Cara Kerja Motor 2 Tak dan 4 Tak
Sepeda Motor 4 Tak
Langkah Kerja Motor 4 Tak yaitu:
- Langkah Isap: Piston bergerak dari Titik Mati Atas(TMA) menuju Ke Titik Mati Bawah(TMB) dengan katup In membuka, Campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar.
- Langkah Kompresi : Piston bergerak dari TMB menuju TMA dengan kedua katup menutup. Udara ditekan sehingga kompresi menjadi tinggi, kemudian busi memercikkan bunga api.
- Langkah Usaha : Piston bergerak dari TMA menuju Ke TMB karena dorongan daya ledakan dari percikan bunga api busi.
- Langkah Buang : piston bergerak dari TMB menuju Ke TMA dengan Katup Ex membuka, gas sisa pembakaran didorong keluar ke saluran pembuangan.
Sepeda Motor 2 Tak
Langkah kerja Motor 2 Tak Yaitu :
- Pison bergerak dati TMB menuju Ke TMA : di bawah torak terjadi langkah Isap( pemasukan bahan bakar dari karburator ke ruang poros engkol). Sedangkan diatas torak terjadi langkah kompresi dan langkah pembakaran
- Piston Bergerak dari TMA menuju Ke TMB : diatas torak terjadi langkah buang dan usaha, Sedangkan dibawah torak terjadi langkah pembilasan( pemasukan bahan bakar baru yang ditampung dari ruang poros engkol menuju ke ruang bakar melalui saluran bilas)
Sepeda Motor 2 Tak
Sepeda motor 2 tak adalah sepeda motor yang bermesin 2 langkah,
artinya dalam satu siklus kerja dibutuhkan dua langkah, yaitu langkah
isap dan langkah buang. Dengan kata lain, mesin 2 tak merupakan mesin
yang memiliki siklus kerja dua gerakan piston dalam satu kali putaran
poros engkol. Titik tertinggi yang di capai piston disebut titik mati
atas (TMA).Dan titik terendah yang dicapai piston disebut titik mati
bawah (TMB). Gerakan seher dari TMB ke TMA disebut satu langkah piston
(stroke) atau sama dengan setengah putaran poros engkol.
- Langkah Isap (Up Ward Stroke)
Pada langkah isap piston bergerak naik dari TMB menuju TMA.Pada
saat piston di posisi TMB, bahan baker yang berada dibawah piston
didorong dan keluar dari saluran pembilasan. Proses selanjutnya, bahan
baker yang keluar dari saluran pembilasan didorong piston sampai
mencapai posisi TMA. Pada saat hamper mencapai TMA, piston menutup
saluran pembuangan dan saluran pembilasan. Akibatnya, saluran pemasukan
bahan baker terbuka yang menyebabkan bahan baker secara otomatis masuk
melalui saluran pemasukan di bawah piston.Bahan
baker yang telah ada disilinder di tekan naik oleh piston sampai
mencapai posisi TMA. Tekanan di silinder meningkat, kemudian bunga api
dari busi membakare bahan baker dan udara menjadi letusan.
- Langkah Buang (Down Ward Stroke)
Letusan tersebut menghasilkan tenaga yang digunakan untuk mendorong
piston bergerak turun dari TMA menuju TMB. Piston bergerak turun akan
mendorong bahan baker yang telah berada di bawah piston menuju saluran
pembilasan. Saat piston bergerak turun saluran buang dan saluran
pembilasan dalam keadaan terbuka. Gas sisa pembakaran akan terdorong
keluar melalui saluran pembuangan menuju knalpot akibat desakan bahan
baker dan udara yang masuk dalam silinder melalui saluran pembilasan.
Dengan terbuangnya gas sisa hasil pembakaran, kerja mesin 2 tak selesai
untuk satu proses kerja (siklus). Proses up ward stroke dan down ward strokeakan terus bekerja silih berganti.
Sepeda Motor 4 Tak
Sepeda motor 4-tak adalah sepeda motor yang bermesin empat langkah.
Disebut empat langkah karena satu siklus kerjanya dilakukan dalam empat
langkah, yaitu langkah isap, langkah kompresi, langkah kerja, dan
langkah buang. Jadi, dalam satu kali proses kerja terjadi empat langkah
gerakan piston dalam dua kali putaran poros engkol.
Langkah Kompresi I
Pada kompresi I, piston bergerak dari TMA ke TMB.Saat
piston bergerak turun, katup masuk dalam keadaan terbuka, sehingga
campuran bahan baker dan udara terisap masuk kedalam silinder.Ketika
piston mencapai TMB, katup masuk dalam keadaan tertutup.Dapat dikatakan bahwa langkah kompresi I selesai.
- Langkah Kompresi II
Pada langkah kompresi II, kedua katup (katup masuk dan katup buang)
dalam keadaan tertutup.Piston bergerak naik dari TMB menuju TMA
mendorong campuran bahan baker dan udara dalam silinder, sehingga
menyebabkan tekanan udara dalam silinder meningkat. Sebelum piston
mencapai TMA campuran bahan baker dan udara yang bertekanan tinggi
dibakar oleh percikan api busi.
- Langkah Isap
Pada langkah isap, percikan api busi yang bereaksi dengan campuran
bahan baker dan uadara bertekanan tinggi akan menimbulkan letusan.
