RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Ash-shiddiqiyah
Balingasal
Program
Keahlian : Teknik Kendaraan
Ringan
Mata
Pelajaran :
TeknologiDasar
Otomotif
Kelas/Semester : X/ I
Pertemuan
Ke- : 3 - 4
AlokasiWaktu : 2 Pertemuan (2 x(6x@ 45 menit))
A.
Kompetens iInti
KI-3. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan
metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik
dan Manajemen Perawatan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4. Keterampilan
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan
tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara
mandiri.
B.
Kompetensi Dasar
KD pada KI pengetahuan
3.2 Mengklasifikasi
Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
KD pada KI keterampilan
4.2 Menerapkan
penggunaan Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD pada KI
pengetahuan
3.2.1 Menjelaskan tentang Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
3.2.2
Mengklasifikasikan Alat Pemadam
Api Ringan (APAR)
Indikator
KD pada KI keterampilan
4.2.1
Menggunakan Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
4.2.2 Mengontrol hasil penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
D.
Tujuan Pembelajaran
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Pengetahuan, Siswaakandapat:
3.2.1 Menjelaskan tentang Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
sesuai informasi dengan benar
3.2.2 Mengklasifikasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sesuai
kriteria secara rinci dan tepat
Berdasarkan IndikatorPencapaianKompetensi Keterampilan, Siswadapat :
4.2.1 Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
sesuai SOP dengan benar
4.2.2
Mengontrol hasil penggunaan Alat
Pemadam Api Ringan (APAR) secara berkala sesuia
SOP
E. Materi Pembelajaran
1. Alat - Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
2. Prosedur
penggunaan Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
3. Teknik
penggantian Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
4. Prosedur
pengecekan hasil penggunaan Alat
Pemadam Api Ringan (APAR)
F.
Pendekatan, Model dan Metode
1. Pendekatan pembelajaran :
Scientific Learning
2. Model pembelajaran : Discovery Based Learning
3. Metode Pembelajaran :
tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan
pemberian tugas.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan Guru
|
Deskripsi KegiatanSiswa
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan salam dan meminta ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
2. Guru
melakukan presensi Siswa sebelum memulai pelajaran
3. Guru
memberikan apersepsi dan motivasi
4. Guru
menyampaikan KD , tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan yang akan
dilaksanakan
5. Guru
menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
|
1. Siswa
menjawab salam dan mengikuti perintah guru dengan berdoa bersama
2.
Siswa mengacungkan
tangan ketika dilakukan presensi
3.
Siswa memperhatikan dengan seksama.
4.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
5.
Siswa
memperhatikan supaya dalam pelaksanaannya berjalan lancar.
|
2 x 15
menit
|
Inti
|
Pemberian
stimulus
· Guru
menyajikan materi tentang Alat Pemadam Api Ringan (APAR) melalui tayangan
slide powerpoint, dan alat peraga.
Identifikasi Masalah
·
Guru mengkondisikan
situasi belajar untuk mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
manual dan yang sudah dijelaskan.
