Contact Us

Name

Email *

Message *

Materi Thermodinamika Otomotif

Materi Thermodinamika Otomotif

Termodinamika berasal dari bahasa Yunani, yaitu thermos : panas dan dynamic : perubahan. Termodinamika adalah ilmu yang mempelajari tentang panas, fisika energi, kerja, entropi, dan kespontanan proses.
Termodinamika berhubungan erat dengan mekanika energi dan panas dan juga konversi dari keduanya. Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain, baik secara alami maupun hasil rekayasa teknologi. Selain itu energi di alam semesta bersifat kekal, tidak dapat dibangkitkan atau dihilangkan, yang terjadi adalah perubahan energi dari satu bentuk menjadi bentuk lain tanpa ada pengurangan atau penambahan.
pengertian..
Pada suatu sistem di mana terjadi proses perubahan wujud atau pertukaran energinya berlangsung pada kecepatan suatu proses tersebut berlangsung. Dalam hal ini termodinamika klasik tidak berhubungan dengan kinetika reaksi atau kecepatan suatu proses reaksi berlangsung. Karena alasan tersebut, penggunaan istilah termodinamika biasanya merujuk pada termodinamika setimbang. Termodinamika setimbang ini tidak berhubungan dengan konsep waktu sehingga dapat dinamakan juga termostatik. Dengan hubungan ini, konsep utama dalam termodinamika adalah proses kuastitatik, yang diidealkan sebagai proses ‘super pelan’. Proses termodinamika yang perubahan wujud atau pertukaran energinya bergantung waktu dinamakan termodinamika tak-setimbang.
*



Back To Top