Letusan ini akan menghasilkan tenaga yang mendorong piston bergerak
turun menuju TMB. Tenaga yang dihasilkan oleh langkah kerja di teruskan
poros engkol untuk menggerakkan gigi transmisi yang menggerakkan gir
depan.
- Langkah Buang
Pada langkah buang, piston bergerak naik dari TMB menuju TMA.Katup masuk dalam keadaan tertutup dan katup buang dalam keadaan terbuka.Gas
sisa hasil pembakaran terdorong keluar menuju saluran pembuangan.
Dengan terbuangnya gas sisa pembakaran, berarti kerja keempat langkah
mesin untuk satu kali proses kerja (siklus) telah selesai.
KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN MOTOR 2 TAK DIBANDING MOTOR 4 TAK
KEUNGGULAN MOTOR 2 TAK DIBANDING 4 TAK
1. Untuk ukuran dan putaran yang sama daya yang dihasilkan lebih besar
- Secara teoritis daya motor 2 tak dua kali lebih besar dibanding motor 4 tak
- Kenyatannya tidak demikian, sebab: setiap kali akhir langkah usaha lubang buang sudah terbuka, Proses pembilasan sangat singkat sehingga masih ada sisa gas buang.
(Akhir Langkah Usaha Port Buang Sudah Terbuka) (Proses pembilasan sangat singkat)
2. Konstruksinya lebih sederhana
3. Getarannya lebih kecil
4. Bobot mesin untuk setiap satuan daya lebih kecil
5. Knalpot lebih awet
6. Perawatan lebih mudah
3. Getarannya lebih kecil
4. Bobot mesin untuk setiap satuan daya lebih kecil
5. Knalpot lebih awet
6. Perawatan lebih mudah
KELEMAHAN MOTOR 2 TAK DIBANDING 4 TAK
1. Pemakaian bahan bakar lebih boros
2. Knalpot/port mudah buntu
3. Pelumasan pada dinding silinder kurang sempurna (exhaust port)
4. Polusi yang ditimbulkan lebih banyak (asap dan emisi)
2. Knalpot/port mudah buntu
3. Pelumasan pada dinding silinder kurang sempurna (exhaust port)
4. Polusi yang ditimbulkan lebih banyak (asap dan emisi)
CARA MENGATASI KELEMAHAN MOTOR 2 TAK
Upaya yang dilakukan untuk mengurangi kelemahan motor 2 tak antara lain dengan :
- KIS (kawasaki integrated system)
- RIS (resonator intake system)
- KIPS (kawasaki integrated power valve system)
- RC VALVE (revolutinary controled exhaust system)
- YPVS (yamaha power valve system)
- YEIS (yamaha energy induction system)
KIS
Penambahan suatu ruangan yang pintu masuknya berdekatan dengan lubang pembuangan. KIS diterapkan pada kawasaki ninja RR
Fungsi: memblokir campuran udara dan bahan bakar segar agar tidak keluar ke saluran pembuangan pada saat langkah isap.
Fungsi: memblokir campuran udara dan bahan bakar segar agar tidak keluar ke saluran pembuangan pada saat langkah isap.
KIPS
Merupakan pengembangan dari KIS. Berfungsi mengatur lubang pembuangan sesuai dengan putaran mesin.
Pada RPM tinggi: Katup membuka sehingga pengeluaran gas buang lebih sempurna.
Pada RPM rendah: Katup menutup untuk mencegah keluarnya campuran udara dan bahan bakar yang baru masuk ke ruang bakar.
Pada RPM tinggi: Katup membuka sehingga pengeluaran gas buang lebih sempurna.
Pada RPM rendah: Katup menutup untuk mencegah keluarnya campuran udara dan bahan bakar yang baru masuk ke ruang bakar.
YPVS DAN RC VALVE
YPVS diterapkan oleh yamaha TZM
RC VALVE diterapkan pada NSR 150 R
Kelemahan menggunakan YPVS dan RC VALVE, pada saat lalu lintas padat motor cepat panas karena saluran buang tertutup.
Prinsip kerja YPVS dan RC VALVE:
RC VALVE diterapkan pada NSR 150 R
Kelemahan menggunakan YPVS dan RC VALVE, pada saat lalu lintas padat motor cepat panas karena saluran buang tertutup.
Prinsip kerja YPVS dan RC VALVE:
- Katup akan tertutup penuh pada putaran 2000-6000 rpm
- Pada putaran 6000-8500 rpm, katup mulai membuka
- Diatas putaran 8500, katup membuka penuh
RIS
Penambahan
suatu ruangan antara karburator dengan karter. Komponen yang memiliki
fungsi serupa dengan RIS pada yamaha disebut dengan YEIS.
Fungsi:
Fungsi:
- menampung udara dan bahan bakar yang belum sempat masuk keruang bakar dan tersedak keluar akibat tekanan balik.
- Menyetabilkan aliran campuran udara dan bahan bakar kedalam ruang karter.
KIS DAN RIS
Prinsip:
Berat jenis gas buang lebih berat dibanding gas baru karena telah
tercampur carbon. sehingga bahan bakar murni cendrung diatas dan masuk
ke ruang KIS.
Kelemahan: tidak dapat distel untuk berbagai putaran motor.
Kelemahan: tidak dapat distel untuk berbagai putaran motor.
KIS dan RIS
PERBANDINGAN OUT PUT DENGAN RPM