Pengumpulan data
Guru
memberi kesempatan kepada Siswa untuk menggali informasi
Pembuktian
Guru memberikan tugas untuk mengontrol penggunaan prinsip-prinsip Keselamatan dan
Kesehatan Kerja (K3)
Menarik
kesimpulan
§
Guru meminta Siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
§
Guru memberikan kesempatan Siswa lain untuk saling menanggapi hasil presentasi
§
Guru memfasilitasi Siswa untuk berdiskusi menyimpulkan
hasil identifikasi materi material
teknik dan kemampuan proses
|
Pemberian
stimulus
· Siswa
melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
· Siswa membaca buku berkaitan denganAlat Pemadam Api Ringan
(APAR)(mengamati)
Identifikasi Masalah
·
Siswa diberi kesempatan
untuk bertanya, menjawab pertanyaan atau memberikan tanggapan (menanya)
·
Siswa berdiskusi tentang permasalahan
yang meliputi identifikasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR)(mengumpulkan
data)
Pengumpulan data
· Siswa
diberi permasalahan yang berkaitan dengan materi, untuk didiskusikan bersama
kelompoknya
· Siswa
dalam bimbingan guru melalui diskusi, berbagi dan saling bertukar
pendapat
· Siswa
dalam bimbingan guru melalui diskusi, berbagi dan saling bertukar
pendapat
Siswa diajak menggali informasi dari
buku, internet atau mengamati slide tentang teknik penggunaan APAR, siswa
diminta untuk mengumpulkan data (yang dipertanyakan) untuk menjawab pertanyaan
dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen)
untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
sesuai SOP dengan benar. (mengumpulkan informasi)
Pembuktian
· Siswa melakukan Prosedur
K3 n penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai jenis pekerjaan
· Siswa mengontrol hasil
hasil penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
secara berkala sesuia SOP
(menalar)
Menarik
kesimpulan
Siswa
menyampaikan hasil konseptualisasi tentang Teknik menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan mengontrol hasil penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
secara berkala sesuia SOP
Siswa menyampaikan hasil
diskusi tentang langkah-langkah menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan mengontrol hasil penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
secara berkala sesuia SOP(mengkomunikasikan)
|
2 x 175
menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing Siswa
untuk membuat kesimpulan menyimpulkan
materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran
2.
Guru memberikan kuis
lisan kepada Siswa tentang langkah-langkah menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan mengontrol hasil penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
secara berkala sesuia SOP
3.
Guru memberikan tugasmembaca buku dan literatur lain yang berkaitan
dengan langkah-langkah menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan mengontrol hasil penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
secara berkala sesuia SOP
4.
Guru meminta Siswa
melakukan refleksi pembelajaran hari ini
5.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
6.
Guru menutup
pelajaran dengan berdoa bersama
|
1. Siswa
dengan dibimbing dan difasilitasi oleh pendidik membuat simpulan tentang langkah-langkah
menggunakan Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
dan mengontrol hasil penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) secara berkala
sesuia SOP
2. Siswa
berlomba menjawab kuis lisan dari guru
3. Siswa
menyimak tugas dari guru
4. Siswa
memberikan umpan balik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada Siswa.
5. Siswa
menyimak penyampaian
guru tentang rencana pembelajaran berikutnya untuk dipersiapkan dipelajari
dari rumah.
6. Siswa
berdoa bersama.
|
2 x 15
menit
|
H.
Penilaian Pembelajaran, Remedial danPengayaan
1. Instrumen
dan Teknik Penilaian
a. TeknikPenilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
Tertulis
|
Saat
pembelajaran
|
2.
|
Ketrampilan
|
Penugasan
|
Saat pembelajaran/
Setelah pembelajaran
|
3.
|
Sikap
|
Penilaian diri/
Observasi
|
Saat
pembelajaran/ Setelah pembelajaran
|
b. InstrumenPenilaian
1)
Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes
tertulis
1.
Apakah fungsi Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
2.
Sebutkan jenis media pemadam Api !
3.
Jelaskan masing-masing jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Indonesia yang mengacu pada
Pemen No. 04/Men/1980 !
4.
Jelaskan secara singkat cara
mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) jenis Air !
5.
Jelaskan secara singkat cara
mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) jenis Karbondioksida !
|
KUNCI
JAWABAN DAN RUBRIK PENILAIAN
- Alat pemadam api ringan (APAR) atau fire extinguisers
adalah alat pemadam api yang mudah dipergunakan oleh satu orang untuk
memadamkan api pada awal terjadinya kebakaran.
- Media pemadam
api yang biasa digunakan adalah (1) air, (2) busa, (3) karbon dioksida,
(4) gas halon serta pasca halon dan (5) serbuk kimia kering.
