity rendah dan jika disupply dengan power yang memadai maka speaker akan menghasilkan suara yang baik.



Power Handling
Spesifikasi ini akan memberikan gambaran seberapa besar daya ( dalam satuan watt) yang dapat diterima speaker. Jika dalam sistem audio mobil tidak menggunakan sumber power tidak besar, maka tidak perlu untuk memilih speaker yang berdaya besar. Sebaliknya jika sudah memiliki power amplifier yang bertenaga besar maka dibutuhkan speaker yang memiliki power handling yang mendekati daya output dari power amplifier.

Jenis Speaker dalam instalasi audio mobil anda.

Speaker bisa dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sepaker full-range dan componet speaker.

Speaker Full-range
Speaker fullrange memiliki semua elemen dari speaker dalam satu wadah, speaker jenis ini akan mereproduksi audio yang dihasilkan speaker midbass, tweeter, dan woofer. Jika ingin mengganti speaker oem didalam mobil tanpa direpotkan dengan instalasi yang rumit maka spaker jenis ini merupakan pilihan yang tepat.

Component speaker
Component speaker merupakan speaker dengan design yang lebih baik untuk menghasilkan kualitas audio yang baik. Component speaker biasanya terdiri dari midbass, tweter dan crossover yang terpisah, dan di design supaya bisa menghasilkan suara yang selaras.

Tweeter dalam component speaker terpisah dengan woofer, dan dapat ditempatkan pada posisi yang sekiranya tepat untuk bisa menghasilkan imaging yang baik dalam audio mobil. Penempatan yang tepat akan menghasilkan suara yang lebih realistis, lebih hidup, dan memiliki kedalaman suara yang lebih baik dibandingkan speaker full range. Crossover pada sistem component speaker dibuat terpisah masing-masing untuk tweeter dan woofer. Component speaker biasanya terbuat dari bahan yang lebih baik dibandingkan speaker full range sehingga mampu untuk memberikan suara yang lebih dinamis dan detail.

Bahan Pembuat SpeakeSpeaker Component



Bahan pembuat speaker tentunya akan menentukan ketahana dan kualitas suara dari speaker. setiap jenis speaker memiliki bahan yang berbeda beberapa diantaranya adalah :

Bahan pembuat speaker woofer / midbass
Agar dapat menghasilkan nada suara rendah bahan speaker woofer / midbass dari speaker full range atau speaker komponen harus terbuat dari bahan yang kaku dan ringan. Biasanya Pabrik speaker membuat cone woofer dari bahan sintetis seperti polypropylene. Polypropylene dicampur dengan material lain seperti mika akan membuat woofer menjadi lebih kaku sehingga akan menghasilkan bass dengan response yang akurat. Bahan kain atau lapisan sintetis yang dilapisi dengan almunium atau titanium juga akan membuat woofer ringan, kuat dan akan menghasilkan response bas yang sangat baik. Semua jenis bahan ini tahan terhadap panas, dingin dan lembabnya udara yang ada didalam mobil.

Bahan pembuat Tweeter
Bahan pembuat tweeter sangat mempengaruhi jenis suara yang dihasilkan tweeter. Biasanya tweeter dibuat dari bahan yang lembut, seperti poly, campuran kain, atau sutra yang akan memberikan karakter suara yang lebih baik dan agak mellow. Jika tweeter dibuat dengan menggunakan bahan yang keras seperti metal, keramik atau graphit maka akan menghasilkan nada suara tinggi yang bright dan gesit.

Bahan Pembuat Lingkaran (surround) Speaker
Lingkaran speaker (surround) pada woofer memiliki peran yang sangat penting merupakan bagian speaker yang akan membuat woofer bergerak bebas dan menghasilkan suara bass yang lebih tegas. Bahan pembuatnya harus tahan terhadap berbagai suhu dan kelembaban yang ekstrim. lingkaran speaker yang terbuat dari karet akan memberikan performa dan daya tahan yang baik sedangkan bahan busa dan kain memang lebih murah harganya tapi tetap akan menghasilkan performa yang baik pula.

Jangan lupa untuk memperhatikan passive crossover yang disertakan dalam speaker komponen ini merupakan salah satu bagian penting dalam speaker komponen, dimana fungsi dari passive crossover ini untuk memisahkan frekwensi dari tweeter dan woofer/midbass, sehingga midbass maupun tweeter tidak perlu bekerja terlalu berat untuk bisa menghasilkan suara yang sesuai dengan fungsinya. Dengan passive crossover yang baik maka akan dihasilkan suara yang lebih jernih dan lebih efisient.

Inilah beberapa poin yang dapat anda perhatikan saat memilih speaker untuk audio di dalam mobil. Jangan segan untuk menanyakan keaslian serta jaminan instalasi yang baik dari toko audio mobil yang menjual speaker serta jangan ragu untuk menanyakan setiap spesifikasi dari speaker yang akan dibeli, karena ini akan sangat berpengaruh pada hasil akhir instalasi audio mobil anda.

Selamat Berburu Speaker

Sumber : thread Modifikasi.com


Back To Top