- Klasifikasi
kebakaran di Indonesia mengacu kepada Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan
Transmigrasi Permen No. 04/Men/1980 tanggal 14 April 1980 Tentang
syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).
Klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut.
(1) Klas A: Bahan bakar padat
(bukan logam)
(2) Klas B: Bahan bakar cair
atau gas yang mudah terbakar
(3) Klas C: Instalasi listrik
bertegangan
(4) Klas D: Kebakaran logam
4.
Cara pengoperasian APAR Jenis Air
Pada
jenis ini media pemadamnya berupa air yang terletak pada tabung. Dibuat dalam
dua konstruksi yaitu SPT dan GCT. Jarak jangkau pancaran sekitar 10 ft sampai
20 ft. Dan waktu pancaran sekitar satu menit untuk kapasitas 2,5 galon. Hanya
direkomendasikan untuk kebakaran jenis A, dengan luas bidang jangkauan sekitar
2500 ft persegi, jarak penempatan setiap 50 ft.
5.
Cara Pengoperasian APAR Jenis Karbon Dioksida
APAR
jenis ini memadamkan dengan cara isolasi (smothering) di mana oksigen
diupayakan terpisah dari apinya. Di samping itu CO2 juga mempunyai
peranan dalam pendinginan. Material yang diselimuti oleh CO2 akan
cenderung lebih dingin.Kesehatan dan keselamatan kerja adalah suatu upaya
perlindungan agar tenaga kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama
melakukan pekerjaan di tempat kerja.
Pengolahan
Nilai
|
|||
NO
|
IPK
|
Skor Penilaian 1
|
Nilai
|
1
|
1
|
20
|
Nilai
perolehan KD pegetahuan : 100
|
2
|
1
|
20
|
|
3
|
1
|
20
|
|
4
|
1
|
20
|
|
5
|
1
|
20
|
|
Jumlah
|
100
|
Instrumen
Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran: Teknologi
Dasar Otomotif
KD 4.2 Menerapkan
penggunaan Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
IPK
|
Kategori
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
4.2.1
Menggunakan Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
|
Tidak dapat menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
dengan peraga
|
Terdapat kesalahan >1 menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
dengan peraga
|
Terdapat 1 kesalahan dalam menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
dengan peraga
|
Tepat dalam menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
dengan peraga
|
4.2.2 Mengontrol hasil penggunaan
Alat Pemadam Api Ringan
(APAR)
|
Tidak dapat melakukan pengontrolan hasil
penggunaan Alat Pemadam Api
Ringan (APAR) sesuai SOP
|
Terdapat kesalahan >1 dalam melakukan
pengontrolan hasil penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sesuai SOP
|
Terdapat 1 kesalahan dalam melakukan pengontrolan
hasil penggunaan Alat Pemadam
Api Ringan (APAR) sesuai SOP
|
Tepat dalam dalam melakukan pengontrolan hasil
penggunaan Alat Pemadam Api
Ringan (APAR) sesuai SOP
|
2. Analisis
Hasil Penilaian
§ Analisis hasil penilaian diadakan setelah
diadakan tesformatif
§ Hasil
analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan
3. Pembelajaran
Remedial danPengayaan
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§
Apabila jumlah Siswa yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran
remedial.
§
Bagi Siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.
I.
Media,
Alat, Bahan, danSumberBelajar
1. Media
: Slide power point, gambar, video
2. Alat : LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol
3. Bahan : Fire extinguiser, Rambu-rambu K3, Sefty Alarm, Sistem Pelabelan,
Peralatan APD
4. Sumber
Belajar : UU K3 No. 1 tahun 1970
Buku paket K3 Depnakertrans, 2009
Modul K3
Balingasal,
18 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
.................................. ........................................
No comments:
Post a Comment
PERATURAN BERKOMENTAR
1.di larang spam
2.berkomentarlah sesuai dengan topik
3.terimakasih atas komentar yang telah di terbitkan